Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Penetration Pricing? Definisi Strategi Penetapan Harga Penetration

Untuk mengambil hati pelanggan, sejumlah cara bisa kita lakukan. Salah satunya dengan menerapkan strategi penetration pricing atau penetrasi harga. Strategi tersebut diharapkan mampu menarik perhatian dan mempengaruhi perilaku pelanggan agar bisa beralih ke produk/layanan kita. Tetapi apa sebenarnya itu penetration pricing atau strategi penetapan harga penetrasi itu?

Pengertian Penetration Pricing

Strategi Penetration Pricing merupakan strategi dengan menetapkan harga di awal yang cukup rendah. Harapannya, pelanggan akan beralih ke merek baru karena harganya yang lebih rendah. Penetrasi harga umumnya berkaitan dengan tujuan pemasaran. Yakni memperbesar pangsa pasar serta mengeksploitasi skala ekonomi.

Penetrasi harga mirip seperti loss leader pricing dimana bisa menjadi strategi pemasaran sukses jika diterapkan secara benar. Salah satu manfaatnya dapat meningkatkan pangsa pasar serta volume penjualan. Jumlah penjualan pun lebih tinggi sehingga menyebabkan biaya produksi lebih rendah dan perputaran persediaan cepat.

Bagaimanapun, sebuah strategi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kerugian utamanya adalah tidak mampu menghasilkan untung yang tinggi. Sebab anda mesti berkorban menyisihkan sebagian laba untuk mendapatkan harga yang rendah.

Bisa jadi harga rendah juga hanya dijadikan sebagai kampanye pengantar. Mungkin pertamakali pelanggan akan penasaran dengan harga yang rendah. Namun jika harga tersebut mulai naik hingga sejajar dengan merek pesaing, kemungkinan beralih kembali ke pesaing juga tidak bisa anda hindari.

Dasar Pemikiran Dibalik Penetrasi Harga

Bagi pendatang baru di dunia bisnis, menggunakan penetapan harga penetrasi untuk bersaing di pasar secara efektif adalah hal biasa. Harga merupakan salah satu cara termudah untuk membedakan pendatang baru diantara para pemain yang sebelumnya sudah ada.

Tujuan dari strategi penetrasi harga antara lain untuk:

  • Menciptakan loyalitas merek
  • Mengalihkan pelanggan dari pesaing
  • Menciptakan pangsa pasar
  • Menghasilkan permintaan siginifikan dengan memanfaatkan skala ekonomis
  • Menyingkirkan pesaing

Penetapan penetrasi harga bisa bekerja secara efektif dengan situasi sebagai berikut:

  • Ketika diferensiasi produk sedikit
  • Permintaan harganya elastis
  • Produk cocok untuk pasar dengan skala ekonomi besar

Penetrasi Harga vs Skimming

Skimming adalah strategi penetapan harga yang berlawanan dengan penetration pricing. Pada penetrasi harga membuat perusahaan mengiklankan produk dengan harga rendah dan margin sederhana. Sementara skimming merupakan strategi menjual produk dengan harga dan margin yang relatif tinggi.

Strategi skimming cocok diterapkan untuk produk-produk mewah atau inovatif. Secara efektif, produsen mencari pasar untuk memaksimalkan keuntungan. Seiring berjalannya waktu, harga pun akan berkurang ke tingkat yang sebanding dengan pesaing untuk menangkap sisa pangsa pasar.

Keuntungan Penetrasi Harga

Akan ada beberapa kelebihan atau keuntungan yang bakal didapat bila menerapkan strategi penetrasi harga dengan benar. Berikut diantaranya:

  1. Adopsi dan Difusi Tinggi

Karena menerapkan harga rendah dalam pemasaran, penetrasi harga memungkinkan suatu layanan atau produk cepat diterima oleh pelanggan. Tak heran jika banyak pendatang di pemasaran yang senang menerapkan strategi satu ini.

  1. Dominasi Pasar

Pesaing umumnya tidak begitu siap ketika menghadapi penetrasi harga. Sebab, mereka memiliki sedikit waktu untuk bereaksi. Maka dengan penetrasi harga, perusahaan bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk meraup peralihan pelanggan sebanyak mungkin.

