Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Pahlawan Ekonomi Digital?

Jika berbicara mengenai pahlawan ekonomi, maka akan merujuk pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi penyelamat pengangguran di Tanah Air serta menjadi pembangun di saat krisis ekonomi pada tahun 1997 hingga 1998 lalu.

Krisis ekonomi yang terjadi kala itu menyebabkan seluruh sektor ekonomi lumpuh, dan hanya UMKM yang bertahan. Namun, yang menjadi kendala UMKM saat itu adalah ketidak percayaan diri dan ketakutan untuk memulai usaha meski telah memiliki potensi. Disisi lain, UMKM memiliki peran besar terhadap kontribusi pembangunan ekonomi karena dapat membuka lapangan kerja.

Seiring berjalannya waktu, UMKM di Tanah Air mulai berkembang. Akan tetapi, ditengah perkembangannya hadir wabah Covid-19 yang membuat pelaku UMKM dihadapkan pada penurunan pendapatan atau menutup paksa usahanya. Di Indonesia, selama pandemi telah tercatat 88 persen UMKM kehabisan uang kas, dan lebih dari 60 persen UMKM telah mengurangi tenaga kerja yang dimilikinya.

Karena kondisi inilah, muncul gagasan “pahlawan ekonomi digital”.  Gagasan ini dibuat untuk mendukung UMKM dalam peningkatan penjualan dimasa pandemi melalui sistem digital. Sederhananya, pahlawan ekonomi digital merupakan UMKM yang telah go digital.

Sebelum membahas lebih lanjut, apa kalian sudah tahu makna dari ekonomi digital? Jika tidak, mari kita bahas.

Ekonomi digital mengarah pada berbagai bentuk kegiatan ekonomi yang menjadikan informasi dan pengetahuan digital sebagai acuan produksi. Digitalisasi ekonomi dianggap lebih efisien karena teknologi digital mampu mendorong inovasi serta peluang kerja dan pertumbuhan ekonomi. Ini menembus segala aspek masyarakat, mempengaruhi cara orang berinteraksi dan membawa perubahan sosiologis yang luas.

Ekonomi digital memiliki potensi untuk secara radikal mengubah lingkungan sosial dan kegiatan ekonomi Tanah Air. Transformasi digital tidak hanya tentang data besar dan platform digital, tapi juga tentang bagaimana teknologi canggih tersebut dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan peluang inovasi, model, dan proses bisnis baru, serta produk dan layanan cerdas. Selain itu, ekonomi digital juga memungkinkan bisnis regional untuk beralih dari lokal ke global, sesuai dengan tren jangka panjang menuju liberalisasi pasar serta mengurangi hambatan perdagangan.

Namun, terlepas dari segala peluang yang ditawarkan oleh ekonomi digital, negara ini belum sepenuhnya menyadari potensi pemanfaatan teknologi digital untuk pembangunan ekonomi. Hal ini disebabkan oleh infrastruktur TIK yang buruk, pengembangan keterampilan yang tidak memadai, serta hambatan sosial yang menghambat masyarakat untuk terlibat dalam ekonomi digital.

Untuk mengatasi hal ini, Jagoan Hosting berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengadakan program “Pahlawan Digital” yang menjembatani anak muda dan UMKM untuk go digital dan melakukan re-packaging serta re-branding produk UMKM lokal agar mampu bersaing di pasar Internasional. Nantinya, program ini akan menumbuhkan entrepreneur berkualitas dengan pemanfaatan teknologi digital yang akan mengubah Indonesia menjadi negara maju.

Melalui program ini, para pahlawan digital akan dipertemukan dengan produk UMKM agar mereka dapat memilih produk UMKM apa yang dapat mereka kembangkan. Mereka juga akan mendapat mentoring melalui digital learning (pembelajaran digital) yang nantinya akan membantu para pahlawan digital dalam mempersiapkan penjualan produk menggunakan packaging yang menarik sesuai dengan konsep bisnis yang scalable. Setelah itu, para pahlawan digital akan mendapat akses langsung ke market sehingga publikasi bisnis menjadi semakin luas.

Pahlawan digital dihadirkan untuk mencari para inovator yang dapat menyelesaikan permasalahan yang dialami UMKM. Hingga saat ini, baru tercatat 10-11 juta UMKM yang terhubung dengan sistem digital. Masih ada banyak UMKM yang belum terjamah digital dan perlu dibantu untuk go digital.

Keberhasilan dalam ekonomi digital bergantung pada pahlawan digital yang selalu ingin tahu, dan tidak takut untuk mencoba sesuatu atau membuat kesalahan. Transformasi digital merupakan proses berkelanjutan, sehingga membutuhkan rasa ingin tahu yang konstan, komitmen, dan pengukuran efeknya. Tentu saja, di setiap usaha/bisnis yang telah beroperasi selama beberapa waktu memerlukan proses, sistem, serta metode yang tampaknya mustahil untuk diubah secara sekilas. Akan tetapi, pahlawan digital harus menghadapi tantangan ini secara langsung, mengambil tindakan, dan melakukan sebanyak yang bisa dilakukan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu pahlawan ekonomi digital, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Ekonomi
Apa itu Ekonomi Tradisional?
Apakah TV Digital Pilihan Yang Tepat? – Kelebihan TV Digital Dibanding TV Analog
Bahaya Deflasi dan Akibat Deflasi Bagi Ekonomi
Apa Itu Ekonomi Kreatif?
Apa itu Ekonomi Perang?
Penyebab Banyak UMKM Bangkrut Saat Pandemi
Dampak Resesi Ekonomi
Barang-barang Berharga yang Bisa Dibarter Ketika Krisis Ekonomi
Faktor Apa yang Menyebabkan UMKM Gagal?


Bagikan Ke Teman Anda