Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kebiasaan Hidup untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial atau Financial freedom merupakan dambaan banyak orang. Kebebasan finansial adalah keadaan dimana kita memiliki lebih dari cukup kekayaan pribadi, sehingga tidak lagi perlu bekerja setiap hari. Keadaan ini bisa didapat jika kita memiliki asset yang memberi penghasilan yang lebih besar daripada kebutuhan harian.

Tidaklah mudah untuk mencapai kebebasan finansial, namun bukan juga mustahil. Berikut ini akan kami ulas 12 kebiasaan hidup untuk mencapai kebebasan finansial.

1. Buat Tujuan Spesifik

Dalam buku ‘Secrets of the Millionaire Mind’ T. Harv Eker menuliskan bahwa alasan utama kebanyakan orang tidak mendapatkan keinginannya adalah karena mereka tidak tau apa yang mereka inginkan. Anda perlu membuat tujuan spesifik mengenai apa yang ingin anda capai. Semakin spesifik tujuan yang anda tentukan, akan semakin tinggi peluang untuk mencapainya.

Tentukan apa yang ingin anda capai berserta jangka waktunya. Misalkan berapa besar tabungan yang ingin anda miliki saat berumur 30 tahun. Kemudian perinci kembali, berapa besar yang harus anda tabung setiap tahun. Anda akan dibawa pada pemikiran mengenai berapa penghasilan anda bulan/ tahun ini, dan berapa pengeluaran anda, bagaimana caranya untuk mencapai jumlah tabungan yang ditetapkan, dan lain sebagainya.

2. Buat Anggaran Keuangan

Cara terbaik untuk memiliki tujuan keuangan pribadi yang jelas adalah dengan membuat anggaran keuangan. Dengan membuat anggaran keuangan, anda akan dapat mengelola keuangan yang ada miliki dengan lebih baik, serta mencegah pemborosan yang tidak perlu.

Hal paling penting dalam membuat anggaran keuangan adalah, pastikan anda mematuhinya! Apapun yang terjadi, pastikan anda membayar semua tagihan yang harus dibayar dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu, sehingga anda bisa menabung. Anggaran keuangan dapat berfungsi sebagai pengontrol keuangan anda, serta membantu anda untuk berdisiplin.

3. Hindari Hutang

Seringkali hutang dikatakan sebagai hal buruk yang diperlukan. Karna berhutang memang tidak baik, namun dapat membantu anda mengatasi masalah keuangan yang buruk dan membantu anda bangkit kembali. Namun hutang tetaplah hutang, anda harus membayarnya kembali dan bisa menjadi menjadi faktor penghambat kebebasan finansial.

Untuk itu, terapkan kebiasaan untuk menggunakan sumber daya pribadi, sebisa mungkin hindari berhutang; kecuali mendesak dan tidak ada cara lain. Jika anda telah terlanjur berhutang, maka cara terbaik untuk mencapai kebebasan finansial adalah segera melunasinya. Berusahalah sekeras mungkin selama anda masih muda untuk menglunasi hutang tersebut, sebab usia muda  merupakan masa terbaik untuk menghasilkan uang.

4. Tabungan Otomatis

Anda harus memiliki kebiasaan menabung, jika anda ingin mencapai kebebasan finansial. Tetapkan dalam anggaran keuangan anda, berapa yang akan anda sisihkan dari penghasilan anda untuk menabung. Menurut beberapa pedoman mengenai menabung, sebaiknya sisihkan 20% hingga 50% dari penghasilan anda untuk menabung.

Pisahkan rekening tabungan anda dengan rekening keuangan anda yang lain. Usahakan untuk tidak menggunakannya, kecuali untuk keadaan darurat. Cara terbaik untuk tetap menabung adalah dengan membuat tabungan yang secara otomastis menarik sejumlah uang dari penghasilan anda setiap bulannya.

5. Fokus untuk menghasilkan uang

Anda tidak akan menjadi kaya jika hanya memiliki satu sumber penghasilan saja. Jadi, mulailah dari meningkatkan penghasilan yang didaparkan dari anda saat ini, kemudian mulai tambahakan aliran-aliran pengahilan lain setelahnya.

