Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tanda-Tanda Kamu Sudah Jago Mengelola Keuangan dengan Baik

Saat masih kecil, kita ingin cepat tumbuh dewasa karena orang dewasa terlihat lebih bebas dalam melakukan segala hal. Bisa beli ini dan itu sesuka hati karena sudah punya penghasilan sendiri. Tapi kenyataannya menjadi dewasa juga berarti punya tanggung jawab lebih banyak, termasuk mengatur keuangan.

Punya kondisi keuangan yang baik dan aman harus dimulai dari muda. Dengan begitu, kita akan mendapatkan masa pensiun yang nyaman. Di antara kita, pasti ada yang sudah terbiasa mengatur keuangan pribadi dengan baik, tapi ada pula yang masih perlu banyak belajar. Kamu kira-kira ada di tahap yang mana? Untuk menjawabnya, mari kenali beberapa tanda kamu jado mengelola keuangan:

  • Punya Penghasilan yang Stabil

Untuk mendapatkan penghasilan yang stabil setiap bulannya, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Yang paling pasti adalah menjadi pegawai di perusahaan karena kamu akan mendapat gaji tetap. Tapi ada juga yang lebih suka melakukan bisnis sendiri. Meskipun penghasilannya cenderung fluktuatif, kalau usaha sudah stabil setidaknya ada pendapatan minimal yang akan kamu dapat.

Di luar pekerjaan tetap, kamu juga bisa mendapat pendapatan ekstra dari berbagai sumber. Misalnya dari berinvestasi pada bisnis tertentu dan aset yang kamu miliki. Bisa juga didapat dari pekerjaan sampingan yang dilakukan di waktu luang. Selama mampu dilakukan, menambah pundi-pundi ke rekening bisa membuat penghasilan lebih stabil.

  • Tahu Jumlah Pengeluaran

Setiap bulan memang ada saja pengeluaran tak terduga. Misalnya harus membayar biaya rumah sakit karena sakit atau kecelakaan, atau kebutuhan lainnya. Tapi setiap orang pasti punya pengeluaran yang jumlahnya kira-kira sudah tetap. Misalnya berapa utang yang harus dicicil setiap bulan, pajak, dan kebutuhan bulanan.

Mengetahui pengeluaran secara pasti sangat berguna untuk mengatur keuangan. Kita tahu betul ke mana gaji kita dihabiskan. Dengan begitu, kalau ada pengeluaran yang tidak perlu kita bisa segera mengetahuinya. Bulan depan, pengeluaran yang kurang perlu itu bisa dikurangi atau dipangkas sepenuhnya.

  • Bisa Bayar Utang dan Tagihan Tepat Waktu

Setiap bulan ada tagihan yang harus dibayar, seperti listrik, asuransi, kartu kredit, dan lain-lain. Kalau kita punya pinjaman untuk rumah, kendaraan, atau pinjaman lainnya, maka ada utang yang harus dicicil setiap bulannya. Perhatikan apakah setiap bulan kamu bisa membayar utang dan tagihan tepat waktu atau tidak.

Kalau bisa, maka kamu bisa mengatur keuanganmu dengan baik. Tapi kalau cenderung menunda-nunda dan menggunakan uang untuk hal lain terlebih dahulu, sebaiknya mulai ubah kebiasaanmu mulai bulan ini. Pastikan bayar utang tepat waktu, kalau bisa sebelum batas waktu agar tidak kena denda. Untuk tagihan, mendaftarlah pada hal-hal yang penting dan dibutuhkan saja.

  • Bisa Punya Tabungan

Orang yang tahu jumlah pengeluarannya setiap bulan, cenderung punya dana untuk ditabung. Dengan mengetahui rekam jejak pengeluaran, kita tahu pasti mana pengeluaran yang perlu dan tidak perlu. Dengan begitu, pengeluaran yang tidak perlu bisa dikurangi atau dipotong seluruhnya. Dana ini bisa masuk ke tabungan.

