Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mendapatkan Uang Lewat Airbnb

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari properti atau rumah yang Anda miliki, maka cara mendapatkan uang lewat airbnb wajib Anda pelajari.

Apa itu Airbnb?

Airbnb adalah sebuah situs yang memungkinkan seseorang untuk menyewakan rumah mereka sendiri selayaknya hotel. Airbnb memiliki jaringan sebanyak 190 di berbagai negara, bahkan, melalui Airbnb Anda pun bisa menyewa kastil Irlandia abad ke- 15 hingga kereta tertutup.

Tertarik untuk mempelajarinya? Silahkan disimak cara mendapatkan uang lewat Airbnb berikut ini.

Langkah Pendaftaran Airbnb

Proses pendaftaran di Airbnb tidaklah rumit dan dapat dilakukan dengan cepat, properti yang ingin Anda daftarkan untuk disewa pun bebas tergantung dari keinginan Anda. Berikut langkah-langkah yang harus Anda tempuh untuk menjadi anggota Airbnb.

1. Daftarkan Properti Anda

Untuk menjadi bagian dari Airbnb, Anda tidak perlu memiliki rumah yang utuh, karena Anda bisa saja hanya menyewakan beberapa kamar tidur kosong yang Anda miliki.

Tentu ini sebuah keuntungan bagi Anda yang enggan meninggalkan rumah begitu saja di tangan orang Asing -atau jika Anda tidak memiliki alternatif tempat tinggal lain. Anda pun tetap bisa tinggal di rumah Anda sendiri.

Para wisatawan yang menginap di rumah Anda biasanya mencari fasilitas seperti dapur, wifi, serta akses yang mudah ke lokasi wisata, atau kendaraan umum. Maka saat mendaftar di Airbnb, pastikan Anda mencantumkan seluruh fasilitas yang Anda miliki, semakin rinci daftar tersebut, maka semakin baik.

Untuk memudahkan Anda dalam membuat daftarnya, pikirkan saja tentang apa yang Anda cari di penginapan yang Anda sewa.

2. Sertakan Foto

Anda dapat mengunggah setidaknya 24 foto ruangan atau properti yang hendak disewakan. Jika Anda merasa kurang ahli dalam bidang fotografi, tidak masalah, karena ada layanan untuk memanggil fotografer profesional untuk memotret properti milik Anda.

Yang perlu diketahui adalah, layanan fotografer ini gratis tanpa dipungut biaya.

3. Tetapkan Harga Sewanya

Buatlah daftar harga sewa properti Anda, silahkan mengikuti pakem yang sudah ada di wilayah Anda, atau dengan melihat harga sewa di sebuah hotel. Tentu saja Anda dapat mengira-ngira sendiri harga sewa yang pantas untuk properti Anda.

Anda pun dapat menetapkan harga dasar sewa per- malam, harga sewa mingguan, bahkan harga bulanan yang mengcakup masa inap selama 28 hari.

4. Susun Penjadwalan

Untuk menyusun penjadwalan, Anda dapat menggunakan fasilitas kalender yang ada di Airbnb. Di sanalah Anda menetapkan kapan dan berapa lama properti milik Anda boleh disewa. Kami menyarankan untuk tidak menyewakan properti lebih dari 3 minggu, sebab hal tersebut akan memudahkan proses administrasi serta pembayaran dan lagi menjamin perawatan properti Anda.

5. Pilih Tamu yang Anda Kehendaki

Karena properti atau rumah yang Anda miliki sangatlah berharga, maka Anda pun dapat menentukan siapa saja yang boleh menyewa. Berikut langkah-langlahnya.

  • Set kriteria tamu

Jika Anda memiliki banyak sudut tajam atau pusaka keluarga yang perlu dijaga, maka tidak disarankan untuk menyewakan rumah pada keluarga yang memiliki anak kecil

  • Periksa profil tamu

Setelah Anda menetapkan kriteria tamu, langkah selanjtnya adalah dengan melihat profil tamu pada ulasan dari pemilik rumah lain yang pernah ditinggali.

Sebagai keaman esktra, Anda dapat mewajibkan para tamu untuk melakukan verifikasi identitas pada Airbnb, hal ini berlaku pula untuk pemilik rumah.

  • Pastikan adanya koneksi media sosial
  • Para tamu akan memilih untuk menggunakan fitur koneksi media sosial seperti facebook, google+, serta Likendln. Fitur koneksi sosial ini tentu akan melegakan Anda seandainya ada pelanggaran yang dilakukan oleh penyewa terhadap properti Anda. Anda dapat melacak mereka dengan mudah melalui fitur jejaring sosial yang mereka miliki.

