Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Definisi Apple Card

Tidak puas dengan bidang teknologi, perusahaan pembuat iPhone, Apple, mengeluarkan produk baru bernama Apple Card. Produk ini memang benar-benar baru, jadi wajar saja kalau Anda belum pernah mendengarnya. Apple Card rencananya akan diluncurkan pada musim panas tahun 2019. Dengan tagline “There’s never been a credit card this smart” (tidak pernah ada kartu kredit yang sepintar ini), apa beda Appel Card dengan kartu kredit pada umumnya? Simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Apple Card?

Seperti yang disebutkan di atas, Apple Card adalah kartu kredit virtual yang diperuntukkan bagi pengguna iPhone untuk kemudahan dalam bertransaksi. Kartu kredit ini nantinya dapat dihubungkan dengan Apple Pay dan menjadi bagian dari salah satu aplikasi bawaan iPhone, yaitu Wallet.

Lebih jauh lagi Apple Card bisa digunakan untuk transaksi di luar Apple Pay, sehingga bisa berfungsi layaknya kartu kredit pada umumnya.

Siapa yang Bisa Menggunakan Apple Card?

Apple Card khusus diperuntukkan bagi pengguna iPhone saja. Karena layanan ini terintegrasi dengan Wallet dan hanya bisa diakses melalui iPhone, tentu saja Anda harus menggunakan smartphone tersebut.

Cara mendaftar Apple Card sangat mudah dan sederhana. Anda tinggal membuka aplikasi Wallet, pilih menu Apple Card lalu Anda akan masuk ke dalam tampilan antarmuka-nya. Setelah itu Anda akan dipandu langkah demi langkah, bagaimana cara mendaftar dan mulai menggunakan Apple Card.

Begitu Anda telah resmi terdaftar, Apple Card langsung bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembelian digital. Sama seperti ketika Anda mengajukan pembuatan kartu kredit, Anda harus memenuhi syarat dan ketentuan pihak Apple sebelum diterima menjadi pengguna Apple Card.

Fitur Apple Card

Apple Card menawarkan banyak kemudahan bagi pengguna, tidak hanya untuk transaksi digital dengan Apple Pay tetapi juga transaksi lain yang tidak menggunakan aplikasi tersebut. Inilah beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh Apple Card.

  • Catatan Pengeluaran Mingguan dan Bulanan

Jika Anda ingin tahu berapa pengeluaran Anda selama sepekan atau satu bulan, tidak perlu repot-repot memasang aplikasi tambahan atau masuk ke situs tertentu. Cukup dengan membuka aplikasi Wallet, maka semua yang Anda butuhkan ada di sana. Catatan pengeluaran selama satu minggu dan satu bulan akan ditampilkan secara rinci.

Dengan menggunakan Apple Card, Anda bisa mengetahui tren pengeluaran Anda, sehingga lebih mudah untuk memutuskan mana yang harus dikurangi atau dipangkas sama sekali.

  • Dukungan Aplikasi Maps untuk Setiap Transaksi

Kemudahan lain yang ditawarkan untuk pengguna Apple Card adalah dukungan aplikasi Maps. Selain bisa mencatat jumlah dan keterangan pengeluaran, Anda juga bisa menempelkan lokasinya. Tuliskan nama toko, restoran, atau lokasi dimana transaksi terjadi. Tidak perlu lagi bertanya-tanya untuk apa Anda mengeluarkan banyak uang.

  • Kategori dan Kode Warna untuk Mengklasifikasikan Pengeluaran

Apple Card bisa bekerja secara pintar dengan memasukkan pengeluaran di pos masing-masing. Anda tinggal membuat label tertentu dan menandainya dengan warna berbeda-beda. Misalnya ada kategori “Makanan dan Minuman” dengan warna merah, lalu “Kendaraan” dengan warna hijau, “Hiburan” dengan warna kuning, dan lain sebagainya.

Setiap kali Anda melakukan pembayaran, masukkan ke dalam label masing-masing sehingga Anda tidak perlu lagi menghitung jumlahnya. Apple Card akan melakukan semuanya, dan Anda tinggal menerima hasilnya saja.

  • Cash Back Berupa Daily Cash

Dalam setiap pembelian yang dilakukan menggunakan Apple Card, pengguna akan pendapatkan pengembalian berupa Daily Cash. Daily Cash akan ditambahkan kea kun Anda setiap hari dan langsung bisa digunakan untuk pembelian dengan Apple Pay. Daily Cash ini juga bisa dimasukkan kembali ke dalam saldo Apple Cash atau dikirimkan ke orang terdekat yang sesame pengguna Apple Card melalui fitur Pesan.

Besaran Daily Cash yang diberikan berbeda-beda, tergantung tipe transaksi. Jika melakukan pembelian dari semua toko virtual Apple, Anda akan mendapatkan kembalian 3%. Jika melakukan transaksi dengan Apple Pay, Anda akan mendapatkan kembalian 2%. Sedangkan jika Anda melakukan pembelian tanpa Apple Pay, kembalian yang diterima sebesar 1%.

  • Bunga Terendah

Apple Card hadir untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi tanpa dibebani bunga yang besar. Pengguna Apple Card tidak perlu menanggung biaya tahunan, biaya keterlambatan, atau biaya over limit. Jadi apabila Anda terlambat membayar tagihan, tidak ada pinalti yang akan dibebankan.

Sistem pembayaran Apple Card juga lebih fleksibel. Anda bisa membayar tagihan dengan cara mencicil, yaitu melakukan pembayaran selama beberapa kali dalam 1 bulan.

  • Perlindungan Privasi dan Keamanan

Setiap nomor Apple Card yang dibuat di iPhone disimpan dalam perangkat Secure Element, yaitu chip keamanan khusus dari Apple Pay. Untuk setiap transaksi yang dilakukan, diperlukan otorisasi dengan Touch ID atau pengenalan wajah. Jadi Apple Card tidak bisa digunakan tanpa persetujuan dari Anda sebagai pengguna terdaftar.

Selain itu Apple Card juga dibekali dengan sistem keamanan unik yang melindungi semua data transaksi Anda. Apple sebagai pihak yang mengeluarkan Apple Card tidak akan bisa melacak apa yang Anda beli dan berapa jumlah yang Anda bayar. Mereka hanya melacak jumlah tagihan yang harus dibayar secara keseluruhan.

  • Kartu Fisik Titanium

Apple Card adalah kartu kredit virtual, yang artinya transaksi harus dilakukan dengan iPhone. Namun Apple juga menyediakan fitur premium yaitu Titanium Card. Pengguna Titanium Card akan mendapatkan kartu fisik, sehingga bisa melakukan transaksi di lebih banyak tempat.

Keunikan dari kartu ini adalah seluruhnya terbuat dari Titanium, dengan ukiran nama pengguna yang dibuat menggunakan laser. Kartu ini mirip tidak disertai dengan infor CVV, tanda tangan, atau tanggal kadaluarsa. Sehingga jika kartu Anda hilang atau dicuri, kartu tersebut tidak bisa digunakan untuk bertransaksi

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang definisi Apple Card, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu World Bank? Definisi Bank Dunia
Apa Itu Velocity of Money? Definisi Velocity of Money
Apa itu Opportunity Cost? Definisi Opportunity Cost
Apa itu Waralaba? Definisi Waralaba
Apa itu Anak Perusahaan? Definisi Anak Perusahaan
Definisi Freemium Pricing
Apa itu Crowdsourcing? Definisi Crowdsourcing
Apa itu Emiten? Definisi Emiten
Definisi Shell Bank
Apa itu Buku Besar? Definisi Buku Besar


Bagikan Ke Teman Anda