Kalau kamu sudah punya tabungan setiap bulannya, maka kamu sudah bisa mengatur keuangan dengan baik. Jumlah uang yang ditabung setiap bulan besar atau kecil tidak jadi masalah. Dengan menabung perlahan dan memperbaiki keuangan dengan baik setiap bulannya, siapa tahu jumlah uang yang ditabung bisa meningkat.

  • Tertarik Belajar Tentang Uang

Tidak semua sistem pendidikan di setiap negara mengajarkan cara mengatur keuangan dengan baik. Ini yang menyebabkan banyak orang tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mereka mendapat gaji pertama. Karena itu, pelajaran mengenai cara mengatur uang sangat penting, agar kita tidak kaget begitu punya penghasilan sendiri.

Kalau kamu mulai tertarik dengan uang dan mencari cara untuk belajar sendiri, ini adalah salah satu tanda kamu mulai bisa mengatur keuangan dengan baik. Entah itu belajar lewat buku, mencari sumber online, seminar, atau dari ahli keuangan, semuanya sama baiknya. Untuk bisa punya kondisi keuangan yang independen, kita hanya bisa mengandalkan diri sendiri.

  • Punya Asuransi

Apa pun jenis asuransinya, baik itu asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, rumah, kendaraan, dan lain-lain. Kalau kita sudah punya asuransi tandanya kita tahu betul pentingnya melindungi diri dan keluarga. Berbagai hal yang tak diinginkan bisa terjadi kapan saja. Entah itu kehilangan pekerjaan, kecelakaan, dan lain-lain yang bisa membuat kondisi keuangan berubah total.

Menyadari pentingnya asuransi berarti kita tahu betul cara untuk menyiapkan dana cadangan di saat tak terduga. Dengan begitu, kondisi keuangan bisa berjalan dengan lebih baik di saat tak terduga yang tidak diinginkan.

  • Tidak Punya Utang untuk Pengeluaran Tambahan

Punya pinjaman untuk beli rumah atau kendaraan sering kali tak bisa dihindari. Tempat tinggal adalah kebutuhan primer, jadi tidak masalah punya pinjaman rumah selama sesuai dengan kemampuan kita. Begitu juga dengan kendaraan. Tetapi untuk hal-hal lain yang tidak terlalu penting, sebaiknya tidak berhutang.

Kalau kamu tidak punya utang untuk liburan, nonton konser, tas baru, sepatu baru, dan lain-lain, maka kondisi keuanganmu terbilang sehat. Artinya, kamu tidak akan mengambil pinjaman untuk hal-hal yang kurang perlu. Lebih baik tidak membeli kalau memang belum mampu.

  • Punya Dana Darurat

Tabungan sudah ada, asuransi juga sudah dikantongi, artinya sudah benar-benar aman? Belum tentu. Sangat dianjurkan untuk punya dana darurat sebesar 3 sampai 6 bulan jumlah gaji kita. Dana ini bisa dipakai di saat darurat. Kalau kamu sudah punya dana khusus ini, artinya kamu sudah cukup siap bila menghadapi berbagai hal tak terduga.

Jadi, apakah kamu sudah bisa mengatur keuanganmu dengan baik? Memang butuh proses dari belajar sampai kamu benar-benar jago dalam mengelola keuangan pribadi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tanda-tanda jika sudah jago mengelola keuangan dengan baik, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



15 Cara Jadi Miliarder Sukses di Usia Muda
Ajarkanlah Tip Keuangan Ini pada Anak Anda!
Aturan Finansial Pribadi yang Tidak Boleh Dilanggar
Ini Pentingnya Personal Finance! Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi
Pengaturan Keuangan yang Perlu Diperhatikan Pada Usia 30
7 Kebiasaan ini Akan Membuatmu Jadi Milyuner
Mengapa Kamu Gagal Mengelola Uang?
Bagaimana Cara Menjadi Melek Finansial?
7 Hal yang Sering Pensiunan Sesali Ketika Tidak Lagi Bekerja
Tips Agar Keuangan Tetap Terkontrol Selama WFH


Bagikan Ke Teman Anda