Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Unicorn? Definisi Perusahaan Unicorn

Istilah “unicorn” sangat akrab di telinga masyarakat akhir-akhir ini. Sejak disebut pada Debat Calon Presiden beberapa bulan lalu, kini masyarakat awam mulai mencari tahu apa itu unicorn. Sebelumnya, kata unicorn mungkin hanya akrab di kalangan pelaku bisnis startup saja.

Sebenarnya apa sih unicorn itu?

Unicorn adalah sebutan yang ditujukan pada perusahaan startup yang valuasinya mencapai USD 1 miliar (sekitar Rp 140 triliun). Istilah ini pertama kali diucapkan oleh Aileen Lee, serang kapitalis ventura asal Amerika Serikat. Menyusul istilah unicorn, ada decacorn dan hectocorn. Decacorn adalah perusahaan startup yang nilai valuasinya mencapai USD 10 miliar sementara hectocorn adalah istilah untuk perusahaan startup yang nilai valuasinya mencapai USD 100 miliar.

Ketika istilah unicorn pertama kali diucapkan, jumlahnya di seluruh dunia masih mencapai 39 perusahaan saja. Per bulan Maret 2018, jumlah unicorn di dunia sejumlah 279 perusahaan.

Inilah beberapa perusahaan unicorn terbesar di dunia, berdasarkan daftar yang dimuat di Wikipedia.

  • WeBank

WeBank adalah perusahaan startup asal China yang didirikan pada bulan Desember 2014. Perusahaan ini adalah bank komersial swasta pertama di China yang berbasis digital. Fokus layanan WeBank adalah penggunaan aplikasi yang mengedepankan fitur pengenalan wajah.

WeBank juga menawarkan pinjaman dengan jumlah kecil dan produk-produk investasi yang semuanya dilakukan melalui platform online mereka. Total evaluasi WeBank mencapai CNY 1.2 miliar per 2018.

  • DoorDash

Perusahaan startup yang satu ini didirikan di California, Amerika Serikat pada Juni 2013 oleh Andy Fang, Stanley Tang, Tony Xu, dan Evan Moore. DoorDash adalah perusahaan pengiriman makanan, didirikan oleh keempat orang tersebut ketika mereka masih menjadi mahasiswa di Stanford University.

Pada tahun 2018, evaluasi DoorDash mencapai USD 1.4 miliar dan telah berkembang menjadi 56 pasar di lebih dari 600 kota di Amerika Utara.

  • Palantir Technologies

Palantir adalah perusahaan swasta asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang analisis wig data. Berdiri pada tahun 2003, nama Palantir transpirasi dari The Lord of The Rings, dimana Palantir adalah sebuah artifak kuno yang digunakan untuk berkomunikasi dengan dunia yang jauh.

Klien Palantir adalah sejumlah lembaga besar Amerika Serikat yang mempercayakan analisis data mereka kepada perusahaan ini.

Unicorn Indonesia

Tidak hanya Amerika Serikat, China, dan negara-negara maju lainnya. Industri digital di Indonesia juga mampu melahirkan banyak unicorn besar. Bahkan salah satu unicorn kebanggan Indonesia, Go-Jek belum lama ini telah menjadi decacorn karena nilai valuasinya telah mencapai USD 10 miliar.

Ini dia beberapa unicorn asal Indonesia.

  • Tokopedia

Tokopedia adalah perusahaan startup yang bergerak dalam bidang marketplace dan e-commerce. Pada 2017 Tokopedia berhasil menyandang status unicorn setelah valuasinya mencapai USD 1 miliar.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 6 Februari 2009, Tokopedia telah mendukung para pelaku UMKM di Indonesia untuk memasarkan produk secara daring. Pendiri Tokopedia adalah dua anak bangsa yaitu William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Per Desember 2018, total valuasi Tokopedia sejumlah USD 7 miliar.

  • Bukalapak

Satu lagi perusahaan e-commerce asal Indonesia yang berhasil menjadi salah satu unicorn di dunia. Bukalapak pertama kali diluncurkan pada Januari 2010. Pendirinya adalah Achmad Zaky, Fajrin Rasyid, dan Nugroho Herucahyono.

Pada tahun 2018, Bukalapak tercatat memiliki lebih dari 50 juta pengguna dan memproses setidaknya 500 ribu transaksi setiap hari. Kini Bukalapak memiliki lebih dari 5600 orang karyawan dengan valuasi sebesar USD 1.2 miliar per Februari 2018.

  • Traveloka

Traveloka adalah perusahaan yang bergerak di bidang pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online. Kini layanan Traveloka telah berkembang pesat, tidak hanya sebatas tiket pesawat dan hotel saja. Perusahaan ini didirikan oleh Ferry Unardi pada Februari 2012.

Kini Traveloka adalah salah satu startup asal Indonesia yang memperluas jangkauan hingga ke Asia Tenggara. Layanannya terdiri dari bahasa Indonesia, Inggris, Thailand, Melayu, dan Vietnam.

Tren Perusahaan Startup di Seluruh Dunia

  • On Demand Economy

Bidang usaha ini didasarkan pada konsep berbagai sumber daya personal. Tiga dari lima unicorn terbesar di dunia yaitu Uber, DiDi, dan Airbnb menggunakan konsep ini dan menjadi perusahaan yang paling bernilai di dunia. Hal ini didukung dengan kondisi ekonomi yang tidak stabil beberapa tahun terakhir, memaksa masyarakat dunia cenderung menghemat pengeluaran mereka.

  • E-commerce

Perusahaan berbasis e-commerce dan online marketplace secara perlahan menggusur dominasi toko-toko fisik di seluruh dunia. Terbukti di Amerika Serikat dengan semakin berkurangnya jumlah mall di negara tersebut. perusahaan e-commerce terbesar di dunia yaitu Amazon dan Alibaba juga merupakan unicorn sebelum menjadi perusahana publik.

Sejak hadirnya kedua perusahaan tersebut, kebutuhan akan toko fisik semakin menurun. Kehadiran e-commerce juga membuat waktu konsumen semakin efisien karena mereka bisa berbelanja tanpa harus pergi ke toko. Perusahaan besar seperti Walmart membeli perusahaan e-commerce Amerika Jet.com untuk mengikut tren konsumen ini.

  • Model Bisnis Inovatif

Mendukung model bisnis on-demand economy, perusahaan startup dan unicorn membuat kerja sama melalui interaksi dan berbagi informasi, yang disebut dengan network orchestrator. Mereka dapat menjual produk dan layanan melalui kolaborasi, serta menjalin relasi melalui bisnis mereka. Contoh network orchestrator di dunia adalah Uber dan Airbnb yang berbagi informasi melalui TripAdvisor.

Per tanggal 13 Maret 2018, jumlah perusahaan unicorn di seluruh dunia adalah 279 dengan total valuasi USD 1000 miliar jika digabungkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang definisi perusahaan unicorn, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Rasio Leverage? Definisi Leverage Ratio
9 Hal yang Harus Dimiliki Founder Startup Berbasis Teknologi
Gagal Buat Startup? Bikin Startup Baru Lagi Saja!
Definisi Bank Wakaf Mikro
Bagaimana Mengubah Ide Menjadi Startup?
Apa itu Bank Investasi? Definisi Bank Investasi
10 Perusahaan dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia
Apa itu Working Capital? Definisi Working Capital
Apa itu Likuidasi? Definisi Likuidasi
Apa itu Cash Value? Definisi Cash Value


Bagikan Ke Teman Anda