Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu The FED? Definisi The FED

Siapa yang tak kenal dengan The Fed? Federal Reserve System yang dikenal dengan akronim The Fed memang telah dikenal secara luas, bahkan dalam lingkup internasional. Tak hanya mempengaruhi negara pendirinya saja, tetapi kebijakan The Fed mampu mempengaruhi perekonomian dunia. Demikian kuat dan perkasa. Bagaimana bisa? Apa sebenarnya The Fed itu?

Definisi The Fed

The Fed adalah bank sentral Amerika Serikat (AS) yang terdiri dari tiga entitas utama yaitu Dewan Gubernur, 12 bank sentral regional yang disebut dengan Federal Reserve Banks, dan Komite Pasar Terbuka Federal. Ada satu hal menarik tentang The Fed ini. Meski merupakan bank sentral AS, namun The Fed bukanlah lembaga milik pemerintah. Salah satu entitas utama The Fed, yakni 12 Bank Federal Reserve dimiliki oleh bank swasta.

Berawal dari keresahan dan kepanikan atas krisis keuangan yang terjadi di Amerika sejak tahun 1907, mendorong sekelompok enam orang menggelar pertemuan dan diskusi rahasia di Jeckyll Island Club pada tahun 1910. Pertemuan tersebut membahas tentang rencana untuk mereformasi sistem perbankan negara. Maklum saja, krisis keuangan yang terjadi memberikan dampak buruk bagi aktivitas ekonomi di masa itu. Tak sia-sia, rencana yang dibahas akhirnya menjadi dasar bagi Sistem Cadangan Federal.

Tiga tahun sejak pertemuan rahasia yang digelar sekelompok enam orang tersebut, tepatnya pada 23 Desember 1913, lahirlah Sistem Federal Reserve yang peraturan perundang-undangannya ditandatangani oleh Presiden Woodrow Wilson. Sistem Federal Reserve hadir ke tengah publik AS dengan mengemban tugas utama yaitu mengatur suku bunga dan ketersediaan kredit perbankan, menetapkan kebijakan moneter negara, mengawasi dan mengatur lembaga keuangan, serta menyediakan layanan keuangan untuk lembaga penyimpanan pemerintah AS dan juga lembaga resmi asing.

Struktur entitas utama The Fed

Sebagai bank sentral yang menjaga gerbang ekonomi AS, The Fed memiliki tugas yang sangat kompleks. Namun hal tersebut bukan suatu masalah, sebab The Fed memiliki tiga entitas utama yang menopangnya. Berikut struktur dari entitas utama The Fed.

  • Dewan Gubernur

Dewan Gubernur merupakan entitas atau kunci utama yang menduduki posisi paling atas dalam struktur The Fed. Entitas ini adalah bentuk lembaga pemerintah pusat yang sifatnya independen. Dalam pengelolaannya, Presiden AS berwenang menunjuk tujuh anggota Dewan, termasuk untuk posisi ketua dan wakilnya, yang kemudian dikonfirmasi oleh Senat AS.

Masa jabatan anggota Dewan Gubernur cukup panjang, yakni selama 14 tahun. Namun, jika masa jabatan telah berakhir, maka tidak bisa ditunjuk kembali. Sementara untuk ketua dan wakil ketua Dewan Gubernur, masa jabatannya tergolong pendek yaitu 4 tahun, tetapi bisa diangkat kembali untuk menduduki posisi yang sama apabila masa jabatannya telah berakhir. Adapun tugas utama dari Dewan Gubernur adalah mengawasi Sistem Federal Reserve.

  • 12 Bank Federal Reserve

Posisi kedua dalam struktur The Fed adalah 12 Bank Federal Reserve, yang merupakan bank-bank Cadangan Federal yang beroperasi secara independen, tetapi berada di bawah pengawasan Dewan Gubernur. Entitas ini diberi nama sesuai dengan lokasi kantor pusatnya, yaitu Atlanta, Boston, Chicago, Cleveland, Dallas, Kota Kansas, New York, Philadelphia, Minneapolis, Ricmond, San Francisco, dan St, Louis.

Dalam pengelolaannya, masing-masing dari 12 Bank Federal Reserve didirikan secara terpisah dan memiliki dewan direksi yang terdiri dari sembilan anggota. Bank-bank ini bertugas melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi, yang meliputi:

    • Mengawasi dan memeriksa bank-bank anggota.
    • Meminjamkan ke lembaga penyimpanan guna memastikan likuiditas dalam sistem keuangan.
    • Memberikan layanan keuangan utama dan berfungsi sebagai bank untuk Departemen Keuangan AS.
    • Meneliti lembaga keuangan tertentu guna memastikan dan menegakkan kepatuhan dengan perlindungan konsumen dan hukum pinjaman yang adil.

