Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Definisi Balance Transfer

Kartu krediit awalnya dianggap sebagai sarana keuangan yang memudahkan. Para pengguna bisa dengan mudah menggunakan kartu kredit untuk pembayaran, berbenja dan lain sebagainya. Kartu kredit juga bisa digunakan untuk menarik uang tunai sesuai dengan fasilitas kartu.

Perlu diingat, jangan sampai terjebak saat menggunakan kartu kredit. Karena itu ada fasilitas yang dinamakan balance transfer. Pernah mendengarnya? Berikut ulasan lengkap soal definisi balance transfer dan hal-hal yang terkait di dalamnya.

Apa itu Balance Transfer?

Pengertian balance transfer adalah sebuah cara yang membuat pemakai kartu kredit bisa menstransfer hutang dari kartu kredit yang satu ke kartu kredit yang lain. Meski terkesan mudah dan menyenangkan, tetap harus ada pertimbangan matang bila akan melakukanya.

Terutama karena Anda harus memperhitungkan biaya dan bunga di kartu tersebut. Intinya balance transfer adalah fasilitas yang membuat Anda bisa memindahkan hutang ke kartu dengan biaya bunga dan denda yang lebih rendah.

Manfaat Balance Transfer

Lantas apa manfaatnya? Tentu saja fasilitas keuangan ini memiliki beragam manfaat. Terutama untuk:

  1. Mengendalikan keuangan. Balance transfer akan membuat pemakai kartu kredit lebih mudah saat melacak hutang di kartu kredit dengan menggunakan satu sistem pembayaran kartu kredit. Dengan begitu Anda tidak perlu membayar hutang bulanan untuk setiap kartu yang digunakan.
  2. Mencari bunga yang lebih rendah. Dengan memindahkan saldo hutang dari satu kartu ke kartu yang lain maka Anda bisa membandingkan, maka kartu dengan biaya yang lebih murah.
  3. Melunasi hutang lebih cepat. Meskipun kartu kredit menawarkan pinjaman yang lebih mudah namun jangan sampai Anda terlilit hutang terus menerus. Jika Anda menggunakan balance transfer maka proses untuk membayar hutang lebih cepat. Misalnya dengan memindahkan hutang dari kartu kredit berbunga tinggi ke kartu kredit dengan bunga yang rendah.

Cara Kerja Balance Transfer

Jika Anda baru mendengar tentang balance transfer tentu langkah ini memang terlihat rumit sekaligus mudah. Rumit karena Anda belum pernah mencobanya, dan mudah karena memang sebenarnya mudah. Hanya ada beberapa ketentua saja.

  1. Hutang seperti apa yang bisa menggunakan balance transfer?

Sebenarnya Anda bisa menggunakan balance transfer dari hutang di kartu kredit umum ke pinjaman pribadi di bank atau pinjaman yang berhubungan dengan fintech.

Tapi sesuai dengan kesepakatan antar bank pemberi kartu kredit, maka Anda bisa bisa melakukan balance transfer antar akun di bank yang sama. Jadi mudahnya harus dilakukan kartu kredit antar bank.

  1. Berapa jumlah hutang yang bisa ditransfer?

Ketika Anda akan mentransfer hutang ke kartu kredit yang lain maka Anda harus melihat batasnya. Pada dasarnya semua bank yang mengeluarkan kartu kredit memiliki batas maksimal. Saat sudah lebih dari jumlah maksimal maka permohonan balance transfer Anda pasti akan ditolak. Jadi lihat kembali fasilitas dari kartu kredit yang Anda gunakan.

  1. Berapa lama proses balance transfer?

Setelah mengajukan permohonan balance transfer maka Anda harus menunggu informasi dari kedua belah pihak bank sampai hutang Anda disepakati untuk dipindah. Biasanya waktu yang paling umum untuk menunggu adalah selama beberapa minggu sampai bulan.

Selama proses balance transfer Anda belum disetujui, maka Anda tetap harus membayar cicilan kartu kredit sesuai waktu jatuh tempo. Jika Anda terlambat maka akan dikenakan denda dan bunga seperti aturan kartu kredit yang sudah disepakati.

Kapan Sebaiknya Balance Transfer ?

Balance transfer adalah sebuah solusi yang seharusnya digunakan di waktu yang tepat. Jadi metode ini tidak bisa dilakukan setiap bulan atau ketika hutang kartu kredit menumpuk. Jadi pertimbangkan kapan harus menggunakan balance transfer dalam kondisi berikut ini:

  1. Anda sudah lama membayar hutang kartu kredit dengan bunga yang tinggi. Bunga kartu kredit yang tinggi pasti akan sangat menyiksa Anda setiap bulan. Selain harus membayar biaya hutang pokok juga harus membayar biaya admin dan bunga. Saat itu terjadi maka cobalah memindahkan saldo hutang ke kartu kredit yang menawarkan bunga lebih rendah.
  2. Anda ingin menyatukan hutang dalam satu kartu. Ketika Anda memiliki hutang di beberapa kartu kredit maka akan sulit untuk mengelola pembayaran setiap bulan. Jika begitu, cobalah melakukan balance transfer ke kartu kredit yang menawarkan bunga paling rendah. Jadi Anda praktis cukup membayar hutang untuk satu kartu saja.
  3. Ada penawaran menarik dalam proses balance transfer. Jika Anda mendapatkan tawaran dari kartu kredit untuk melakukan balance transfer dengan bunga paling rendah dan tidak ada tambahan biaya transfer, maka segera lakukan balance transfer.

Kekurangan Balance Transfer

Jika kelebihan balance transfer bisa menurunkan bunga pinjaman dan mempercepat proses pembayaran hutang, maka metode ini juga memiliki kekurangan yang harus diperhitungkan. Berikut kekurangan yang sangat umum dari metode balance transfer.

  1. Biaya dalam proses balance transfer akan dikenakan biaya transfer saldo mulai dari 3% sampai 5%. Jumlah ini sesuai dengan aturan dari bank pemberi kartu kredit. Jadi perhatikan biaya ini ketika akan melakukan balance transfer.
  2. Harus melakukan transaksi baru. Pada dasarnya setelah proses balance transfer disetujui oleh pihak bank maka biasanya diharuskan untuk melakukan transaksi yang baru. Tentu saja Anda harus memperhitungkan lagi, sebab bisa saja hutang Anda justru bertambah.

Tips Aman Melakukan Balance Transfer

  1. Pahami aturan umum balance transfer. Beberapa aturan yang harus diperhatikan seperti biaya balance transfer, biaya bunga, waktu untuk membayar balance transfer, dan nominal balance transfer.
  2. Patuhi tanggal pembayaran balance transfer. Selain itu sebaiknya Anda juga menandai tanggal untuk membayar balance transfer. Jangan sampai Anda tidak memiliki rencana untuk membayar karena bisa sangat berbahaya untuk keuangan Anda di masa depan.

Nah apakah Anda sudah paham mengenai definisi balance transfer dan informasi lengkapnya? Jika Anda memang ingin menggunakan fasilitas ini maka pahami tata cara dan aturan yang berlaku. Sehingga akhirnya Anda bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang definisi balance transfer, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Waralaba? Definisi Waralaba
Untung Rugi KPR Refinancing
Apa Itu BCA CARD? Apa Beda BCA Card dengan VISA atau Mastercard?
Apa Itu Disposable Income?
Cara Nego Pelunasan Kartu Kredit
Apa Itu Ninja Loan?
Definisi Dividen
Cara Kredit Mobil
Apa itu Komoditas? Definisi Komoditas
Mengenal Kartu Kredit AEON


Bagikan Ke Teman Anda