Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Berjualan Adalah Cara Terbaik Menghasilkan Uang

Ada banyak usaha di dunia ini untuk bisa menghasilkan uang. Tapi banyak orang percaya bahwa berjualan adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang. Berjualan juga merupakan cara tercepat menghasilkan uang. Karena itu, banyak orang yang akhirnya mencoba terjun ke usaha berjualan. Sayangnya tidak semua orang bisa sukses berjualan. Butuh kemampuan khusus yang terkadang merupakan bakat alami.

Cara berjualan adalah hal penting jika ingin mendapatkan uang dan usaha jadi sukses. Berjualan membutuhkan komunikasi yang baik. Hal ini memang tidak dimiliki semua orang dan tidak mudah juga. Jadi beruntunglah mereka yang punya kemampuan baik dalam berjualan, sebab bisa menghasilkan uang dengan cukup mudah. Mengapa?

  1. Bisnis Tidak Akan Jalan Tanpa Penjual

Apa pun jenis bisnisnya, baik yang menjual barang maupun jasa, pasti butuh dijual. Tanpa penjualan, maka tidak akan ada pemasukan. Tanpa pemasukan, mustahil bisnis tetap bisa berjalan dan bertahan lama. Karena itu pemasaran sangat penting dalam setiap bisnis. Dimulai dari menjual ide kepada investor, hingga akhirnya menjual barang atau jasa kepada calon pembeli.

Keberadaan salesman atau penjual dalam sebuah bisnis menjadi sangat penting. Merekalah yang nantinya bertemu dan berkomunikasi langsung dengan calon pembeli sampai pembeli yang loyal. Penjual yang tahu apa yang dibutuhkan konsumen, apa keluhan mereka, apa produk yang mereka inginkan, dan lain-lain.

Penjual memegang peran penting dalam setiap bisnis. Karena itu, saat merekrut penjual pun harus dipilih dengan seksama. Karena tak semua orang punya kemampuan berjualan.

  1. Tidak Ada Batasan dalam Menjual Produk atau Jasa

Kenapa berjualan merupakan cara yang baik untuk menghasilkan uang? Karena berjualan bisa dilakukan tanpa batasan. Apalagi kalau barang atau jasa yang ditawarkan merupakan sesuatu yang sangat diperlukan banyak orang. Justru semakin banyak disediakan, semakin baik karena bisa memenuhi kebutuhan pasar.

Tergantung dari pemilik usaha apakah bisa memenuhi permintaan pasar yang banyak atau tidak. Kalau perusahaan bisa memenuhi barang dan jasa dalam jumlah yang banyak, maka jumlah pemasukan otomatis jadi meningkat. Penjual bisa terus meningkatkan penjualan selama produk atau jasa yang ditawarkan  tersedia dan ada permintaan.

  1. Cara Berjualan yang Tepat Itu Sulit Dikuasai

Cara berjualan yang tepat akan menghasilkan kenaikan di tingkat pemasukan perusahaan. Tapi kenapa ada bisnis yang sukses dan ada yang gagal? Sebenarnya ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah cara berjualan yang tidak tepat. Tidak semua orang bisa berjualan dengan baik. Karena itu, meski menjual produk yang sama persis, tapi belum tentu semua orang bisa jadi penjual yang sukses.

Jika ingin sukses berjualan, seseorang harus bisa berkomunikasi dengan baik. Kemampuan mengajak calon pembeli berbicara, mendengarkan apa yang mereka cari, mendengarkan keluhan mereka, dan memberi solusi lalu mengajak dan meyakinkan untuk membeli. Semua hal tersebut tidak mudah dilakukan siapa saja. Sebagian penjual beruntung memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sejak dini. Saat berjualan, mereka tinggal mengasah kemampuan berkomunikasinya.