6. Langkah Pemesanan

Anda telah memiliki beberapa tamu yang tertarik menyewa properti, maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Permintaan pemesanan

Setelah tamu memilih properti Anda, maka Anda akan menerima pesan permintaan yang berlaku selama 24 jam kedepan sebelum Anda memutuskan untuk menerima atau menolak reservasi.

  • Fitur buku instan

Selain meminta tamu untuk mengirim permintaan pesanan, Anda bisa juga menggunakan fitur buku instan. Dengan menggunakan fitur ini, maka secara otomatis Anda tidak akan memiliki persetujuan pribadi untuk menentukan tamu yang hendak menyewa.

Namun tidak perlu khawatir, karena hanya tamu dengan foto profil yang dapat menggunakan fitur buku instan ini.

  • Cara berkomunikasi

Anda dan tamu dapat berkomunikasi melaui fitur komunikasi yang sudah disediakan oleh Airbnb. Di sinilah Anda dapat memperoleh berbagai informasi mengenai tamu, dan para tamu pun dapat mengakses segala informasi tentang properti yang disewakan.

7. Mempersiapkan tamu

Tempat yang bersih dan nyaman adalah hal utama yang dicari oleh beberapa wisatawan. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menyewa jasa kebersihan sebelum atau setelah tamu pergi.

Tamu yang dilayani dengan baik dan diberikan fasilitas ekstra seperti teh atau snack tentu akan memberi feedback yang baik pada ulasan properti Anda. Tentu ini akan menolong untuk mendapatkan tamu-tamu lainnya.

Demikian pula dengan penyambutan ketika tamu datang, memang tidak wajib dilakukan, namun sambutan hangat serta keramahan selama tamu menginap akna memberi kesan lebih pada tamu.

8. Perlindungan dan Kendala yang ada

Ada bnayak bentuk perlindungan terhadap properti yang Anda dapatkan dari Airbnb,  semisal asuransi untuk menutupi kerusakan yang ditimbulkan oleh tamu. Kendati demikian, sangatlah penting untuk menjaga barang-barang pribadi Anda di tempat yang Aman selama ada tamu yang menginap.

Jika ada suatu kendala atau permasalahan antara pemilik properti dan tamu, Airbnb akan menjadi penengah. Jika permasalah yang terjadi diluar kendali Anda, maka tempuhlah langkah-langkah berikut ini:

  • Lakukan pembatalan. Ada tiga kriteria pembatalan yang ditetapkan oleh Airbnb, diantaranya fleksibel, moderat, dan ketat, hal tersebut berlaku untuk penyewaan jangka pendek. Sedanglkan untuk sewa jangka panjang memiliki kriteria tersendiri.
  • Hubungi Airbnb. Selama perselisihan dianggap kecil, maka Airbnb akan menyarankan pemilik peroperti untuk menyelesaikan secara pribadi dengan tamunya.

9. Proses Pembayaran

Untuk keamanan dan kenyamanan bersama, segala proses pembayaran dilakukan melalui situs Airbnb. Pemilik properti akan dibenbankan biaya layanan host sebesar 3%, sedangkan tamu akan dibenbankan biaya layanan tamu natara 6-12 %. Selanjutnya Airbnb akan melakukan pembayaran selama 24 jam setelah tamu ceck-in.

Airbnb memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang dari properti yang Anda miliki, bahkan sangat mungkin ketika Anda berwisata, Anda membayar dan mendapatkan layanan hotel berbindang dari properti yang Anda sewakan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mendapatkan uang lewat Airbnb, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Anak Mau Punya Skill Bisnis? Ini Tip Buat Orangtua!
Kamar Mau Disewakan di Airbnb? Ini Tip Memulai Bisnis Airbnb!
Contoh Bisnis dengan Skema Ponzi di Indonesia
10 Tips Mengatur Uang Ala Orang Tiongha
Cara Merekrut Karyawan Ala Mafia Manager
6 Fakta Bisnis Orang Jepang
Definisi Uang, Fungsi, dan Jenis Uang
Perbedaan Uang, Mata Uang dan Dampaknya pada Redenominasi
Cara Mendapatkan Uang Lewat Youtube
Perlukah Gelar MBA untuk Memulai Bisnis?


Bagikan Ke Teman Anda