Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Hal yang Jarang Dibicarakan Dalam Menjalankan Bisnis

Memiliki bisnis, perusahaan, atau usaha sendiri sepertinya menjadi impian banyak orang. Pada akhirnya, siapa sih yang ingin menjadi karyawan atau pegawai selamanya? Pasti terdapat impian untuk menjadi pemilik sebuah perusahaan. Di sisi lain, memulai bisnis bahkan menjalankan perusahaan sebenarnya tidak semudah yang diimpikan.

Seperti juga nyaris semua hal di dunia, menjadi CEO, pemilik perusahaan, memiliki bisnis sendiri memiliki berbagai sisi. Baik itu sisi positif dan negatif. Memiliki usaha dan menjalankan perusahaan sendiri secara umum memang terdengar seperti sebuah impian. Bayangkan saja dengan uang yang akan dimiliki. Serta kebebasan sebagai pemilik perusahaan. Bukankah begitu?

Sedangkan pada sudut pandang lain, justru banyak hal mengenai bisnis dan menjalankan perusahaan yang tidak banyak diketahui orang. Hal-hal yang jarang dibicarakan mengenai bisnis ini mungkin akan sedikit memberikan sudut pandang lain mengenai impian sebagai seorang pengusaha.

10 Hal yang Jarang Dibicarakan Orang Mengenai Bisnis

Berikut ini, merupakan beberapa hal yang jarang sekali dibicarakan orang mengenai bisnis.

1. Tidak Akan Mudah Untuk Mendapatkan Klien atau Konsumen

Klien dan konsumen memiliki peran sangat krusial dalam bisnis. Apapun bidang perusahaan yang dijalankan, klien dan konsumen merupakan dua hal yang harus dimiliki bila ingin bertahan. Disisi lain, untuk mendapatkan klien dan konsumen bukan sama sekali hal mudah.

Ketika pertama kali memulai bisnis, tidak akan mudah untuk membuka pasar dan mendapatkan konsumen. Bahkan target pasar tidak akan menyadari munculnya perusahaan baru. Tantangan untuk mendapatkan konsumen dan klien bahkan tidak sekedar ketika baru memulai bisnis saja. Ketika perusahaan sudah berjalan pun, akan menjadi tantangan tersendiri untuk mempertahankan konsumen serta klien yang dimiliki.

2. Sales Merupakan Fokus Utama

Sales atau penjualan merupakan fokus utama dari perusahaan. Seperti juga pada poin pertama, tidak akan mudah mendapatkan konsumen atau klien. Padahal penjualan harus menjadi fokus utama dan terus dikejar. Di sinilah tantangan untuk menjalankan perusahaan dan bisnis.

Tidak akan ada perusahaan tanpa adanya penjualan. Bila ingin memulai sebuah bisnis, yang harus dipikirkan pertama merupakan bagaimana mendapatkan penjualan dari usaha tersebut. Bagaimana mendapatkan konsumen dan klien serta menarik perhatian mereka.

Jangan sampai sudah menjalankan ide bisnis dan mendirikan perusahaan dan baru menyadari bahwa tidak akan ada penjualan yang bisa didapatkan. Karena konsumen tidak tertarik dengan ide tersebut.

3. Cash Flow is King

Perputaran uang adalah segalanya dalam bisnis. Hal ini mungkin jarang dibicarakan, namun ketika menjalankan bisnis sendiri akan mengerti pentingnya mengatur perputaran uang.

Mulai dari mengatur sistem pembayaran untuk karyawan, supplier, dan juga dengan klien. Sampai juga bagaimana menyimpan uang sebaik-baiknya dan sebanyak-banyaknya ketika mendapatkan klien besar atau penjualan sedang meningkat.

Sistem pembayaran dengan klien juga tidak kalah penting untuk cash flow. Misalnya saja untuk bisnis yang bergerak di bidang jasa, mungkin sebaiknya meminta pembayaran di awal 50% lebih dulu. Begitu juga dengan mengatur sistem pembayaran untuk karyawan atau supplier. Buat sistem bulanan atau pembayaran mingguan untuk memudahkan cash flow nantinya.