Setiap pimpinan bank dituntut untuk mampu memberikan kontribusi positif pada diskusi kebijakan moneter dengan bertugas di Komite Pasar Terbuka Federal.

  • Komite Pasar Terbuka Federal

Komite Pasar Terbuka Federal merupakan entitas utama dari The Fed yang menduduki struktur paling bawah. Tugas utamanya adalah membuat kebijakan dan keputusan penting tentang suku bunga dan kebijakan moneter lainnya. Keanggotaan dalam entitas ini gabungan dari dua entitas sebelumnya, yakni tujuh anggota Dewan Gubernur dan lima presiden bank cadangan, yang masing-masing berpartisipasi dalam diskusi pembuatan kebijakan moneter.

Sistem yang membuat The Fed perkasa

Meski entitas utamanya terdiri dari bank-bank milik swasta, namun The Fed memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian negara, tak hanya AS tetapi juga negara-negara lain di seluruh dunia. Lembaga ini demikian perkasa sehingga layanan dan keputusannya mampu mempengaruhi kehidupan masyarakat internasional.

Apa yang membuat The Fed seolah memiliki kekuatan luar biasa yang menjadikannya demikian perkasa di mata dunia? Setidaknya ada tiga faktor yang menjadi inti dari keperkasaan The Fed.

  • Mampu menguasai Amerika Serikat

The Fed sebagai kumpulan kartel perbankan swasta mampu menjelma menjadi bank sentral AS yang merupakan negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Sebagai bank sentral, tentunya The Fed menjadi lembaga penting pemegang otoritas tertinggi dalam penentu kebijakan di bidang keuangan negara tersebut. Penguasaan The Fed atas AS secara ekonomi tentu melegitimasi kekuatan lembaga tersebut. Meski sempat mengalami resesi ekonomi, namun hingga saat ini AS masih tercatat sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa AS merupakan negara dengan ekonomi paling kuat di dunia.

  • Dolar AS menjadi mata uang global

Dolar yang merupakan mata uang AS turut membangun kekuatan dan keperkasaan The Fed. Mata uang ini digunakan sebagai mata uang global yang diterima di seluruh dunia. Bahkan, transaksi perdagangan internasional dilakukan dengan menggunakan dolar AS. Sebab itu, hampir semua negara menjadikan dolar AS sebagai cadangan devisa. Hal ini menunjukkan bahwa dolar AS memiliki peranan penting dalam perekonomian dunia, yang kekuatannya melebihi mata uang dari negara lainnya.

  • Kebijakan dan keputusan The Fed mampu mempengaruhi pasar

Sebagai bank sentral AS, The Fed menjadi panutan bagi bank-bank sentral di negara lain. Sebab itu, kebijakan dan keputusan The Fed menjadi patokan bank-bank sentral negara lain dalam membuat kebijakan moneter. Inilah alasan kebijakan dan keputusan The Fed mampu mempengaruhi pasar, tak hanya domestik tetapi juga internasional.

Sebagai contoh, kebijakan The Fed menaikkan suku bunga di AS. Kebijakan tersebut secara otomatis akan mengundang banyak investor dari berbagai belahan dunia untuk menyimpan dananya di AS. Meski tampak sederhana, namun kebijakan ini mampu memberikan imbas yang luas bagi perekonomian dunia, terutama dalam kaitannya dengan transaksi perdagangan internasional. Kondisi ini semakin menunjukkan kekuatan The Fed yang mampu mempengaruhi pasar dunia.

Kekuatan yang menjadikan The Fed perkasa juga tak lepas dari sistem yang dijalankannya. Sebagai bank sentral yang berwenang menentukan kebijakan moneter, The Fed menjalankan sistem sebagai berikut.

  • Sistem keuangan berbasis utang
  • Memonopoli penciptaan uang berbasis utang
  • Otoritas penciptaan uang dan utang ada di tangan swasta, bukan pemerintah

Otoritas penuh The Fed dalam menentukan kebijakan dan membuat keputusan di bidang moneter mulai dari suku bunga, pencetakan uang, pemberian utang, hingga mengendalikan jumlah mata uang beredar menguatkan bahwa lembaga ini memiliki kekuatan luar biasa dalam mengendalikan perekonomian AS.

Artikel Terkait

demikianlah artikel tentang apa itu The Fed dan definisi The Fed, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Opportunity Cost? Definisi Opportunity Cost
Apa itu Remunerasi? Definisi Remunerasi
Apa itu Valas? Definisi Valuta Asing
Apa itu Grace Period? Definisi Grace Period
Apa itu CCC? Definisi Cash Conversion Cycle
Definisi Return On Assets (ROA)
Apa itu Likuidasi? Definisi Likuidasi
Definisi Bank Wakaf Mikro
Apa Itu Down Payment? Definisi Down Payment?
Apa itu Working Capital? Definisi Working Capital


Bagikan Ke Teman Anda