Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Cash Advance? Definisi Cash Advance

Cash Advance adalah salah satu cara mendapatkan uang tunai yang sedang cukup populer di masyarakat saat ini. Sebenarnya cash advance adalah salah satu fitur dari kartu kredit, jadi penggunaannya mewajibkan anda harus membayar kembali uang tunai yang anda tarik. Walau sama-sama menggunakan kartu, perlu diperhatikan bahwa penarikan uang tunai menggunakan kartu debit adalah penarikan uang tunai dari tabungan anda.

Namun dengan menggunakan kartu kredit, cash advance menggunakan uang tunai hasil penarikan dari kartu kredit yang sebenarnya bukan uang milik anda. Jadi anda harus melakukan pembayaran layaknya pembelian menggunakan kartu kredit. Bedanya yang anda beli dari fitur cash advance adalah uang tunai, bukan barang ataupun jasa.

Terlihat sangat memudahkan kebutuhan uang tunai anda bukan? Apalagi untuk anda yang memang sedang sangat membutuhkan uang tunai dan bingung bagaimana cara mendapatkannya. Namun layanan cash advance ini tidak murah. Ada banyak biaya yang harus anda tanggung dan juga bunga dari pembayaran baliknya ke perusahaan pengeluar kartu kredit di mana anda menarik cash advance menggunakan kartu itu.

Agar anda tidak salah menggunakan layanan cash advance dan malah terlilit pengeluaran yang lebih besar, sebaiknya anda mempelajari lebih dahulu apa itu cash advance dan ketentuannya. Jadi silahkan simak penjelasan mengenai cash advance tersebut pada bagian berikut ini.

Apa Itu Cash Advance?

Seperti penjelasan singkat yang sudah diberikan di atas, anda bisa mengetahui bahwa sebenarnya cash advance adalah pinjaman uang tunai jangka pendek yang ditawarkan oleh kartu kredit. Jadi jika kartu kredit anda adalah terbitan bank, maka anda sebenarnya sama saja menerima pinjaman dari bank tersebut.

Berapa besar uang tunai yang bisa didapatkan dari cash advance adalah bergantung pada besar limit kartu kredit anda. Bahkan tidak bisa sebesar maksimal limit anda.

Beberapa bank hanya memungkinkan mengambil uang tunai dari kartu kredit sebesar 30%. Jadi anda memang tidak bisa mengambil terlalu banyak uang tunai dari fitur ini. Perlu diperhatikan juga bahwa cash advance memiliki bunga yang lebih tinggi dari pinjaman biasa melalui bank.

Banyak juga biaya yang dibebankan pada penarikan uang tunai ini. Jadi walaupun memang prosesnya mudah dan cepat, anda harus mempertimbangkan baik-baik jika ingin melakukan penarikan uang tunai dengan cash advance.

Ketentuan Biaya yang Dibebankan dari Cash Advance

Agar anda tidak terjerat pada pinjaman cash advance dan tidak bisa melunasinya, anda sebaiknya mempelajari mengenai ketentuan layanan ini. Ada 3 biaya yang akan dibebankan pada anda ketika menarik uang tunai dengan cash advance. Biaya-biaya tersebut antara lain adalah:

  • Biaya Layanan

Saat menarik uang tunai dengan cash advance anda akan dikenakan biaya layanan. Biaya layanan ini dinamakan juga sebagai cash advance fees. Besar biayanya ditentukan oleh penerbit kartu kredit dan biasanya biaya tetap, misal Rp50.000 atau Rp150.000. Ada juga penerbit kartu kredit yang memberikan beban biaya layanan sebesar sekian persen dari besar uang yang ditarik. Besar persen bisa mulai dari 3% hingga 5% dari jumlah uang yang ditarik dan biasanya tidak lebih dari Rp150.000.

  • Biaya Transaksi Penarikan

Cash advance adalah penarikan uang seperti pinjaman dari kartu kredit. Anda bisa menarik uang ini dari ATM, jika kartu kredit anda menggunakan PIN. Namun jika tidak menggunakan PIN, anda bisa menarik uang tunai melalui bank. Saat melakukan penarikan uang tunai ini, anda akan dikenakan biaya transaksi. Biaya transaksi penarikan ini ditetapkan oleh kartu dan bank yang digunakan. Jadi pelajari ketentuan bank dan kartu kredit yang anda gunakan untuk mengetahuinya.

  • Biaya Bunga

Terakhir, cash advance saat anda tarik sejumlah uang tunai akan membebankan bunga pada anda saat pembayaran. Biasanya besar bunga dari penarikan cash advance kartu kredit ini lebih besar dari bunga pembelian barang dengan kartu kredit. Itulah sebabnya anda harus berhati-hati melakukan penarikan uang tunai dengan cash advance, karena ada sangat banyak biaya yang dibebankan untuk anda saat pembayarannya nanti.

Kelebihan dan Kekurangan Cash Advance

Sebagai bahan pertimbangan untuk anda, cobalah pelajari apa kelebihan dan kekurangan dari cash advance ini. Jadi perhatikan kapan sebaiknya anda menggunakan penarikan uang tunai dari cash advance dan kapan anda tidak boleh menggunakannya. Berikut penjelasannya untuk membantu anda.

  • Kelebihan Cash Advance

Penjelasan di atas sudah menggambarkan bahwa cash advance memungkinkan anda menarik uang tunai dengan cepat dan mudah, layaknya uang di kartu debit. Jadi uang tunai ini sangat bermanfaat di kondisi emergency, saat anda memerlukan uang tunai dan tidak ada layanan untuk pembayaran menggunakan kartu.

Biasanya besar uang yang harus anda tarik tidak terlalu banyak. Jadi anda bisa membayarnya dalam jangka waktu singkat juga. Jadi kondisi darurat bisa anda lewati dengan mudah. Misalnya gunakan cash advance, saat anda akan membeli atau membayar sesuatu yang tidak menyediakan pilihan pembayaran dengan kartu.

  • Kekurangan Cash Advance

Cash advance dengan biaya yang sangat besar ini sangat memberatkan untuk anda. Pembayarannya pun membutuhkan waktu singkat, jadi anda harus mengetahui apakah anda mampu membayar sejumlah uang tunai itu dengan tambahan biayanya.

Jadi jangan pernah mengambil uang tunai dari kartu kredit untuk menutup tagihan kartu kredit juga. Hal ini hanya akan membuat bunga semakin besar dan anda tidak bisa menanggulanginya lagi.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai cash advance dan ketentuannya. Kini anda sudah mengetahui apa itu cash advance dan bisa menggunakannya dengan lebih bijaksana. Jadi hanya gunakan cash advance dengan tujuan yang tepat, jangan sampai anda malah menggunakannya sembarangan dan menyebabkan hutang anda malah semakin bertambah dan tidak terkendali. Bijaksanalah dalam mengatur keuangan anda dan memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu cash advance dan definisi cash advance, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kartu Kredit Tanpa Bunga? Ya Kartu Kredit Bank Syariah
Kartu Kredit: Balance Transfer, Apa Itu?
Cara Isi Google Wallet Tanpa Kartu Kredit
Apa yang Dimaksud Double Swipe Kartu Kredit Kasir?
Apa itu Anak Perusahaan? Definisi Anak Perusahaan
Hal-hal Apa yang Ditanyakan Analis Kartu Kredit Bank?
9 Kesalahan Umum dalam Mengambil Kredit
Modus-modus Penipuan Kartu Kredit
Apa itu Unicorn? Definisi Perusahaan Unicorn
Kartu Kredit UOB


Bagikan Ke Teman Anda