4. Pertumbuhan Besar di Awal Bisa Menjadi Bahaya

Siapa yang tidak senang bila perusahaan tumbuh dengan cepat sejak pertama kali berjalan? Meski secara statistik, pertumbuhan yang terlalu cepat di awal justru berbahaya untuk perusahaan. Ini sudah ditunjukkan oleh 74% startup yang justru gagal karena pertumbuhan yang prematur.

Jadi, jangan khawatir ketika bisnis justru tumbuh dengan perlahan di awal.

5. Jangan Buat Niche yang Terlalu Luas

Banyak orang berpikir perusahaan dengan cakupan niche yang luas akan menguntungkan. Perusahaan tersebut dinilai memiliki ruang lingkup yang sangat luas untuk bisnis mereka.

Anggapan ini sebenarnya tidak tepat. Semakin luas cangkupan bisnis, maka semakin kompleks perusahaan harus bekerja. Sehingga biaya yang dikeluarkan juga lebih besar.

Keadaan ini berbeda bila perusahaan tersebut sudah memilih niche khusus, yang konsisten dan to-the-point. Sehingga layanan yang diberikan juga lebih menjurus ke satu bidang tertentu saja.

Mudahnya, jika kesulitan untuk menerangkan rangkaian bisnis perusahaan, maka niche yang digunakan masih terlalu luas.

6. Tidak Membuat Keputusan Berdasarkan Emosi

Menjalankan bisnis berarti menahan emosi. Bisnis merupakan lika-liku, turun naik yang kadang tidak terduga. Hal ini tidak bisa disangkal akan sangat berpengaruh pada emosi.

Meski begitu, satu hal yang sangat penting diingat dan dilakukan ialah jangan pernah membuat keputusan untuk bisnis berdasarkan dari emosi yang dirasakan saat itu. Emosi hanya sesaat, tapi keputusan itu akan berpengaruh selamanya di bisnis.

7. Jangan Bergantung Pada Satu Konsumen atau Klien

Bila pemasukan perusahaan 50% datang dari satu konsumen atau klien, ini akan sangat berbahaya. Apa yang akan terjadi bila klien dan konsumen tersebut berhenti menggunakan bisnis?

Mulai pertimbangkan cara lain bila hal ini terjadi di perusahaan.

8. Rekanan Bisnis Tidak Ubahnya Seperti Pernikahan

Untuk itu pastikan memilih rekan yang tepat untuk menjalankan bisnis. Partner bisnis yang tepat bisa membangun perusahaan menjadi sukses. Begitu juga sebaliknya.

9. Bisnis Akan Alami Turun Naik

Lika-liku dalam bisnis membutuhkan mental yang kuat. Tidak heran bila banyak orang berkata bahwa menjadi seorang wirausaha atau pebisnis memiliki tanggung jawab mental yang sangat besar. Terutama di saat-saat bisnis mengalami naik dan turun.

10. Merasa Kesepian

Menjalankan bisnis juga rawan merasa kesepian. Tidak banyak orang akan bisa memahami stress dan juga permasalahan yang dialami. Termasuk dalam hal finansial. Bahkan keluarga dan orang terdekat sekalipun akan sulit memahami ini.

Menjalankan bisnis memang tidak mudah. Banyak hal-hal di atas yang bahkan jarang sekali dibicarakan orang tentang bisnis. Nah, setelah mengetahui hal-hal di atas, masih ingin menjalankan bisnis dan perusahaan?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 hal yang jarang dibicarakan dalam menjalankan bisnis, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Bagi Hasil yang Tepat untuk Bisnis Anda
Cara Membuat Bisnis Plan
6 Alasan Bisnis Baru Banyak yang Gagal
Apa Itu Perilaku Konsumen?
5 Kesalahan yang Dapat “Membunuh” Bisnis
Untung Rugi dalam Bisnis Peer To Peer (P2P) Lending
Cara Memulai Bisnis Online, Mudah Kalau Tahu Caranya
Tips Bisnis dari Jack Ma
Apa Itu Consumer Loyalty?
Contoh-contoh Konsinyasi


Bagikan Ke Teman Anda