Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Penentuan Harga dengan Price Skimming?

Dalam berbisnis, penentuan harga adalah hal yang sangat penting. Ketika produk baru akan diluncurkan, maka dibutuhkan sebuah metode untuk menentukan harga agar produk dapat bersaing di pasaran dan lebih unggul dibandingkan dengan produk lain yang sejenis.

Salah satu metode yang dapat digunakan adalah price skimming atau strategi menentukan harga dengan cara skimming.

Definisi Price Skimming

Price skimming adalah strategi penentuan harga, dimana perusahaan atau pemilik produk akan memasang harga yang sangat tinggi untuk suatu barang, kemudian harga tersebut akan semakin turun seiring dengan berjalannya waktu. Strategi semacam ini biasanya digunakan saat ada produk baru yang diluncurkan.

Harga awal yang tinggi digunakan untuk menambah pendapatan perusahaan sekaligus menguji kepuasan konsumen. Ketika konsumen awal puas dengan produk tersebut, otomatis permintaan pasar akan semakin meningkat. Ditambah dengan persaingan yang semakin ketat, maka perusahaan menurunkan harga produk tersebut.

Tujuan lain adalah menjaring konsumen dalam sector yang lebih luas, terutama mereka yang ber-budget rendah untuk membeli produk tersebut. Metode skimming juga dapat memicu munculnya banyak pesaing karena besarnya selisih antara harga awal dengan harga produk setelah mengalami penurunan.

Cara Kerja Price Skimming

Metode price skimming banyak digunakan oleh produsen barang-barang elektronik dan gadget seperti smartphone, laptop, komputer¸smartwatch, dan masih banyak lagi. Di awal peluncuran, gadget terbaru yang menawarkan fitur-fitur canggih akan dibanderol dengan harga selangit, bahkan tidak bisa dijangkau semua orang.

Namun setelah penjualan tahap pertama dan mendapatkan ulasan positif dari para penggunanya, perusahaan akan menurunkan harga produk tersebut. Selain untuk memenuhi permintaan pasar, penurunan harga juga bertujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Begitulah cara price skimming bekerja. Tujuan awal dari tingginya harga yang dipasang untuk produk baru adalah menambah pendapatan dan keuntungan sebesar-besarnya bagi perusahaan. Setelah tujuan ini tercapai, harga produk akan diturunkan agar penjualannya semakin meningkat.

Penurunan harga ini juga merupakan langkah antisipasi dari perusahaan terhadap pesaing yang muncul. Biasanya produk saingan ini adalah versi murah dari produk aslinya, dengan bentuk dan spesifikasi yang hampir sama, namun dengan harga yang jauh lebih murah.

Penerapan Strategi Price Skimming

Price skimming memang bisa disebut sebagai strategi yang jitu untuk sebuah perusahaan yang akan mengeluarkan produk baru. Namun bukan berarti metode ini bisa diaplikasikan pada semua jenis produk. Sebuah perusahaan melakukan price skimming untuk mengembalikan biaya produksi yang jumlahnya besar. Untuk produk dengan harga tinggi, price skimming adalah metode yang tepat. Tetapi untuk barang-barang dengan harga murah seperti keperluan rumah tangga, aplikasi metode price skimming kurang tepat untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya.

Price skimming dapat diterapkan dalam beberapa konteks di bawah ini:

  • Adanya jaminan prospek yang positif bahwa konsumen tetap akan membeli produk tersebut meski harganya mahal.
  • Tingginya harga yang dipasang untuk suatu produk tidak memancing kemunculan pesaing baru.
  • Penurunan harga yang dilakukan tidak berdampak fatal pada peningkatkan jumlah penjualan dan pengurangan biaya per unit produk.
  • Harga mahal mengindikasikan kualitas terbaik dari sebuah produk.

Harga dari sebuah produk baru yang diluncurkan, misalnya gadget untuk rumah tangga, sangat mempengaruhi persepsi pembeli. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa harga mahal menandakan kualitas dan eksklusivitas produk tersebut. Sehingga para pembeli yang masih awam mau mengeluarkan lebih banyak uang untuk produk tersebut. Keberhasilan penjualan produk dengan harga tinggi ini juga dipengaruhi model pemasaran yang digunakan.

  • Keuntungan Strategi Price Skimming
    • Mempertahankan kualitas. Price skimming membantu membangun citra sebuah produk sebagai barang yang berkualitas pada para konsumen.
    • Pengembalian modal. Perusahaan mendapatkan pengembalian modal yang digunakan untuk mengembangkan produk dalam waktu singkat.
    • Profitabilitas tinggi. Price skimming menciptakan margin keuntungan yang tinggi bagi perusahaan.
  • Kerugian Price Skimming
    • Apabila perusahaan tidak dapat memberikan alasan yang tepat untuk harga tinggi dari sebuah produk, maka konsumen akan merasa enggan untuk membelinya. Sebelum memasang harga yang tinggi untuk produk baru, perusahaan harus bisa menentukan nilai jual produk tersebut untuk menarik minat konsumen membeli produk meski harganya mahal.
    • Bukan strategi jangka panjang. Meski sangat menguntungkan, price skimming bukanlah strategi yang bisa diterapkan dalam jangka waktu yang lama. Para pesaing baru akan muncul membawa produk yang sama, namun menawarkan harga yang lebih murah.
    • Kehilangan kesetiaan konsumen. Price skimming bisa menjadi celah perusahaan yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen. Jika sebuah perusahaan selalu menerapkan pola yang sama di setiap produk baru yang diluncurkan, maka konsumen lebih memilih untuk menunggu beberapa bulan agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Price Skimming

Sebelum menerapkan metode price skimming untuk suatu produk, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Jika price skimming tidak dilakukan dengan benar, justru dapat mendatangkan masalah bagi perusahaan itu sendiri. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam price skimming.

  • Perusahaan yang menerapkan price skimming harus berhati-hati dengan hukum. Price skimming dapat dikategorikan sebagai diskiriminasi harga (price discrimination) jika karakteristik produk tidak memadai. Sebelum memasang harga tinggi, pastikan kualitas dan spesifikasi produk tersebut memang layak dan sepadan dengan harganya.
  • Price skimming dapat memberikan margin keuntungan tinggi bagi perusahaan, sehingga memancing para pesaing untuk ikut berkompetisi dalam pasar yang sama.
  • Jika sebuah perusahaan menurunkan harga produk terlalu cepat tanpa adanya perubahan signifikan (seperti peluncuran produk baru dengan kualitas lebih baik), maka akan terbentuk persepsi negatif pada publik. Mereka akan merasa ditipu oleh perusahaan jika harga produk tiba-tiba diturunkan tanpa alasan yang jelas. Pada peluncuran produk berikutnya, konsumen akan menunggu beberapa waktu sampai harga produk diturunkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu penentuan harga dengan price skimming, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Harga Obat Bermerek Lebih Mahal?
Apa itu Penetration Pricing? Definisi Strategi Penetapan Harga Penetration
Pentingnya Stabilitas Harga Bagi Masyarakat dan Negara
Definisi Cost Plus Pricing (Strategi Penetapan Harga Biaya Plus)
Definisi Contribution Margin Pricing/Strategi Penetapan Harga Kontribusi Margin
Apa itu Premium Pricing? Definisi Premium Pricing
Walau Harga Mahal, Barang Ini Layak Dibeli
Apa Penyebab Harga Minyak Naik Turun? Berikut Faktor-faktornya
4 Penyebab Harga Buku Teks Kuliah Lebih Mahal
Strategi Penetapan Harga Pay What You Want (Value to Value Pricing)


Bagikan Ke Teman Anda