Anda bisa menambah sumber penghasilan anda dengan menambah bisnis,  berinvertasi, atau mengambil pekerjaan sampingan yang bergaji tinggi.

6. Bergaul dengan orang-orang sukses

Menurut pepatah, kita akan menjadi seperti orang-orang yang bergaul dengan kita. Jika kita bergaul dengan orang-orang sukses maka secara sadar tidak sadar kita akan tertular dengan kebiasaan hidup sukses seperti mereka.

Kita terbiasa dengan displin waktu, bekerja keras, dan sebagainya. Oleh itu bergaullah dengan orang-orang yang membawa kebiasaan baik bagi diri anda.

7. Berpikir Besar

Seorang milyuner itu pasti orang yang kreatif, seperti yang ditulis Keith Cameron Smith dalam bukunya “The Top 10 Distinctions Between Millionaires and the Middle Class”. Milyuner  menghabiskan waktunya untuk memikirkan ide-ide baru.

Dimana orang orang kebanyakan menghabiskan waktu senggangnya untuk berbicara mengenai film, mobil atau gadget terbaru, dan sebagainya.  Perlu anda pahami bahwa gagasan adalah aset paling berharga didunia.

8. Investasi

Dalam bukunya Cardone menyatakan bahwa berinvestasi adalah cara agar anda bisa menjadi sangat kaya. Alasan tepat untuk menabung adalah untuk menginvestasikannya suatu hari nanti. Sebab faktanya, berapa banyak tabungan dan investasi anda lebih penting dari pada berapa banyak penghasilan anda.

9. Buat Rencana

Sebelumnya telah dikatakan bahwa anda harus menetapkan tujuan secara spesifik beserta jangka waktunya. Kemudian tuangkan tujuan tersebut dalam bentuk rencana.

Orang yang memiliki rencana dan mengikutinya akan memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk menjadi jutawan dibanding dengan yang tidak memiliki rencana sama sekali. Tuangkan ide, gagasan, serta rencana anda dalam dokumen tertulis, sehingga anda tidak melupakan atau melewatkannya.

10. Bangun Pagi

Orang-orang susksess cenderung memulai hari sebelum fajar. Sebuah studui mendapati bahwa 50% jutawan bangun 3 jam lebih awal sebelum waktu kerja mereka. Anda bisa mebiasakan diri bangun pada pukul lima pagi.

Kebiasaan bangun pagi memberikan banyak manfaat, anda bisa memiliki waktu lebih untuk menyiapkan hal-hal yang perlu disiapkan, atau menyelesaikan hal yang belum anda selesaikan di hari kemarin.

11. Berolah Raga dan Makan Makanan dengan Baik

Agar dapat menciptakan kekayaan, anda harus tetap sehat, dengan demikian ada harus  memiliki gaya hidup sehat. Penyakit, terutama penyakit parah bisa dengan cepat menghabiskan tabungan anda, juga membuat anda tidak lagi produktif atau bahkan pengsiun dini. Oleh karena itu miliki gaya hidup sehat dengan rutin berolah raga dan makan makanan sehat dan dalam porsi yang tepat.

12. Nyaman dengan Ketidaknyamanan

Jika anda ingin mendapatkan yang lebih dari yang anda dapatkan saat ini, maka anda harus berani keluar dari zona nyaman anda dan memulai sesuatu yang baru. Misalnya bernegosiasi mengenai penghasilan anda. Banyak orang yang menghindari hal ini, mereka enggan mencobameski mereka layak mendapatkannya.

Itulah beberapa kebiasaan hidup yang bisa anda lakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Anda sudah lakukan yang mana?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kebiasaan hidup untuk mencapai kebebasan finansial, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



12 Tip Perencanaan Finansial Buat yang Akan Menikah
Kenali Ciri-ciri Investasi Bodong!
Inilah 7 Kebiasaan yang Akan Membuat Anda Semakin Kaya
Cara untuk Mengembangkan Hidup Anda
Cara Mengurangi Stress Akibat Masalah Keuangan
6 Alasan Kelas Menengah Tetap Kelas Menengah
Besar Pasak daripada Tiang, Berikut Ini Tanda-tandanya
Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros
Tips Keuangan Ibu Rumah Tangga
Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Naik Gaji


Bagikan Ke Teman Anda