Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Memulai Bisnis Online, Mudah Kalau Tahu Caranya

Pasti kamu sering melihat atau membaca tentang orang yang sukses besar karena menjalankan sebuah bisnis. Apalagi di jaman modern yang serba digital seperti sekarang, makin banyak orang yang berhasil karena menjalankan usaha sendiri, berupa bisnis online. Bisnisnya pun tidak harus dalam skala besar. Dari menjual kebutuhan sehari-sehari saja, tak sedikit yang bisa meraup untung besar.

Nyatanya, hampir semua bisnis yang dijalankan secara offline, bisa juga dijalankan secara online. Saat ini 95% bisnis dijalankan secara offline. Jadi bisa dikatakan ada peluang sebesar 95% untuk menjalankan bisnis secara online. Karena itu ada banyak jutawan internet yang bermunculan di sana-sini. Lalu bagaimana cara memulai bisnis online? Simak beberapa tipsnya di bawah ini, yuk.

  1. Siapkan Gadget dan Koneksi Internet

Satu hal yang pasti. Siapa saja bisa memulai bisnis secara online asalkan memiliki gadget dan koneksi internet yang lancar. Karena hanya ini yang dibutuhkan sebagai modal awal. Gadget yang dipakai harus canggih, siapa bilang? Kamu bisa mulai hanya dengan 1 smartphone saja. Jika bisnis sudah semakin besar, pasti kamu akan membutuhkan gadget terpisah untuk bisnis dan pemakaian pribadi.

Pastikan kamu selalu tersambung dengan koneksi internet yang lancar. Sehingga kamu bisa mencari peluang di dunia maya seluas-luasnya. Bisnis online bisa dilakukan di mana saja. Bahkan dari atas tempat tidur di kamarmu. Jadi, manfaatkan apa yang kamu punya sekarang. Gadget bukan hanya untuk main game dan streaming video saja, loh.

Salah satu yang perlu kamu pertimbangkan adalah soal spesifikasi gadget yang kamu punya, terutama jika kamu memutuskan untuk menggunakan beberapa aplikasi untuk bisnis online. Saat itu, kamu pasti butuh gadget dengan dukungan RAM dan memori dengan spesifikasi tertentu.

  1. Cari Peluang yang Cocok Denganmu

Kamu adalah produk atau kamu memiliki produk untuk dijual. Hal ini berlaku untuk pekerjaan apa pun di dunia. Sama halnya dengan bisnis online. Untuk memulai, kamu harus tahu mau memilih bidang apa. Browsing sebanyak-banyaknya di internet, bidang apa yang bisa kamu masuki. Apakah menjual jasa, menjual produk, membuat blog, vlog, atau jenis lainnya.

Sama dengan bisnis pada umumnya, sebaiknya pilih bidang yang kamus suka. Ini agar lebih memudahkan untuk bekerja dalam jangka panjang. Memilih bidang yang sama sekali baru juga boleh saja. Asalkan kamu mau untuk belajar dan mengerti bidang tersebut. Dengan begitu, bisnis yang akan kamu jalankan bisa bertahan lama. Bukan musiman saja.

  1. Temukan Apa yang Paling Dibutuhkan Orang

Untuk memulai bisnis online sebenarnya kamu tidak perlu memiliki ide baru. Kamu bisa mengikuti apa yang sudah ada sebelumnya. Apa yang sudah pasti dibutuhkan orang banyak. Karena barang yang selalu dibutuhkan orang banyak pasti akan laku terjual. Jadi tidak perlu terpaku pada sesuatu yang baru dan sangat inovatif.

Cari tahu kebutuhan apa yang saat ini banyak dibutuhkan. Misalnya kebutuhan sehari-hari yang jelas bukan musiman karena selalu dibutuhkan. Bisa juga mengambil peluang apa yang sedang tren saat ini. Misalnya kebutuhan kaum urban terhadap aplikasi berbayar yang kian digemari. Kamu bisa cari cara untuk menjual akses berlangganan untuk beberapa aplikasi yang lagi in. Dijamin laku!

  1. Gunakan Kreativitas

Kalau kamu termasuk orang yang kreatif, ini akan lebih mudah lagi. Kamu bisa menjual bakat yang kamu miliki. Tak semua orang punya keahlian yang bisa dijual. Karena itu, jika kamu termasuk salah satu yang unik, manfaatkan keahlianmu dan pasarkan dirimu secara online!

  1. Lakukan Riset

Jika sudah menentukan bidang apa yang akan kamu tekuni, pastikan untuk lakukan riset. Seperti apa pasar yang akan kamu masuki, siapa saja yang sudah ada di sana, seperti apa selera pasar. Jangan lupa cari tahu juga siapa kompetitor di bidang itu. Riset terhadap kompetitor sangat penting agar kamu bisa melakukan bisnis lebih baik dari mereka.

  1. Pilih Medianya

Ada banyak media yang bisa dipilih dari bisnis online. Yang pertama adalah blog, jika dilakukan dengan serius dan bisa bertahan lama, blog bisa menghasilkan. Lalu lintas blog yang baik, iklan, dan branding bisa sangat menghasilkan. Tentu saja dibutuhkan keseriusan dan komitmen untuk memiliki blog yang berkualitas.

Bukan hanya blog, kamu juga bisa membuat website dengan tujuan khusus. Misalnya khusus untuk review, kursus, konsultasi, online listing khusus untuk areamu, dropship, dan lain-lain. Ini memang membutuhkan pembelajaran lebih lanjut. Kalau merasa terlalu rumit, mulai saja dari toko online. Kamu bisa mulai berjualan produk secara langsung atau jadi drop shipper.

  1. Mulai dari Sekarang

Setelah browsing sana-sini dan riset kesana kemari, pasti kamu sedikit banyak akan menemukan ide apa yang akan kamu lakukan. Maka mulailah sekarang juga! jangan menunda waktu lagi. Kita sangat beruntung hidup di jaman serba digital karena diberi banyak kemudahan. Jadi manfaatkan kemudahan itu untuk mendapat penghasilan.

Jangan ragu untuk memulai. Tidak punya banyak modal? Pilih usaha yang minim modal di sebagai langkah awal. Siapa tahu ini bisa menjadi besar. Kalaupun gagal, jadikan ini sebagai pelajaran. Setidaknya kamu merasakan pernah berbisnis secara online. Ke depannya pasti bisa lebih mudah.

Ada banyak cara untuk memulai bisnis online. Sebagai langkah awal, tidak perlu terlalu mengkhawatirkan banyak hal. Coba saja. Siapa tahu hal yang kecil bisa jadi besar. Siapa tahu hal kecil bisa membawamu ke bisnis lain yang lebih besar. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara memulai bisnis online, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tips Memilih Nama yang Tepat untuk Bisnis Cafe Anda
Cara Menghasilkan Keuntungan Bisnis Di Masa Resesi
Cara Menghitung Profit di UKM yang Benar
Apa Itu Marketing?
10 Cara Menjadi Miliuner
Apa Itu EBIT dan Bagaimana Cara Menghitungnya?
Cara Anak Pemalas Menjadi Sukses
Cara Meningkatkan Produktivitas Ketika Bekerja Di Rumah
Perbedaan Umum Cara Berpikir Orang Kaya dan Orang Miskin
Cara Menjadi Orang Beruntung


Bagikan Ke Teman Anda