Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Hardskill dan Softskill yang Mendukung Dalam Dunia Kerja

Ketika memasuki dunia kerja, hard skill dan soft skill sama-sama diperlukan. Artikel ini akan menjelaskan secara detail apa saja hard skill dan soft skill yang akan sangat mendukung dalam dunia kerja.

Hard skill

Hard skill bisa didefinisikan sebagai sebuah pengetahuan dan kemampuan spesifik yang dipelajari melalui pendidikan atau pelatihan. Setiap industri biasanya meminta hard skill khusus yang mendukung pekerjaan yang dilakukan nantinya. Sehingga seringnya hard skill hanya bisa digunakan dalam satu bidang saja.

Hard Skill yang Wajib Dimiliki di Dunia Kerja

Berikut ini adalah hard skill yang wajib dimiliki dalam dunia kerja:

  1. Teknologi komputer

Kemampuan untuk mengoperasikan komputer menjadi skill yang wajib dimiliki siapa saja yang memasuki dunia kerja. Ini adalah kemampuan untuk menggunakan software maupun hardware, mulai dari kemampuan dasar, umum, hingga kemampuan spesifik yang berkaitan dengan bidang tertentu.

Beberapa kemampuan yang harus dimiliki antara lain adalah Microsoft Office, Google Drive, Spreadsheet, Email, Media Sosial, Manajemen Database, Presentasi, dan masih banyak lagi.

  1. Analisis data

Ini adalah kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, menilai dan memaknai data, serta menyajikan data tersebut. Terlepas dari apapun bidang yang ditekuni, jika seseorang memiliki kemampuan analisis data yang baik, tentu ini menjadi nilai plus. Aplikasi yang mendukung analisis data antara lain seperti SPSS dan Microsoft Access.

  1. Marketing

Ketrampilan marketing atau pemasaran meliputi pengetahuan umum tentang pemasaran, pengiklanan, riset konsumen, juga pengetahuan tentang digital marketing yang sangat dibutuhkan dalam online marketing yang sedang marak saat ini.

Contoh ketrampilan marketing masa kini adalah social media marketing, paid, social media advertising, email marketing, data visualization, Google Analytics, dan masih banyak lagi.

  1. Presentasi

Presentasi sering dikaitkan dengan kemampuan untuk berbicara di depan umum, sehingga banyak dikategorikan dalam soft skill. Namun untuk mendukung presentasi yang baik, hard skill juga sangat diperlukan. Antara lain seperti komunikasi visual, riset, analisis data, pembuatan laporan, hingga desain grafis untuk membuat presentasi yang menarik. Artinya, hard skill dan soft skill sama-sama dibutuhkan dalam presentasi.

  1. Manajemen

Ketrampilan dalam manajemen juga merupakan kombinasi antara soft skill dengan hard skill. Untuk menjadi seorang manajer yang baik, hard skill yang diperlukan antara lain adalah pengetahuan dasar tentang bisnis, keuangan, pemilihan staf, perencanaan, negosiasi, logistik, penyusunan anggaran, dan masih banyak lagi.

  1. Menulis

Memiliki kemampuan untuk menulis dengan baik akan sangat menunjang apapun pekerjaan yang ditekuni. Dalam hal ini, kemampuan menulis dalam bidang dan bentuk apapun sangat dibutuhkan. Misalnya seperti menulis laporan, presentasi kepada klien, sales pitching, dan masih banyak lagi.

Contoh ketrampilan menulis yang harus dimiliki antara lain adalah penulisan kreatif, penulisan akademik, penulisan email dan surat resmi, penulisan laporan bisnis, SEO, jurnalisme, media sosial, copywriting, dan masih banyak lagi.

  1. Bahasa

Kemampuan menguasai bahasa asing menjadi suatu keharusan yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Kini kemampuan berbahasa Inggris saja tidak cukup. Sebaiknya Anda juga mengasah kemampuan bahasa lain seperti Perancis, Spanyol, Cina, atau bahasa lainnya.

  1. Desain

Segala ketrampilan yang terkait dengan desain sedang sangat dibutuhkan saat ini. Mulai dari desain grafis, illustrator, visualisasi data, UI/UX, typography, acrobat, dan lain sebagainya.

