Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

8 Hal Ini Bisa Membuat Bisnis Kamu Terlihat Lebih Menonjol

Dalam dunia bisnis, apa pun jenis industri baik dalam skala besar atau pun kecil, pasti akan ada persaingan. Siapa yang ada di peringkat puncak selalu jadi yang utama. Karena alasan inilah terkadang sebuah bisnis hanya mengikuti tren yang sedang berlangsung, hanya mengikuti kemauan pasar. Akibatnya banyak bisnis yang terkesan serupa, tanpa punya identitas sendiri.

Tapi bukan berarti tidak mungkin. Sebuah bisnis tetap bisa punya identitasnya sendiri dan lebih menonjol dibandingkan kompetitornya. Harus ada faktor pembeda yang efektif untuk bisa menonjol. Inilah salah satu faktor paling sulit yang dihadapi usaha kecil saat mereka harus berkompetisi dengan perusahaan besar. Padahal untuk bisa memenangkan persaingan, bisnis harus menonjol dibanding yang lainya.

Beruntungnya, beberapa cara berikut ini bisa sangat membantu.

  1. Sediakan Customer Service yang Luar Biasa

Konsumen adalah faktor penting dalam sebuah bisnis. Perlakukan konsumen kita layaknya raja, meskipun bisnis kita bukan penyedia jasa. Customer service yang baik tidak hanya berlaku di bisnis yang menyediakan jasa. Semua konsumen punya ekspektasi mereka akan mendapat servis yang baik saat mereka membeli sesuatu.

Salah satu caranya adalah selalu responsif. Balas pesan dari konsumen, jawab pertanyaan mereka, berikan solusi yang efektif jika ada masalah. Bahkan hanya dengan menyapa dengan sopan, konsumen akan merasa dihargai daripada pertanyaannya tidak dibalas sama sekali. Banyak perusahaan besar yang menjaga layanan yang baik dan sukses mempertahankan pelanggan lama sekaligus mendapatkan pelanggan baru.

  1. Akui Kesalahan dan Beri Solusi

Dalam menjalankan bisnis, mungkin saja kita membuat kesalahan. Bila ada 1 konsumen yang punya pengalaman buruk saat menggunakan produk kita, biasanya mereka akan mengajukan komplain. Jangan sampai membiarkan pesan ini. Satu konsumen yang kecewa dan menyebarkan pengalaman buruknya bisa berakibat buruk pada bisnis kita.

Tanggapi keluhan konsumen dengan sopan. Bila terjadi kesalahan dari pihak perusahaan, jangan ragu untuk meminta maaf. Lebih baik mengakui kesalahan dan tawarkan solusi yang paling baik. Meski konsumen belum tentu menerima solusi tersebut, tapi usaha kita untuk memperbaiki keadaan akan dihargai.

  1. Jujurlah Akan Produk dan Layanan

Kejujuran memang baik diaplikasikan di mana saja, termasuk dalam menjalankan bisnis. Tentu kita harus selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam menjalankan bisnis. Tapi bisa saja suatu hari ada masalah yang tak terduga. Misalnya barang tidak bisa dikirim tepat waktu. Hubungi konsumen dan tanyakan apakah mereka mau menunggu? Sangat penting untuk memberi tahu masalah yang sebenarnya pada konsumen.

Menutup-nutupi masalah dari konsumen bisa jadi membuat kita terlepas dari masalah. Tapi itu hanya sementara. Kalau masalah tak lekas terselesaikan, konsumen akan tahu juga kalau ada masalah lain. Jika sudah begini, bisa-bisa kita kehilangan kepercayaan dari konsumen. Ini mungkin tidak akan terlalu berarti bagi perusahaan besar. Tapi bagi usaha kecil, kehilangan 1 konsumen saja akan sangat terasa.

