Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Aturan Emas dalam Mengelola Keuangan

Masih di pertengahan bulan, tapi kantong sudah menipis dan menunjukkan tanda ‘sekarat’? Bukan kamu saja yang mengalami hal ini, tapi banyak orang di luar sana yang kerap berada di situasi seperti itu. Hal ini diakibatkan pengelolaan keuangan yang salah dan tidak terkendali.

Untuk bisa memiliki keuangan yang lancar dan terkendali, maka diperlukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Tak hanya sekedar mengatur keuangan menjadi lebih baik, tapi juga akan membantu kamu mencapai impianmu menjadi kenyataan. Berikut ini adalah beberapa aturan emas dalam mengelola keuangan yang perlu kamu terapkan:

1. Jangan sampai ‘lebih besar pasak daripada tiang’

Ingatlah untuk selalu menghabiskan uang dalam jumlah yang lebih kecil dibandingkan dari jumlah yang bisa kamu dapatkan. Banyak orang yang kelabakan di pertengahan bulan akibat terlalu banyak menghabiskan uang sedangkan masih banyak kebutuhan penting lainnya yang belum terpenuhi. Akibatnya, hutang menjadi sebuah jalan pintas yang paling mudah dipilih.

2. Kontrol keinginan

Untuk bisa mengelola keuangan dengan baik, hal yang paling penting adalah kamu harus dapat membedakan mana yang kamu butuhkan dan mana yang kamu inginkan. Kebutuhan dan keinginan adalah dua hal yang berbeda. Utamakan kebutuhan terlebih dahulu, baru kamu boleh memenuhi keinginan.

Kebutuhan adalah hal penting yang menyangkut kehidupan seperti makan, rumah, pakaian dan lain-lain, sedangkan keinginan adalah hal mewah sebagai hiburan dalam kehidupan seperti makan di restoran, berbelanja barang mahal, nonton bioskop, dan lain-lain.

3. Sisihkan terlebih dahulu

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika baru menerima gaji adalah menyisihkan uang tabungan. Jangan menyisihkan tabungan dari sisa gaji, tapi sisihkan terlebih dahulu begitu kamu mendapatkan gaji sehingga tabungan kamu akan tetap terisi. Kebanyakan orang menabung setelah ada sisa dari gaji, namun pada kenyataannya tidak pernah ada sisa gaji.

Maka dari itu, sisihkan setidaknya 10% dari gaji kamu langsung untuk tabungan. Simpan tabungan dalam rekening yang berbeda dan jangan digunakan kecuali hanya untuk hal penting. Tabungan akan membuat kamu terhindari dari hutang dan membantu mewujudkan rencana kamu.

4. Investasi

Tak hanya melakukan tabungan, ada baiknya jika kamu melakukan investasi untuk masa depan keuangan kamu nantinya. Investasi yang diambil sebaiknya dipilih yang tidak akan mengganggu keuangan. Untuk bisa menemukan bentuk investasi yang tepat, maka sebaiknya bicarakan pada ahlinya.

Jika kamu ingin melakukan investasi yang mudah dicairkan, maka sebaiknya gunakan investasi emas. Namun jika kamu menginginkan investasi jangka panjang, maka kamu bisa berinvestasi pada saham atau properti.

5. Hindari hutang

Jangan meminjam uang atau berhutang jika keperluan tersebut tidak mendesak. Hutang hanya akan membuat keuangan kamu menjadi semakin kacau, apalagi jika hutang tersebut hanyalah untuk  keperluan yang tidak penting.

Jika kamu memiliki keperluan yang mendesak, kamu bisa menggunakan tabungan terlebih dahulu dibandingkan harus melakukan pinjaman. Apalagi jika pinjaman tersebut memiliki bunga yang tinggi, tentu akan merusak keuangan kamu.

6. Buat anggaran

Aturan lain yang diperlukan untuk mengelola keuangan adalah membuat anggaran. Anggaran akan membuat keuangan menjadi lebih terarah. Susun anggaran dengan mengutamakan pos pengeluaran utama terlebih dahulu. Dengan begini, kamu akan mengetahui jumlah uang yang diperlukan pada bulan berikutnya sehingga lebih mudah membuat rencana keuangan.

Anggaran juga akan membantu kamu menekan pengeluaran yang dianggap terlampau besar. Kamu jadi lebih mudah melakukan penghematan pada beberapa bagian tertentu. Anggaran juga bisa menjadi patokan ukuran seberapa suksesnya kamu mengelola keuangan selama ini.

7. Hidup sederhana

Slogan hidup seperti ini sepertinya sudah banyak ditinggalkan. Mempertahankan gengsi membuat banyak orang terpaksa menghabiskan uangnya hanya untuk menjaga status sosialnya. Untuk bisa mengelola keuangan dengan baik, maka hiduplah dengan sederhana.

Tinggalkan kebiasaan yang tidak bermanfaat seperti berkumpul di kafe, makan di luar, berbelanja barang bermerek, dan lainnya. Kegiatan semacam ini hanya akan membuat hidup kamu semakin terpuruk. Gaya hidup yang serba konsumtif seperti ini bukan hanya membuat keuangan kamu berantakan, tapi kesehatan kamu juga akan semakin buruk.

8. Cari penghasilan tambahan

Tidak ada salahnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tak hanya mendapatkan uang lebih, kamu juga bisa menabung lebih banyak sehingga rencana impian yang kamu buat juga akan terwujud lebih cepat. Namun jangan lupa pula untuk memastikan bahwa pekerjaan sampingan ini tidak mengganggu pekerjaan utama kamu.

9. Hindari kartu kredit

Jangan salah sangka dengan kemudahan mereka yang memiliki kartu kredit karena di balik itu semua, terdapat jeratan hutang yang tidak berkesudahan. Menggunakan kartu kredit tanpa kepentingan khusus merupakan perbuatan yang menjebak diri sendiri.

Kamu akan merasa lega pada awalnya, namun kamu tidak akan pernah berhenti untuk menggunakan dan menutupi setiap tagihannya. Jadi hindarilah penggunaan kartu kredit. Jika membutuhkan dana tambahan, sebaiknya gunakan tabungan saja.

10. Gunakan asuransi

Aturan emas lainnya dalam mengelola keuangan adalah menggunakan asuransi. Mengapa asuransi begitu penting? Hal ini dikarenakan asuransi akan melindungi kamu dari besarnya beban keuangan ketika kamu ditimpa musibah, baik sakit atau kecelakaan.

Tak hanya membantu kamu terhindar dari beban keuangan saat mengalami musibah, asuransi saat ini juga memiliki manfaat investasi. Denan manfaat yang ganda seperti ini, tentu tidak ada alasan lagi untuk memiliki asuransi, bukan?

Itulah 10 aturan emas dalam mengelola keuangan yang perlu kamu terapkan. Dengan mengaplikasikan aturan ini ke dalam pengelolaan keuangan kamu bakal jadi lebih baik. Silakan buktikan sendiri.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 aturan emas dalam mengelola keuangan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Sinking Fund dan Mengapa Diperlukan
Persiapan Bila Usaha Mengalami Bencana Alam
7 Cara Membiasakan Diri Menabung
12 Tip Perencanaan Finansial Buat yang Akan Menikah
Bagaimana Cara Mencegah Overspending?
Keuangan Kacau Karena Menunda-nunda?
Tip Mengatur Keuangan untuk Keluarga Muda
20 Cara Mengurangi Pengeluaran saat Belanja
9 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tidak Jatuh Miskin
Mengapa Kita Harus Membawa Uang Tunai?


Bagikan Ke Teman Anda