Softskill

Berbeda dengan hard skill yang sifatnya baku dan didapatkan melalui pendidikan formal, soft skill adalah cermin hubungan seseorang dengan orang lain, pendekatan dalam hidup, hingga nilai-nilai yang dianut oleh orang tersebut.

10 Hard skill yang Wajib Dimiliki di Dunia Kerja

Berikut serangkaian soft skill yang harus dimiliki:

  1. Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi secara verbal maupun tulisan dengan sesama rekan kerja dan klien dianggap sebagai salah satu skill yang sangat dikagumi oleh para pencari kerja.

  1. Teamwork

Seseorang harus memiliki kemampuan untuk bekerja sendiri dan bekerja sama dengan tim yang sama baiknya. Ini meliputi mampu menjalankan dan mendistribusikan tugas dengan baik untuk meraih kesuksesan secara tim.

  1. Fleksibilitas

Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan tren bisnis dan teknologi yang semakin berkembang adalah hal yang sangat penting. Terutama dalam pasar persaingan modern yang sangat ketat, fleksibilitas dapat mendukung pertumbuhan organisasi.

  1. Akuntabilitas

Pencari kerja menginginkan seseorang yang bisa mempertanggungjawabkan semua tugas mereka, mampu membangun kepercayaan antar sesama kolega dan atasan mereka.

  1. Leadership

Skill leadership penting dimiliki semua orang, sekalipun mereka tidak mengampu posisi sebagai pimpinan. Ini adalah kualitas yang banyak dicari di dunia kerja karena tugas-tugas harian yang dilakukan memerlukan kemandirian yang tinggi. Ini artinya, skill leadership dapat digunakan untuk memimpin diri sendiri.

  1. Pemikiran analitis

Ini meliputi kemampuan beradaptasi dengan perubahan keadaan, menghadapi tantangan, mengembangkan strategi baru untuk menangkis semua halangan yang ada. Dengan ketrampilan untuk menganalisis setiap kondisi secara rinci, seseorang bisa berkontribusi terhadap perkembangan organisasi, tim, dan diri sendiri sebagai individu.

  1. Ketegasan

Merasa percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki serta memiliki ketegasan dan pendirian untuk mengutarakan pendapat jika diperlukan merupakan cara untuk menunjukkan pertanggungjawaban seseorang terhadap pekerjaan yang mereka lakukan.

  1. Kreativitas

Ketrampilan lain yang sangat dicari di dunia kerja adalah “thinking outside the box” atau berpikir kreatif. Menawarkan sudut pandang yang unik dan melihat suatu hal dari segala sisi sangat penting untuk menghasilkan ide baru yang bisa mendorong suatu bisnis untuk maju.

  1. Manajemen waktu

Ini adalah kemampuan mengelola waktu yang dimiliki secara strategis dan menyeimbangkan banyaknya tugas-tugas untuk diselesaikan secara efektif demi mencapai tujuan bersama.

  1. Keinginan untuk sukses

Terakhir yang tidak kalah penting adalah memiliki keinginan yang besar untuk sukses. Ini bisa ditunjukkan dengan besarnya kemampuan untuk mau belajar hal-hal baru.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hardskill dan softskill yang mendukung dalam dunia kerja, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Soft Skills yang Harus Dimiliki Kaum Millennial
Softskill yang Penting Dimiliki agar Sukses
9 Soft Skill yang Harus Dimiliki Agar Sukses
Pengusaha vs Karyawan, Mana Yang Lebih Menjanjikan Masa Depan?
Contoh Depresiasi dan Rumus Perhitungannya
Contoh Nyata Penawaran Inelastis Sempurna
Contoh Surat Undangan Setengah Resmi
Contoh Laporan Keuangan untuk Semua Usaha, Kafe, Restoran dan Lainnya
Contoh Tugas Bank Umum yang Perlu Diketahui
Contoh Keunggulan Koperasi yang Tidak Dimiliki Badan Usaha Lainnya


Bagikan Ke Teman Anda