  1. Skala Ekonomi

Dengan harga yang relatif rendah, kuantitas penjualan pun akan lebih tinggi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk merealisasikan skala ekonomi serta biaya margin yang lebih rendah.

  1. Turnover Tinggi

Tingkat turnover pun akan meningkat. Sebab penjualan yang lebih besar karena harga jualnya yang rendah. Hal ini membuat mata rantai pasokan seperti pengecer dan distributor senang. Perputaran bisnis yang baik dan konsisten akan membuat bisnis lebih mudah berkembang.

Kerugian Penetrasi Harga

Selain memiliki keuntungan, penetrasi harga juga memiliki sejumlah kelemahan yang bisa menyebabkan kerugian:

  1. Ekspektasi Penetapan Harga

Ketika perusahaan menggunakan harga penetrasi, kebanyakan pelanggan kerapkali mengharapkan harga rendah tersebut secara permanen. Jika harga naik secara bertahap, akan muncul ketidakpuasan dan bisa saja mereka akan beralih ke produk/layanan lain.

  1. Loyalitas Pelanggan Rendah

Kita tidak bisa mengharapkan loyalitas pelanggan yang kuat dengan menerapkan strategi ini. Sebab, kebanyakan konsumen yang senang dengan harga murah cenderung mudah beralih. Terlebih jika mereka mendapatkan harga/kesepakatan dari pihak lain yang dirasa lebih menguntungkan.

  1. Merusak Citra Merek

Citra terhadap merek memang sangat penting. Jika sering melakukan penetrasi harga, maka secara perlahan anda akan menghancurkan citra brand yang anda bangun. Pelanggan akan menganggap bahwa merek tersebut termasuk brand murah.

  1. Menciptakan Perang Harga Diantara Pesaing

Pesaing pun tidak akan tinggal diam dalam menghadapi gempuran harga yang rendah. Maka tidak menutup kemungkinan akan ada perang harga. Jika perang harga terus berlangsung, profitabilitas untuk pasar secara keseluruhan pun akan menurun.

  1. Strategi Jangka Panjang yang Tidak Efisien

Penetrasi harga kurang tepat jika digunakan dalam jangka panjang. Banyak kasus dimana perusahaan yang menggunakan strategi ini mengalami kehilangan laba.

Contoh Penetrasi Harga

Kita bisa mengambil contoh pada Costco dan Kroger yang merupakan dua buah toko kelontong besar. keduanya menggunakan harga penetrasi untuk menjual makanan organik. Margin pada bahan makanan biasa cenderung kecil. Namun untuk makanan organik sebaliknya.

Secara permintaan, makanan organik lebih tinggi dibandingkan makanan non-organik. Maka banyak pedagang yang menawarkan pilihan makanan organik dengan harga premium untuk meningkatkan laba mereka.

Berbeda dengan Kroger dan Costco, mereka mengadopsi penetrasi harga. Makanan organik yang mereka jual harganya lebih murah. Meskipun strategi tersebut mungkin beresiko bagi laba, namun dengan memperhitungkan skala ekonomi keduanya yakin untuk mengadopsi strategi tersebut.

Dengan mengetahui apa definisi penetration pricing, semoga Anda bisa lebih bijak dan tepat dalam menggunakan strategi tersebut pada saat melakukan pemasaran.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu penetration pricing dan definisi strategi penetapan harga penetration, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Anak Perusahaan? Definisi Anak Perusahaan
Apa itu Komoditas? Definisi Komoditas
Apa itu Dupont Analysis? Definisi Dupont Analyisis
Apa itu Gross Profit? Definisi Gross Profit
Apa itu Wesel? Definisi Wesel
Apa itu Crowdfunding? Definisi Crowdfunding
Apa itu Paper Millionaire? Definisi Paper Millionare?
Apa itu Capital Loss? Definisi Capital Loss
Definisi Polis Asuransi
Apa itu Hipotek? Definisi Hipotek


Bagikan Ke Teman Anda