Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Strategi Penetapan Harga Loss Leader (Loss Leader Pricing)

Dalam dunia marketing, pasti ada satu strategi yang digunakan untuk penjual agar nilai penjualan barangnya dapat meningkat pesat. Salah satunya adalah dengan menetapkan harga loss leaderLoss leader adalah strategi marketing dimana penjual menetapkan harga suatu produk yang ditawarakan di bawah harga pasar.

Bagaimana bisa loss leader mendatangkan keuntungan bagi penjual? Loss leader menggunakan konsep dimana harga di bawah harga pasar akan mengundang banyak konsumen untuk datang ke toko. Dengan banyaknya konsumen yang datang ke toko, diharapkan bahwa konsumen tersebut juga membeli barang lain selain barang yang menjadi loss leader dalam waktu bersamaan. Alhasil, penjual akan meraup lebih banyak keuntungan.

Melihat bagaimana cara kerja dari loss leader, dapat kita ketahui bahwa barang yang dikenakan loss leader hanyalan berperan sebagai umpan belaka. Ide dari strategi loss leader adalah untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya agar datang ke toko, sehingga di sana konsumen dapat tertarik membeli barang-barang lain di toko yang memiliki harga normal disamping membeli barang dengan harga loss leader.

Dalam menetapkan harga loss leader, penjual harus memerhatikan laba. Mengurangi harga di bawah harga pasar tentu akan berdampak pada laba. Penetapan harga  loss leader sedikit banyak akan ikut berperan dalam pengurangan laba. Maka dari itu, penjual harus jeli dalam menghitung laba total yang diterima dengan cara membatasi jumlah stok barang yang akan dijual dengan harga loss leader.

Untuk menganalisis mengenai laba secara lebih presisi, penjual harus memerhatikan mengenai rentang waktu dari pemberlakuan harga loss leader sendiri. Penjual tidak boleh terlalu lama memberlakukan harga loss leader, karena semakin lama pemberlakukan harga loss leader maka akan semakin banyak laba yang berkurang. Selain dari sisi waktu, penjual juga harus memperhatikan dari sisi jumlah stok barang. Saat memberlakukan harga loss leader, tentu permintaan barang juga akan semakin membludak. Penjual harus siap sedia akan kemungkinan pembludakan permintaan barang dari konsumen dengan cara menyediakan stok dengan kuantitas yang cukup banyak.

Strategi Menetapkan Harga Loss Leader

Setelah mengetahui defisini mengenai harga loss leader? Lantas, bagaimana strategi untuk menerapkannya di dalam strategi penjualan?

  1. Perhatikan Penempatan Barang

Penempatan barang merupakan salah satu strategi penting dalam menerapkan harga loss leader. Barang yang dikenakan harga loss leader harus ditempatkan di tempat yang paling belakang di dalam toko. Tujuan penempatan ini adalah agar konsumen dapat bekeliling toko terlebih dahulu sehingga konsumen bisa tertarik untuk membeli barang lain selain barang yang dikenakan harga loss leader.

  1. Pilih Barang yang Sering Dibeli

Dalam menetapkan harga loss leader, pilihlah barang yang paling sering dibeli oleh konsumen. Barang yang sering dibeli akan sering diingat dan diperhatikan oleh pembeli. Dengan begitu, pembeli bisa cepat mengatahui saat harga barang tersebut  turun drastis.

  1. Batasi Stok Barang

Stok barang yang dikenai harga loss leader haruslah dibatasi. Hal ini berkaitan dengan perhitungan laba dari penjual. Jika terlalu banyak barang dengan harga loss leader, maka penjual akan semakin banyak mengalami pengurangan laba. Selain itu, barang dengan stok yang terbatas akan mencegah pembeli untuk menimbun barang loss leader.

Promosi dengan batasan stok barang juga berguna dalam menarik perhatian para pembeli. Dengan jumlah barang yang terbatas, pembeli akan cenderung untuk bergegas pergi ke toko untuk membeli barang tersebut.

  1. Beri Batasan Waktu

Memberi batasan waktu dalam pemberlakuan harga loss leader merupakan bagian dari strategi promosi. Umumnya, pemberlakuan harga loss leader yang berbatas waktu akan menyebabkan pembeli lebih cenderung untuk bergegas pergi berbelanja ke toko tersebut. Di samping itu, tentu penjual tidak ingin terus menerus menjual barang dagangannya dengan harga yang rendah, bukan?

Contoh Penerapan

Strategi penetapan harga loss leader juga telah dilakukan oleh berbagai perusahaan terkenal. Contohnya adalah salah satu merk pisau cukur ternama, Gillette. Gillete pernah memberikan pisau cukur secara gratis kepada pada pelanggannya. Perusahaan tersebut berasumsi bahwa pasti para pelanggan kelak akan perlu mengganti pisau cukurnya dengan membeli yang baru. Di titik itulah letak keuntungan yang akan didapat oleh perusahaan.

Contoh lain adalah dari Microsoft’s Xbox One. Perusahaan tersebut menerapkan strategi harga loss leader dengan cara menjual produk konsol game di bawah harga margin. Namun perusahaan tersebut mematok harga yang lebih tinggi untuk berlangganan layanan Xbox Live. Dengan begitu, perusahaan akan mendapat laba dari strategi tersebut.

Selain itu, di Amerika Serikat juga terdapat satu hari yang dinamakan Black Friday. Saat Black Friday, toko-toko akan menurunkan harga sebagian barang secara drastis sehingga pembeli tertarik untuk melihat-lihat barang yang lain. Hal ini sama halnya yang sering terjadi pada toko-toko online di Indonesia yang bernaung di Shopee. Toko-toko online tersebut akan menawarkan beberapa barang yang sangat murah, sehingga pembeli tertarik untuk datang ke toko dan melihat-lihat barang yang lain dari toko, dengan harapan barang yang lain sama murahnya dengan barang tersebut. Akhirnya, pembeli malah membeli beberapa barang yang lain untuk memburu batas minimal gratis ongkir dari Shopee.

Walaupun strategi penetapan harga loss leader nampak sangat mulus dan akan mendatangkan berbagai keuntungan, namun strategi ini juga memiliki sisi kerugian. Kerugian yang terjadi pada penjual adalah terkadang strategi ini tidak berhasil dan pembeli malah banyak membeli barang yang telah terkena harga loss leader. Akibatnya, penjual tidak bisa meraih laba sebanyak yang mereka targetkan sebelumnya.

Itulah definisi lengkap mengenai harga loss leader beserta dengan strategi penerapannya. Strategi penetapan harga loss leader akan membuahkan hasil yang maksimal jika dieksekusi dengan cara yang benar dan tepat sasaran. Namun strategi penetapan harga loss leader juga mempunyai resiko yang mengancam penerimaan laba penjual.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang strategi penetapan harga loss leader (loss leader pricing), semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Premium Pricing? Definisi Premium Pricing
Cara Membuat Marketing Plan
Definisi Contribution Margin Pricing/Strategi Penetapan Harga Kontribusi Margin
Bagaimana Membuat Budget untuk Marketing?
Apa itu Penetration Pricing? Definisi Strategi Penetapan Harga Penetration
Apa itu Penentuan Harga dengan Price Skimming?
Strategi Penetapan Harga Pay What You Want (Value to Value Pricing)
Apa Itu Predatory Pricing? Strategi Penetapan Harga Predatory
Apa itu Devisa?
Bagaimana Modus Rekrutmen Perusahaan Palsu?


Bagikan Ke Teman Anda