Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Jangan Sampai Ganggu Keuanganmu, Ini Dia Hal-Hal yang Paling Menghabiskan Uang

Sudah punya tabungan dan merasa sudah hidup hemat tapi uang di dompet tetap tidak bisa tebal? Mungkin tanpa kamu sadari ada beberapa kebiasaanmu yang menghabiskan uang. Kebiasaan ini mungkin tampak sepele dan tidak terlalu menguras isi rekening. Tapi sebenarnya justru membuatmu mengeluarkan dana yang tidak perlu.

Bukan berarti kita sama sekali tidak bisa menikmati hidup. Menghabiskan sejumlah uang untuk kesukaan kita tetap perlu selama sesuai dengan kemampuan. Tapi kalau kita bisa memangkas dana yang tidak diperlukan di bawah ini, maka kondisi keuangan kita bisa lebih baik lagi.

  • Rokok

Sebenarnya hampir semua orang tahu bahwa merokok itu tidak baik bagi kesehatan. Tapi karena sudah terbiasa, maka sulit untuk berhenti. Selain buruk bagi kesehatan, merokok juga buruk bagi kondisi keuangan kita. Apalagi bagi perokok berat yang setiap harinya merokok 1 bungkus rokok. Anggap saja sehari Rp 10 ribu, maka sebulan butuh sekitar Rp 300 ribu untuk rokok saja.

Belum lagi biaya kesehatan yang harus ditanggung karena akibat dari merokok. Masalah kesehatan paru-paru pasti mengintai. Biaya untuk dokter dan rumah sakit bukanlah biaya yang sedikit. Karena itu, dengan tidak merokok, sebenarnya kita sudah banyak menabung untuk masa depan.

  • Makan di Luar

Yang dimaksud makan di luar ini tidak termasuk makan siang di kantin sekolah, kampus, atau kantor. Makan siang di luar di saat-saat ini tentu wajar saja. Tetapi makan di restoran yang tarifnya cukup mahal tidak perlu dilakukan setiap hari. Sesekali saja menghadiahi diri tentu tidak ada salahnya. Makan malam enak setelah hari yang berat jadi kenikmatan tersendiri.

Di luar itu, usahakan untuk makan di rumah atau bawa bekal sesekali. Memasak sendiri selain lebih sehat dan terjamin kehigienisannya, juga cenderung lebih hemat.

  • Pakaian

Pakaian memang kebutuhan primer bagi siapa saja. Karena itu, membeli pakaian adalah keharusan. Selain untuk melindungi diri dari udara dingin maupun panas, pakaian juga membuat kita tetap tampil representatif di mana saja. Jadi menghemat konsumsi pakaian bukan berarti harus terus memakai pakaian yang sudah kusam atau tidak layak pakai.

Yang dimaksud di sini adalah membeli pakaian yang perlu saja dan berkualitas baik. Tidak perlu membeli pakaian yang tidak akan pernah kita pakai. Lebih baik membeli pakaian yang kualitasnya baik dengan model klasik. Meskipun harganya lebih mahal, tapi lebih tahan lama dan cocok dipakai kapan saja. Membeli pakaian sesuai tren tentu boleh saja, asal tidak berlebihan.

  • Tagihan Listrik

Setiap rumah tangga punya jumlah tagihan listrik yang berbeda-beda, tergantung pemakaiannya. Biasanya pengeluaran paling besar asalnya dari AC. Membiarkan AC menyala seharian bisa membuat tagihan listrik membengkak. Selain itu, berada di dalam ruangan ber-AC terus-menerus juga sebenarnya tidak baik bagi kesehatan.

Selain itu, kabel apa pun yang masih tersambung dengan stop kontak pasti mengalirkan listrik, meski hanya sedikit. Tapi alangkah baiknya kalau kita selalu mencabut kabel yang sudah tidak diperlukan lagi. Bisa berhemat sedikit demi sedikit sekaligus lebih menjaga Bumi dengan penggunaan listrik yang lebih sedikit.

