Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Velocity of Money? Definisi Velocity of Money

Pernahkah anda mempelajari mengenai kecepatan perputaran uang dalam perekonomian? Dalam dunia ekonomi, kecepatan perputaran uang dikenal dengan nama velocity of money. Kecepatan perputaran uang ini bisa dihitung untuk menghitung ekonomi melalui perhitungan dari transaksi individu bahkan hingga transaksi terakhir.

Sebenarnya informasi mengenai kecepatan perputaran uang ini tidak sembarangan dihitung. Dalam ekonomi suatu negara misalnya, penting untuk menghitung kecepatan perputaran uang secara berkala untuk mengetahui apakah ekonomi negara ini mengalami deflasi atau inflasi. Lebih lengkapnya mengenai velocity of money akan anda ketahui melalui penjelasan menarik yang akan di bahas berikutnya.

Seperti yang sudah disebutkan velocity of money adalah istilah ekonomi untuk kecepatan perputaran uang. Lebih mudahnya, anda bisa menjelaskan velocity of money menjadi seberapa cepat uang berpindah kepemilikan dari satu tangan ke tangan lain. Informasi ini akan lebih mudah dipahami lagi, jika anda mempelajari mengenai velocity of money dengan ilustrasi.

Silahkan simak pembahasan di bawah ini dan gunakan informasinya untuk memahami lebih lanjut mengenai kondisi ekonomi negara ini. Jadi berikut ini pembahasan lengkapnya.

Apa Itu Velocity of Money dalam Ekonomi Suatu Negara?

Sebelumnya definisi mengenai velocity of money sudah dijelaskan. Jadi anda sudah memahami bahwa sebenarnya istilah ini digunakan untuk mengetahui seberapa cepat uang berpindah tangan di suatu negara. Tentu perpindahan kepemilikan uang terjadi jika ada transaksi jual beli jasa atau barang.

Namun untuk dapat menghitung velocity of money yang adalah sebuah kecepatan, haruslah ada jangka waktu tertentu. Jadi anda bisa menghitung kecepatan perputaran uang suatu negara berdasarkan jangka waktu satu bulan, setengah tahun, tahunan, atau per 10 tahunan. Jangka waktu bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan informasi anda.

Rumus yang digunakan untuk menghitung velocity of money ini adalah:

Vt = P * T/M

Keterangan untuk rumus ini adalah Vt  untuk kecepatan peredaran uang yang ingin dicari dalam jangka waktu tertentu, P untuk tingkat harga, T total transaksi dalam kurun waktu tertentu, dan M untuk total uang dalam sirkulasi. Silahkan terapkan rumus di atas untuk menghitung kecepatan peredaran uang di lingkungan sekitar anda.

Selanjutnya jika anda ingin memahami lebih lanjut mengenai velocity of money, anda perlu mengetahui bahwa ada yang dinamakan dengan income velocity of money dan transaction velocity of money.

Apa yang dimaksud dengan income velocity of money adalah frekuensi suatu mata uang digunakan untuk melakukan pembelian barang dan jasa, sedangkan transaction velocity of money adalah frekuensi suatu mata uang mengalami perpindahan kepemilikan. Berdasarkan penghitungan dari velocity of money ini, informasi apa yang bisa diketahui? Informasi penting ini yang akan menjadi pembahasan utama di bagian berikutnya.

Informasi Penting dari Perhitungan Velocity of Money

Menggunakan definisi-definisi yang sudah disebutkan di atas, hasil perhitungan velocity of money ternyata menghasilkan banyak informasi penting. Apa saja informasi penting yang bisa disimpulkan dari hasil perhitungan velocity of money? Silahkan simak penjelasannya pada bagian berikut ini.

    1. Informasi Terkait Banyak Transaksi di Suatu Negara

Informasi pertama yang bisa anda dapatkan dari perhitungan velocity of money adalah informasi terkait banyaknya transaksi di suatu negara secara umum. Transaksi yang dimaksud adalah transaksi menggunakan uang sebagai alat beli. Jadi semakin tinggi kecepatan perputaran uang atau velocity of money ekonomi dari suatu negara tertentu, maka artinya semakin banyak transaksi yang terjadi. Sebaliknya, jika kecepatan perputarannya tidak terlalu tinggi, maka transaksi yang terjadi tidak terlalu banyak pada jangka waktu tersebut.

    1. Kecenderungan Deflasi/ Inflasi

Velocity of money yang terlalu tinggi tidak baik, terlalu rendah pun sama tidak baiknya. Suatu negara membutuhkan informasi dari velocity of money untuk mengetahui kecenderungan apakah ekonomi negara akan mengalami deflasi atau inlasi. Jika bisa diprediksi jauh-jauh hari melalui hasil perhitungan velocity of money, maka berbagai tindakan pencegahan dan penanggulangan bisa dilakukan. Jadi hasil perhitungan velocity of money yang rendah menunjukkan bahwa peredaran uang di negara tersebut cenderung rendah dan mengancam terjadinya deflasi. Sebaliknya, jika nilai velocity of money suatu negara terlalu tinggi, maka ada resiko terjadinya inflasi di negara tersebut.

    1. Mengambil Keputusan Pembelian atau Penggunaan Uang

Ada juga informasi lain yang bisa didapatkan dari melakukan perhitungan velocity of money. Informasi berikutnya berkaitan dengan keputusan pembelian dan penggunaan uang. Jika velocity of money yang dihitung menghasilkan nilai yang tinggi, maka perlu dilakukan pengaturan untuk mengurangi pembelian atau penggunaan uang. Begitu juga jika ternyata hasil perhitungan velocity of money yang dilakukan adalah rendah, maka untuk menghindari kondisi yang beresiko anda bisa mengambil keputusan untuk melakukan pembelian atau penggunaan uang.

    1. Pembeda Tingkat Konsumsi Masyarakat Suatu Negara

Terakhir, anda juga bisa mengetahui informasi mengenai perbedaan tingkat konsumsi masyarakat dari suatu negara melalui hasil perhitungan velocity of money. Jadi setelah mendapatkan nilai velocity of money, jika hasilnya tinggi maka bisa diketahui bahwa tingkat konsumen masyarakat di negara tersebut cukup tinggi. Nilai yang ekstrim bisa menunjukkan karakteristik masyarakat cenderung hedonistik. Namun jika nilai velocity of money yang dihitung rendah, maka bisa diketahui bahwa transaksi masyarakat rendah, atau tingkat konsumsinya rendah. Masyarakat di negara seperti ini cenderung memiliki karakteristik penabung.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu velocity of money dan informasi apa yang bisa didapatkan dari hasil perhitungan velocity of money ini. Jadi dengan informasi ini, anda bisa mengetahui bahwa velocity of money ternyata merupakan perhitungan yang sangat bermanfaat. Anda juga semakin memahami mengenai berbagai manfaat ilmu ekonomi. Penasaran ingin menghitung berapa kecepata pertukaran uang dalam ekonomi keluarga anda pada jangka waktu tertentu? Silahkan coba rumus yang sangat bermanfaat ini!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu velocity of money dan definisi velocity of money, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Definisi Debt to Income Ratio?
Apa itu The FED? Definisi The FED
Definisi Credit Baloon/Kredit Baloon/Kredit Balon/Ballon Payment
Apa itu Aktiva? Definisi Aktiva
Apa Itu Contribution Margin?
Definisi Sensitivity Analysis
Apa itu Collateral? Definisi Collateral
Apa itu Crowdfunding? Definisi Crowdfunding
Apa itu Money Supply?
Apa itu World Bank? Definisi Bank Dunia


Bagikan Ke Teman Anda