Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

5 Efek Booking Lewat AirBnB terhadap Bisnis Travel

Salah satu produk yang bisa dijual tetapi tidak akan pernah habis adalah objek wisata, dan dari tahun ke tahun tingkat pertumbuhan orang-orang yang pergi berwisata semakin meningkat.

Penyebabnya ada banyak sekali, mulai dari akses jalan yang semakin mudah, akses informasi yang bisa ditemukan dimana-mana dan tak lupa menjamurnya bisnis travel. Sehingga kegiatan berwisata kini semakin menjadi kegiatan yang murah.

Salah satu peran yang tak boleh kita lupakan datang dari AirBnB. AirBnB adalah online marketplace (toko online) yang menjadi tempat orang-orang yang menyewa dan atau menyewakan kamar pribadi, apartemen atau rumahnya.

AirBnB sampai dengan saat ini sangat menunjang kegiatan bisnis travel. Lantas apa saja efek AirBnB pada bisnis travel?

Efek AirBnB pada Bisnis Travel

1. Memudahkan wisatawan dalam bepergian mencari tempat tinggal

Bagi sebagian orang, melakukan perjalanan wisata menjadi sebuah keharusan dalam melepaskan kelelahan dan tekanan dari rutinitas kerja yang cukup menguras tenaga dan pikiran. Namun tidak semua orang berani pergi ke suatu tempat dimana tidak ada seorangpun sanak keluarga yang bertempat tinggal disana.

Banyak platform yang telah menyajikan berbagai macam pilihan dalam membantu kita mencari penginapan saat kita berada di tempat tujuan wisata. Kita bisa cek di Traveloka, Tripadvisor, dan lain sebagainya berikut dengan tiket perjalanan wisatanya.

Namun hanya sedikit atau bahkan  baru mendengar adanya AirBnB.  Inilah platform online yang menawarkan informasi tempat tinggal dengan nuansa yang berbeda dari yang lain.

AirBnB adalah platform online penyedia informasi destinasi wisata berikut tempat tinggal dengan gaya perumahan lokal, villa dan apartemen  yang biasa dihuni masyarakat setempat.

Bicara mengenai harga, AirBnB adalah suatu penyedia yang bisa diandalkan. Karena selain menawarkan harga yang murah, disinipun anda dapat memilih jenis tempat tinggal apa yang menjadi pilihan anda.

Anda bisa menyewa rumah-rumah lokal yang terkadang hidup bersama dengan si pemilik, ataupun tinggal di rumah-rumah kosong yang memang sudah dipersiapkan untuk para wisatawan penyewa.

2. Efek penghematan versus keselamatan

AirBnB dapat menyediakan tempat tinggal yang seperti telah disebutkan diatas, dengan berbagai macam kondisi. Bisa jadi anda akan menginap bersama di suatu rumah bersama dengan  si empunyanya. Seandainya ini terjadi, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan yang wajib anda pikirkan:

  • Penghematan dari segi finansial

Sudah tentu ini adalah prioritas utama saat kita memilih tempat tinggal sementara saat kita berkunjung ke suatu destinasi wisata.

  • Lokasi rumah berdasarkan jaraknya dari tempat wisata itu sendiri

Seandainya anda berlibur ke suatu kota, dengan menggunakan fasilitas AirBnB, anda mungkin dapat rumah yang bisa anda sewa untuk beberapa hari dengan harga miring. Namun dikarenakan kota yang anda kunjungi itu luas, tidak mustahil penyedia rumah yang anda sewa itu memiliki rumah yang cukup jauh dari pusat wisata yang sebenarnya ingin anda kunjungi.

Seringkali anda harus menggunakan alat transportasi untuk mencapai lokasi wisata yang anda mau datangi. Hal ini tentu menambah biaya yang harus anda keluarkan.

  • Keamanan anda dan hubungan dengan penghuni rumah

Berkorelasi dengan orang asing tentu menimbulkan kemungkinan baik maupun buruk. Dengan adanya AirBnB ini , kemungkinan buruk hampir tidak dapat diantisipasi. Karena si penyedia jasa rumah hanyalah individu yang berdiri sendiri. Tidak ada perusahaan atau badan hukum yang menaunginya.

Sehingga kemungkinan terjadinya tindakan kriminal baik dari pihak penyedia rumah maupun penyewa rumah tidak dapat dilindungi secara legal. AirBnB sendiri mengharuskan asuransi sendiri dari kedua belah pihak terhadap  kemungkinan buruk ini.

3. Kompetisi dengan hotel, guest house, dan dunia penginapan konvensional

Dengan masuknya pesaing baru di dunia penginapan ini, menimbulkan keresahan sendiri bagi pihak lama seperti hotel. Biasanya hotel akan mengalami surplus terutama pada saat-saat peak seasons. Peminat atau wisatawan mau tidak mau terpaksa harus membayar harga mahal untuk sebuah kamar yang menjadi rebutan pada saat libur. Baik itu libur sekolah, Idul Fitri maupun natal dan tahun baru.

Akan tetapi persaingan ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas masing-masing. Hotel akan terpicu untuk lebih mengutamakan pelayanan dan kenyamanan kamar. Juga perlu diingat untuk dapat merebut hati para wisatawan, harga pun memainkan peran yang sangat penting.

4. Destinasi wisata tidak membludak di satu titik

Thanks to AirBnB. Dengan adanya inovasi baru dari AirBnB ini kita tentunya merasa senang bahwa kita tidak lagi perlu berebut tempat di salah satu tujuan wisata. Karena platform ini menyebarluaskan destinasi-destinasi yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya.

Apalagi ditunjang dengan fasilitas tempat tinggal yang memungkinkan kita untuk lebih mempertimbangkan tujuan ke tempat wisata tersebut.

5. Pemerataan ekonomi

Berhubungan dengan poin diatas, dengan menyebarnya jumlah wisatawan ke berbagai daerah, maka pendapatan masyarakatpun menjadi merata. Sumber daya alam dan manusia akan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk sektor pariwisata ini.

Pertumbuhan ekonomi menjadi seimbang. Semua daerah tujuan wisata akan kebagian manisnya limpahan uang dari para wisatawan ini. Hal inipun memberi keuntungan sendiri bagi para wisatawan. Selain bisa berhemat secara finansial, merekapun dapat mengenal daerah tujuan wisata lain yang telah dikonsepkan oleh AirBnB.

Dapat dikatakan dengan adanya ide baru yang muncul dari penyedia jasa semacam AirBnB ini, akan berdampak bagi perekonomian khususnya di bidang travel dan wisata.

Untuk mendapatkan liburan yang kita idam-idamkan, kita harus lebih jeli dan ekstra hati-hati membandingkan fasilitas mana yang akan kita gunakan. Baik itu dari segi keuangannya, keselamatannya maupun hiburannya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 5 efek booking lewat AirBnB terhadap bisnis travel, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Inilah Kesalahan yang Bisa Mematikan Bisnis Anda
Tips Penting Menjalankan Bisnis untuk Pebisnis Baru
6 Prinsip Bisnis Orang Cina
5 Kesalahan yang Dapat “Membunuh” Bisnis
5 Alasan Mengapa Bisnisman Tidak Naik Pesawat Kelas Ekonomi
Cara Merekrut Karyawan Ala Mafia Manager
Inilah 4 Kekuatan Bisnis Orang Yahudi yang Perlu Anda Tahu
Empat Tahap Pertumbuhan Bisnis
Mengapa Orang Pintar Gagal Berbisnis?
Inilah Hal-hal yang Menyebabkan Bisnis Gagal dalam 5 Tahun


Bagikan Ke Teman Anda