  • Langganan Data Ponsel

Coba cek lagi paket data ponselmu setiap bulannya. Apakah sudah sesusai dengan kebutuhan atau selama ini kamu membayar terlalu banyak? Jika sehari-hari kamu lebih sering menggunakan layanan Wi-Fi, entah itu di tempat kerja, kampus, sekolah, dan lain-lain, maka kamu tidak memerlukan data internet yang banyak. Apalagi kalau di rumah juga sudah berlangganan Wi-Fi.

Kecuali jika setiap harinya kamu menggunakan data internet dengan maksimal, maka data yang banyak pasti diperlukan. Kamu juga bisa sekaligus memperhatikan kebutuhan Wi-Fi di rumah, apakah benar-benar perlu? Kalau semua anggota keluarga menggunakan internet dengan maksimal, langganan Wi=Fi tidak akan rugi. Tapi kalau hanya 1 orang saja, akan lebih hemat kalau langganan paket data.

  • Biaya Tambahan dari Bank

Banyak orang yang masih belum tahu kalau biaya tambahan untuk kegiatan perbankan itu bisa cukup besar. Apalagi kalau kamu termasuk yang sering menggunakan layanan tertentu setiap harinya. Coba luangkan beberapa menit saja untuk mempelajari hal ini. Dengan begitu, kamu bisa berhemat banyak.

Misalnya biaya untuk ATM bank lain di luar bank langgananmu. Karena lokasi yang dekat dari rumha, kamu sering menggunakan mesin ATM itu dibandingkan ATM bank langganan yang jauh. Padahal ada biaya tambahan dari sini. Begitu juga dengan transfer ke bank lain, pasti ada biaya tambahannya. Sebaiknya pelajari dengan seksama jika kamu termasuk yang sering menggunakan layanan tersebut.

  • Langganan Gym

Coba cek dompetmu sekarang, apakah kamu punya kartu member gym tapi sudah berbulan-bulan tidak digunakan? Bukan kamu saja, kok. Banyak orang lain yang juga punya pengalaman serupa. Ini bisa jadi karena alasan awal mendaftar di gym karena ikut-ikutan teman saja. Tapi sebenarnya tidak terlalu niat berolahraga.

Setiap bulannya, biaya langganan dipotong dari rekeningmu cukup besar. Daripada rugi membayar untuk sesuatu yang tidak pernah dilakukan, sebaiknya berhenti berlangganan. Atau, manfaatkan keanggotaanmu sekarang juga dan dapatkan hidup lebih sehat. Jadi uang tidak terbuang sia-sia.

  • Gadget

Godaan membeli gadget terbaru biasanya memang besar. Tapi coba perhatikan lagi, apakah kamu benar-benar perlu? Apakah kamu bisa membelinya tanpa mencicil? Kalau jawabannya tidak, maka sebaiknya tidak buru-buru membeli. Masih punya gadget lama yang masih bisa bekerja optimal? Buat apa beli yang baru.

Dunia ini memang banyak sekali hal-hal yang menyenangkan. Sampai-sampai apa yang terkadang tidak begitu penting terlihat menarik. Belajarlah untuk mengendalikan godaan demi keuangan yang lebih baik. Sesekali boleh membeli atau melakukan sesuatu, tapi jangan keterusan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang paling menghabiskan uang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Keuntungan Orang Hidup “Living Below Your Means”
Cara Alokasi Dana Darurat yang Bijak
Belajar Sistem Penganggaran Metode Amplop
Definisi Money Illusion atau Ilusi Uang
10 Tips Mengatur Uang Ala Orang Tiongha
Inilah 6 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina
Berjualan Adalah Cara Terbaik Menghasilkan Uang
Tip Meminjam Uang dari Saudara atau Teman
Skill Keuangan yang Harus Diajarkan Ke Anak
Mencari Penghasilan Sampingan? 9 Terobosan ini Patut Kamu Coba


Bagikan Ke Teman Anda