Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Current Asset? Definisi Current Asset

Aset merupakan salah satu hal yang vital bagi perusahaan. Aset mencerminkan posisi dari modal, bahkan kekayaan dari suatu perusahaan. Aset perusahaan tentu banyak macamnya, salah satunya current asset.

Current asset merupakan istilah bagi aset-aset yang dapat dicairkan menjadi uang tunai dalam jangka pendek, atau dalam jangka waktu satu tahun. Current asset merujuk pada aset-aset berupa kas, saham, surat berharga,pinjaman, investasi, bisnis kredit dan aset likuid lain yang bisa dicairkan dalam waktu yang singkat. Current asset juga biasa disebut dengan istilah current account.

Current asset merupakan aset yang bersifat jangka pendek yang mana dapat diubah menjadi uang tunai dalam jangka pendek. Patokan jangka pendek yang dimaksud adalah dalam jangka waktu satu tahun. Aset yang termasuk dalam jangka panjang seperti tanah, fasilitas, peralatan, hak cipta, dan lain-lain tidak termasuk dalam current asset.

Curret asset dinilai  penting bagi perusahaan karena dapat digunakan untuk mendanai operasi bisnis sehari-hari dan untuk membayar biaya operasi yang sedang berlangsung. Karena current assset merupakan semua aset yang dapat diubah ke dalam rupiah dalam waktu singkat, istilah current asset juga merujuk pada aset likuid perusahaan.

Komponen Current Asset

Perhitungan current asset merupakan penjumlahan dari komponen-komponen yang termasuk dalam current asset itu sendiri. Perhitungan current asset didasarkan pada rumus:

Current asset = C + CE + I + AR + MS + PE + OLA

dimana:

C = uang tunai

CE = setara kas

I = inventaris

AR = piutang dagang

MS = surat berharga

PE = biaya dibayar di muka

OLA = aset likuid lainnya

Atas dasar rumus di atas, maka dapat diketahui bahwa komponen current asset ada sebanyak 7, yaitu uang tunai, setara kas, inventaris, piutang dagang, surat berharga, biaya diabayar di muka, dan aset likuid lainnya. Berikut penjelasan dari beberapa komponen:

1. Uang Tunai

Uang tunai merupakan komponen current asset yan terdaftar pertama kali pada neraca. Uang tunai juga merupakan komponen yang digunakan untuk mendanai pembayaran-pembayaran kecil seperti pembayaran persediaan makan di perusahaan. Selain itu, uang tunai juga merupakan komponen yang digunakan untuk mengganti uang karyawan yang sebelumnya digunakan untuk membeli kebutuhan kantor yang berskala kecil. Yang termasuk dalam aset uang tunai adalah uang yang bermata uang domestik maupun asing, rekening giro, dan uang tunai lainnya.

2. Inventaris

Investaris yang dimaksud adalah lebih kepada barang persediaan yang belum terjual. Inventaris meliputi barang mentah, barang setengah jadi, maupun barang jadi. Inventaris dimasukkan dalam current asset karena barang dagangan bisnis umumnya sering dijual dalam periode waktu setahun. Komponen satu ini perlu diperhatikan secara lebih serta pengolahan yang ekstra pula. Hal ini disebabkan karena jika inventaris terlalu banyak, maka inventaris akan menjadi usang dan kadaluarsa, sehingga tidak lagi ada nilainya. Namun jika inventaris juga terlalu sedikit, maka penjualan akan tidak bisa sebanyak yang direncanakan perusahaan sebelumnya.

3. Piutang Dagang

Piutang dagang yang dimaksud adalah berupa utang dari perusahaan kepada pelanggan. Hal ini bisa berupa pembelian dari produk yang belum dibayar lunas oleh seorang pelanggan. Syarat agar suatu piutang termasuk dalam curret asset adalah bahwa pelunasan utang tersebut akan dilakukan dalam jangka waktu satu tahun. Jika lewat dari masa tersebut, maka piutang tersebut tidak dimasukkan ke dalam current asset.

4. Biaya Dibayar di Muka

Pembayaran yang dilakukan di muka adalah pembayaran yang dilakukan perusahaan kepada pihak tertentu yang mana barang atau jasa yang sudah dibayar tersebut akan diterima oleh perusahaan di waktu yang akan datang. Komponen ini walaupun tidak dapat diubah menjadi uang tunai, namun komponen ini pada hakikatnya telah membebaskan modal perusahaan untuk keperluan lain. Biaya jenis ini dapat mecakup biaya asuransi, dan biaya kontraktor.

Contoh Perhitungan

Laporan  Aktiva Lancar Walmart Inc. (WMT) pada tahun 2018 adalah total uang tunai sebesar  6,76 miliar US$, total piutang dagang sebesar  5,61 miliar US$, inventaris sebesar  43,78 miliar US$ , dan current asset lainnya  3,51 miliar US$. Maka, berapa total curret asset yang dimiliki Walmart pada tahun 2018?

Jawab:

Curret asset = uang tunai + setara kas + inventaris + piutang dagang + surat berharga + biaya dibayar di muka + aset likuid lainnya

Current asset =  6,76 miliar + 0 + 43,78 miliar + 5,61 miliar + 0 + 0 + 3,51 miliar

Current asset = 59,66 miliar

Jadi, current asset yang dimiliki Walmart pada tahum 2018 adalah sebesar 59,66 miliar.

Current asset memiliki berbagai macam kegunaan bagi perusahaan, khususnya untuk mendanai kebutuhan-kebutuhan kecil perusahaan dan operasi sehari-hari dari bisnis. Misalnya, tagihan air bulanan perusahaan, tagihan listrik bulanan perusahaan, dan tagihan-tagihan lainnya.

Sebagaimana ada istilah current asset, ada pula satu istilah yang cukup lekat dengan current asset. Istilah itu adalah non-current asset. Seperti halnya namanya, non-current asset merupakan lawan dari current asset. Jika current asset merupakan aset yang dalam jangka pendek dapat diubah menjadi uang, non-current asset adalah aset jangka panjang tang tidak dapat diubah ke dalam uang dalam periode jangka pendek. Contohnya adalah merk dagang, real estate, tanah, hak cipta, hak paten, hingga peralatan kantor. Peralatan kantor yang dimaksud mencakup mesin faks, mesin foto kopi, hingga printer. Non-current asset juga memiliki nama lain yaitu fixed asset.

Itulah penjelasan lengkap mengenai definisi current asset. Pemahaman megenai desinisi current asset sangat dibutuhkan apalagi untuk seseorang yang akan terjun di dunia perusahaan. Dengan memahami seluk beluk mengenai current asset, secara tidak langsung seseorang akan sudah punya sedikit bekal dalam mengelola finansial perusahaan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu current asset, definisi current asset, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Definisi Cash Flow
Apa itu Rasio Profit Margin?
Apa itu Leasing? Definisi Leasing
Apa itu Price Discrimination (Diskriminasi Harga)
7 Aplikasi Akuntansi Android Sederhana untuk Bisnis Pemula
Apa itu Grace Period? Definisi Grace Period
Apa itu Pro Forma? Definisi Pro Forma
Apa itu Debt to Equity Ratio?
Prinsip Dasar Akuntansi
10 Alasan Mengapa Usaha Kecil Butuh Akuntan


Bagikan Ke Teman Anda