  1. Selalu Hadir dengan Hal Baru

Meski kita sudah mencapai kesuksesan, bukan berarti sudah bisa berpuas sendiri. Sebuah usaha yang sukses harus selalu berinovasi. Selalu terbuka dengan teknologi dan berbagai hal baru akan membantu kita untuk tetap punya ide baru. Tetap punya pola pikir yang terbuka juga akan memberi ide akan solusi dari berbagai masalah yang kita hadapi dalam bisnis.

Misalnya saja pemanfaatan media sosial atau aplikasi lainnya untuk keperluan promosi. Meskipun kita bukan tipe orang yang suka menggunakan media sosial, tapi bedakan kehidupan personal dan bisnis. Tak bisa dipungkiri, saat ini bisnis bisa punya peluang lebih besar bila dipromosikan di media sosial.

  1. Memberi Hadiah untuk Pelanggan Setia

Jika kita sudah punya konsumen yang jadi pelanggan, bukan berarti pekerjaan selesai. Usahakan agar pelanggan kita bisa tetap setiap menggunakan produk atau jasa kita. Caranya dengan memberi sesuatu sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan.

Bentuknya bisa beragam. Misalnya produk gratis, kupon, voucher, dan lain-lain. Dengan memberikan hadiah seperti ini, pelanggan akan merasa istimewa dan dihargai. Pelanggan setia yang merasa puas bisa merekomendasikan bisnis kita pada orang lain. Selain mempertahankan pelanggan, ini sekaligus jadi bentuk promosi.

  1. Tampil Beda dari Kompetitor

Mengikuti tren memang penting. Seperti tren media sosial atau berjualan lewat aplikasi. Tapi jangan selalu melakukan hal yang sama dengan kompetitor. Jika ingin bisnis kita menonjol, tentu kita harus tampil berbeda dibandingkan kompetitor.

Menemukan sesuatu yang baru dan berbeda dari kompetitor memang bukan hal mudah. Karena itu kita perlu tahu perkembangan dan apa yang sedang dilakukan oleh kompetitor. Temukan cara yang tepat untuk bersaing dengan sehat.

  1. Tawarkan Garansi

Apakah kamu yakin bisa mengantar barang dalam 1 hari? Apakah kamu yakin akan kualitas produkmu 100%? Kalau yakin, tambahkan dan tawarkan garansi pada konsumen. Ini akan menambah pelayanan dan rasa percaya konsumen. Tapi pastikan kamu bisa memenuhi apa yang sudah dijanjikan sebelumnya.

  1. Jangan Lupa Memberi Sebagai Tanggung Jawab Sosial

Banyak pebisnis yang menganggap bahwa tanggung jawab utama perusahaan adalah memberi yang terbaik pada konsumen, pegawai, investor, dan pemilik. Ya, ini memang tidak salah. Tapi ada satu hal lagi yang harus diperhatikan. Yaitu sebuah bisnis harus bisa memberi sesuatu untuk lingkungan dan masyarakat sekitar.

Dengan selalu memberi kepada lingkungan dan masyarakat sekitar dan punya program yang berkelanjutan akan membawa dampak yang baik. Tak hanya untuk membantu orang lain, tapi juga untuk bisnis kita. Citra baik yang bisa dipertahankan secara tak langsung menjadi bentuk promosi yang baik.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 8 hal yang bisa membuat terlihat lebih menonjol, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Peluang Bisnis Hotel Lewat Virtual Hotel Operator (Airy Rooms, Zen Rooms, RedDoorz, dll)
Apa itu Perdagangan Opsi Biner?
Apa itu Tenor Pinjaman?
Apa Itu Kepuasan Pelanggan dan Bagaimana Cara Mengukurnya?
Memulai Usaha Digital Printing
Apa Tujuan Rencana Bisnis?
Apa Tujuan dan Manfaat Branding?
Apa itu Bancassurance? Definisi Bancassurance
10 Jenis Usaha Kecil yang Membuat Orang Jadi Kaya
Tip Usaha Warung Kopi


Bagikan Ke Teman Anda