Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Definisi Credit Baloon/Kredit Baloon/Kredit Balon/Ballon Payment

Pernahkah Anda mendengar istilah kredit balon atau ballon payment? Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli kendaraan, baik itu motor, mobil, atau mungkin juga membeli rumah dan lainnya secara kredit, maka tak ada salahnya bila Anda mengenal apa itu kredit baloon.

Kredit balon merupakan salah satu metobe kredit yang memiliki sistem berbeda bila dibandingkan dengan sistem kredit biasa. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkap soal apa itu definisi kredit balon atau ballon payment beserta kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu Kredit Balon (Ballon Payment)?

Baloon payment atau kredit balon merupakan metode kredit dimana konsumen membayar cicilan ringan diawal, kemudian pelunasan dilakukan saat jatuh tempo. Kredit baloon biasanya ditujukan kepada konsumen yang tidak mampu membayar cicilan kredit biasa. Karena besarnya cicilian di tahun-tahun pertama dapat disesuaikan dengan pendapatan konsumen.

Cicilan dibuat seringan mungkin sehingga konsumen tidak terlalu terbebani. Namun konsekuensinya konsumen harus melunasi seluruh sisa angsuran secara tunai setelah masa kontrak angsuran habis. Karena terus mengembang dari jumlah kecil menuju jumlah pembayaran yang lebih besar ini, sistem kredit ini diumpamakan seperti balon.

Jangka waktu kredit balon biasanya relatif singkat, dan hanya sebagian dari saldo pokok pinjaman saja yang bisa diasur selama periode angsuran. Sedangnya sebagian besar lainnya dibayarkan pada akhir jangka waktu angsuran. Umumnya saldo jatuh tempo yang harus dibayarkan di akhir masa angsuran adalah 50% dari total kredit, dengan demikian cicilan awal bisa jauh lebih ringan daripada menggunakan sistem cicilan pada kredit biasa.

Hal ini merupakan solusi bagi kalangan menengah ke bawah yang ingin mengajukan kredit. Namun pembayaran akhir yang cukup besar juga menjadi dilema. Akibatnya seringkali pelaku kredit menjual properti kredit mereka untuk melunasi sisa pembayaran.

Kredit balon ini memiliki banyak jenisnya. Misalnya kredit balon yang dikemas dalam hipotek dua langkah, dimana pelaku kredit membayar angsuran sesuai dengan tingkat bunga yang ditetapkan selama beberapa tahun, kemudian dilakukan pengaturan ulang kredit.

Pembayaran sisa angsuran bisa dilalihkan ke kredit baru atau bisa juga kredit berkelanjutan yang disesuaikan dengan harga pasar saat pengajuan kredit. Namun dalam melakukan hal ini, pihak pemberi kredit tentu akan melihat beberapa faktor seperti apakan pembayaran angsuran yang dilakukan pelaku kredit tepat waktu, atau penghasilan pelaku kredit tetap konsisten atau tidak. Jika kredit tidak diatur ulang, maka kredit balon akan jatuh tempo.

Kelebihan Kredit Balon (Ballon Payment)

Kredit baloon memiliki beberapa kelebihan tersendiri bila dibandingkan dengan metode kredit lainnya. Keuntungan menggunakan metode kredit balon antara lain:

  1. Angsuran yang ringan diawal

Biasanya pada 3-4 tahun pertama – tergantung kebijakan pemberi kredit – besaran angsuran ini bisa disesuaikan dengan pendapatan dan kebutuhan Anda. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan angsuran yang sangat ringan, sehingga Anda dapat menjaga agar keuangan Anda tetap stabil.

Selain itu, cicilan yang ringan akan memungkinkan Anda menggunakan pendapatan untuk kebutuhan atau cicilan lain, atau juga untuk menabung. Setidaknya dengan cicilan kecil, Anda bisa mendapatkan barang yang menunjang produktivitas Anda.

  1. Tidak rugi besar ketika overkredit

Angsuran diawal yang ringan akan sangat menguntungkan ketika Anda hendak melakukan overkredit. Pasalnya berbeda dengan sistem kredit biasa, sistem kredit balon membuat Anda tidak mengeluarkan biaya yang terlalu besar selama kendaraan atau properti kredit tersebut menjadi milik Anda. Bahkan bisa jadi Anda mendapatkan keuntungan ketika harus melakukan overkredit dengan berbagai alasan.

Kekurangan Kredit Balon (Ballon Payment)

Selain kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, baloon payment juga memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan metode kredit balon:

  1. Pembayaran angsuran yang besar diakhir

Credit baloon memang memungkinkan Anda mendapatkan angsuran yang relatif sangat ringan diawal, namun konsekuensinya Anda harus melunasi sisa angsuran saat masa angsuran telah berakhir.

Biasanya biaya pelunasan tersebut mencapai 50% dari total kredit yang Anda ajukan, dan harus dibayarkan secara tunai. Hal ini sering menjadi kendala bila seseorang mengambil kredit balon. Akibatnya banyak pelaku kredit baloon yang tidak sanggup membayar pelunasan akhir angsuran.

  1. Waktu yang dihabiskan bisa jauh lebih lama daripada sistem angsuran biasa

Kredit baloon seringkali dilakukan dalam hipotek dua langkah, dimana sebelum jatuh tempo atau sebelum angsuran terakhir bisa dilakukan pengaturan  ulang kredit. Hal ini membuat sistem kredit balon cenderung memakan waktu yang jauh lebih lama daripada cicilan biasa. Di sisi lain, nilai jual properti seperti kendaraan, semakin lama akan semakin turun. Dengan demikian bisa menimbulkan kerugian.

Simulasi Kredit Balon (Ballon Payment)

Misalkan Anda melakukan kredit rumah dengan sistem kredit balon. Dimisalkan harga rumah tersebut adalah 100%, maka Anda diharuskan membayar DP atau uang muka cicilan rumah sebesar 25%, kemudian 25% diangsur selama beberapa tahun sesuai kebijakan pemberi kredit.

Terakhir, sisanya yaitu sebesar 50% dibayar sekaligus diakhir angsuran. Bisa Anda bayangkan betapa ringannya angsuran yang harus Anda bayarkan tiap bulannya. Namun Anda juga harus bersiap-siap untuk pembayaran akhir angsuran yang sangat besar.

Kesimpulannya

Kredit balon memungkinkan Anda mendapatkan angsuran kredit yang sangat ringan diawal, namun konsekuensinya Anda harus melakukan pelunasan sisa angsuran yang cukup besar diakhir masa angsuran. Karena itu jika Anda memang terlanjur mengambil sistem kredit balon, bayarlah tepat waktu. Setidaknya dengan demikian Anda akan terhindar dari masalah keuangan yang semakin rumit.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang definisi credit baloon/kredit baloon/kredit balon/ballon payment, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Dupont Analysis? Definisi Dupont Analyisis
Tempat Kredit Emas di Bank Syariah & Pegadaian
Apa itu World Bank? Definisi Bank Dunia
Apa itu Sharpe Ratio? Definisi Sharpe Ratio
Apa itu CCC? Definisi Cash Conversion Cycle
Apa Itu Corporate Credit Card? Definisi Corporate Credit Card
Apa itu Likuidasi? Definisi Likuidasi
Apa itu Anak Perusahaan? Definisi Anak Perusahaan
Definisi Polis Asuransi
Apa itu Cash Advance? Definisi Cash Advance


Bagikan Ke Teman Anda