  1. Kebanyakan Penjual Adalah Pengusaha yang Baik

Penjual yang baik bisa punya kemampuan berkomunikasi yang baik. Kebanyakan penjual yang baik juga merupakan pengusaha yang dapat diandalkan. Komunikasi bisa membuat mereka menarik investor dan banyak calon pembeli. Dengan komunikasi yang baik, mereka juga punya kemampuan mendengarkan tanggapan hingga keluhan dari sisi pembeli, investor, sampai pegawai.

Inilah yang membuat kebanyakan penjual juga merupakan pengusaha yang baik. Meski tidak semua penjual pasti punya usaha sendiri. Tapi mereka punya potensi untuk menjalankan usaha sendiri.

  1. Kamu Bisa Dapat Komisi Dalam Jumlah Banyak Sebagai Penjual

Bekerja di bidang sales atau penjualan, biasanya ada tambahan penghasilan di luar gaji tetap. Ini adalah komisi yang didapat saat penjual berhasil melakukan penjualan. Semakin banyak penjualan yang berhasil didapatkan, maka semakin besar juga komisinya. Tak heran kalau penjual yang sukses terlihat penghasilannya lebih banyak dibanding pegawai lainnya dalam perusahaan.

Karena inilah, maka penjual berusaha menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Karena jumlah komisi yang mereka dapat bisa cukup besar. Tentu saja ini tergantung dari produk atau jasa apa yang dijual. Yang jelas, menjual semakin banyak artinya penghasilan semakin besar.

  1. Tahu Apa yang Diinginkan Konsumen

Setelah menjual produk, apakah berarti tanggung jawab sudah selesai? Ya bisa saja selesai kalau penjual tidak mengharapkan pembelian yang berkelanjutan. Tapi tentu saja hampir semua penjual ingin punya pembeli yang setia dan akan terus memakai produknya, kan? Karena itu, setelah proses jual beli selesai, sangat penting untuk mendengarkan tanggapan konsumen.

Yang perlu diingat adalah, tanggapan konsumen bisa jadi positif, tapi bisa juga negatif. Tanggapan yang positif bukan berarti penjual harus berpuas diri. Agar bisa berkembang, penjual dan produsen harus tetap membuat inovasi. Dengan begitu, jumlah pembeli bisa semakin bertambah. Produk dan merek yang dijual pun bisa lebih berkembang.

  1. Langsung Memberikan Solusi

Lalu bagaimana jika ada konsumen yang melayangkan keluhan? Hal ini pasti ada saja. Kritik memang cenderung jauh lebih sulit diterima daripada pujian atau saran. Tetapi tahukah kamu? Perusahaan yang bisa sukses dan bertahan lama di industri adalah mereka yang mendengarkan konsumen. Mereka mengakui kesalahan dan memperbaiki produknya.

Keluhan konsumen tidak selalu berarti buruk. Ini justru bisa dijadikan langkah untuk berkembang ke depannya. Pelayanan yang sering kali jadi alasan sebuah merek atau bisnis bisa sukses dan tahan lama. Ketika ada kritik, maka yang pertama kali memberikan solusi adalah penjual. Jadi merekalah yang paling memahami dimana letak kekurangan sebuah produk.

Melihat berbagai alasan di atas rasanya sangat pantas bila berjualan adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang. Sebab penjual menjadi ujung tombak bagaimana sebuah produk direspon konsumen.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang berjualan adalah cara terbaik menghasilkan uang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Berinvestasi Dengan Dana Yang Terbatas
Skill Bisnis Yang Dapat Dipelajari dari Pendidikan di Kemiliteran
Cara Membuat Bisnis Plan
Cara Menyiapkan Anak Menjadi Seorang Insinyur/Engineer
Bagaimana Cara Memulai Sebuah Bisnis Les Privat?
Keterampilan yang Harus Dimiliki Analis Bisnis
Apa Itu Branding?
Apa itu Badan Usaha?
10 Hal yang Jarang Dibicarakan Dalam Menjalankan Bisnis
Saran-saran dalam Berbisnis


Bagikan Ke Teman Anda