Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

8 Tantangan yang Dihadapi Bisnis Baru

Memulai sebuah bisnis memang bukan perkara yang mudah. Ada begitu banyak tantangan yang dihadapi. Untuk Anda yang berencana atau sedang merintis bisnis baru, Anda pasti akrab dengan beberapa hal berikut ini. Inilah tantangan yang harus dihadapi oleh bisnis atau usaha yang baru berdiri.

1. Pengalaman

Menjalankan bisnis tidak semudah yang terlihat. Para pengusaha sukses harus bergelut degan berbagai kesulitan sebelum sampai pada titik puncak. Satu hal yang pasti tidak dimiliki oleh pelaku bisnis baru adalah pengalaman. Mereka biasanya tidak paham bagaimana cara menyelesaikan berbagai tugas dan persoalan yang datang bersamaan.

Akan ada banyak trial and error dalam proses ini. Anda bisa menyiasati hal ini dengan 2 hal: memiliki seorang mentor yang sudah ahli dan berpengalaman di bidangnya atau mempekerjakan para staf yang ahli pada bidang ini.

2. Tim yang Tepat

Berkaitan dengan mempekerjakan staf ahli, penting bagi pebisnis pemula dalam menemukan orang-orang yang tepat untuk bekerja sama. Bagaimana cara menemukan orang yang tepat? Pastikan mereka memiliki dua hal yaitu mengerti visi dan tujuan Anda ke depan serta mau menjadi bagian dalam perjalanan Anda.

Tidak hanya staf, Anda butuh mentor, pelatih, dan penasehat yang sejalan dengan Anda. Orang-orang inilah yang akan mengarahkan Anda, memberi saran tentang bagaimana Anda bisa mencapai tujuan dan Anda akan membutuhkan mereka untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

3. Modal

Yang satu ini pasti menjadi persoalan untuk setiap bisnis. Besarnya modal yang dibutuhkan satu usaha dengan yang lain memang berbeda, tergantung pada jenisnya. Bisnis berbasis internet biasanya membutuhkan modal yang relatif kecil dibandingkan dengan bisnis yang memperdagangkan produk fisik.

Nah, kalau bisnis Anda berbasis internet, Anda bisa membangun sebuah bisnis dengan modal 0 rupiah! Tentu ini kembali pada jenis produk yang dijual. Jika Anda menjual barang fisik, Anda akan membutuhkan uang untuk membeli stok barang. Jika bisnis Anda membutuhkan kantor fisik untuk bekerja, maka lebih tinggi lagi modal yang dibutuhkan.

4. Multi-Tasking

Tantangan lain dari memulai sebuah bisnis baru adalah semua pekerjaan belum terdistribusi dengan baik. Selain karena masalah finansial dan jumlah karyawan yang masih sedikit, kurangnya pengalaman juga berpengaruh. Meski Anda adalah bos-nya, bisa jadi Anda harus bekerja sama kerasnya dengan staf Anda.

Setiap orang yang bekerja di sebuah perusahaan baru dituntut untuk memiliki kemampuan multi-tasking yang baik. Mulai dari pemasaran, riset, pengembangan produk, layanan pelanggan, hingga manajemen keuangan harus dikuasai. Tidak jarang seorang karyawan perusahaan baru harus menjalankan 2 atau 3 jabatan sekaligus.

Meski terdengar berat dan melelahkan, hal ini sangat bermanfaat bagi setiap orang. Misalnya Anda yang menangani layanan pelanggan di masa-masa awal pembentukan usaha akan memahami bagaimana cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan menghindari kesalahan-kesalahan sebisa mungkin. Jadi setelah perusahaan berkembang menjadi usaha yang lebih besar, Anda akan lebih mudah mengontrol setiap aspek yang ada.

5. Pasar dan Pelanggan

Kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh pelaku usaha baru adalah menjalankan bisnis yang ternyata tidak menarik banyak orang. Apapun bisnis yang dijalankan, tentu menarik minat pasar adalah hal penting. Tidak hanya untuk membangun basis pelanggan, jika bisnis Anda menarik maka akan ada banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi pada bisnis Anda. Jika bisnis Anda “sepi”, rasanya tinggal menghitung hari saja menuju kebangkrutan. Meski usaha yang Anda dirikan masih baru, tidak menutup kemungkinan usaha Anda mengalami kebangkrutan.

Inilah pentingnya riset pasar sebelum membangun usaha. Bila perlu, lakukan riset dalam waktu selama yang Anda butuhkan hingga Anda benar-benar memahami kondisi pasar. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan riset. Lakukanlah riset cerdas dengan mengamati keadaan di sekitar Anda.

Kebutuhan apa yang belum terpenuhi, seberapa banyak orang yang membutuhkan, adakah orang yang telah mencoba sebelumnya, dan bagaimana hasilnya. Jawaban-jawaban atas pertanyaan ini memberikan gambaran lebih jelas kepada Anda tentang kondisi pasar yang sesungguhnya.

  1. Produktivitas

Bisnis atau usaha baru memiliki tingkat produktivitas yang relatif lebih tinggi. Mengingat banyaknya tugas yang harus diselesaikan, sementara hanya ada sedikit tenaga, maka mau tidak mau semua orang akan menjadi produktif.

Tidak ada waktu yang terbuang sia-sia dalam sebuah bisnis startup. Tantangan baru yang muncul setiap hari memacu setiap orang untuk lebih fokus dan bekerja secara efektif.

7. Keuntungan

Tidak ada seorang pelaku usaha pun yang ingin rugi. Mereka pasti akan melakukan segala hal untuk memperoleh keuntungan. Mulai dari sisi pemasaran, peningkatan kualitas produk, hingga menekan biaya produksi seminimal mungkin.

Setiap pebisnis pemula harus menyadari bahwa meraih keuntungan bukanlah hal yang mudah. Bahkan, dalam 1 atau 2 tahun pertama, fokus usaha adalah untuk mengembalikan modal. Setelah modal terbayar lunas, barulah bisnis yang dijalankan bisa memberikan keuntungan. Jumlah keuntungan sendiri juga tidak menentu. Banyak sedikitnya tergantung pada respons pasar dan produk yang dijual.

8. Determinasi

Tantangan yang muncul dalam sebuah bisnis baru bisa tidak terduga dan sulit dipecahkan. Di saat-saat seperti itu, Anda pasti merasa ingin berhenti saja. Jika Anda benar-benar ingin berhasil dengan bisnis yang dijalankan, Anda perlu determinasi yang kuat.

Bulatkan tekad Anda, bila perlu buat diri Anda terobsesi dengan kesuksesan. Jangan mudah lelah dan menyerah karena akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi di masa yang akan datang.

Setiap tantangan yang datang adalah ujian untuk menjadikan Anda lebih baik. Jika orang lain saja bisa lolos dan sukses, Anda juga pasti bisa.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 8 tantangan yang dihadapi bisnis baru, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Pelajari Tip-tip Ini Agar Bisnis Baru Anda Berhasil!
5 Efek Booking Lewat AirBnB terhadap Bisnis Travel
Inilah 4 Kekuatan Bisnis Orang Yahudi yang Perlu Anda Tahu
Untung Rugi Bisnis Barbershop
Untung Rugi dalam Bisnis Peer To Peer (P2P) Lending
5 Rahasia untuk Memulai Bisnis
Macam Usaha Kuliner yang Menguntungkan dan Modal Kecil
Cara Merekrut Karyawan Ala Mafia Manager
Mengapa Internet Bisnis Lebih Mahal daripada Internet Rumahan?
Cara Menghitung Weighted Average


Bagikan Ke Teman Anda