Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

5 Cara Memulai Bisnis Cleaning Service

Dengan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat, memulai suatu bisnis cleaning service panggilan bisa jadi sebuah cara yang murah dan mudah untuk Anda mulai. Terlebih bila Anda tinggal disebuah kota besar yang sebagian besar penduduknya sangat sibuk. Tidak perlu diragukan lagi, pasar masih terbuka luas untuk membuat bisnis cleaning service.

Kehidupan di kota yang penuh dengan kesibukan membuat tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk bisa membersihkan rumahnya. Dan tidak semua orang nyaman untuk menyewa asisten rumah tangga yang menginap di rumah mereka. Hal ini yang membuat bisnis cleaning service yang bisa dipanggil kapan saja akan sangat menguntungkan.

Akan selalu ada rumah yang harus dibersihkan. Dan biaya investasi yang tidak terlalu besar di awal bisnis akan menjadikan bisnis ini sangat menguntungkan. Hal yang harus Anda lakukan hanyalah bagaimana menjadikan bisnis Anda lebih menonjol sebagai penyedia jasa layanan cleaning service yang berkualitas dan dapat dipercaya. Berikut ini adalah 5 cara memulai bisnis cleaning service yang bisa Anda mulai dari sekarang.

1. Memulai dengan pemahaman bisnis yang matang

Mungkin Anda akan berfikir, untuk memulail bisnis ini hanya perlu ember dan alat pel saja. Tentu saja itu tidak benar. Untuk memulai bisnis, walau keliatannya sebuah bisnis yang sederhana, Anda tetap akan memulainya dengan sebuah perencanaan yang matang. Yang perlu Anda ingat adalah, Anda tidak akan bergerak pada bisnis bersih-bersih semata, Anda berada dalam bisnis yang mengutamakan pelayanan kepada pelanggan.

Tentu saja tidak semua pelanggan Anda akan memiliki pikiran yang sama tentang bagaimana Anda boleh membersihkan rumah mereka. Dan sudah menjadi tugas Anda untuk bisa memenuhi keinginan pelanggan Anda. Memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan adalah hal terpenting yang harus Anda yakini benar bahwa Anda bisa melakukannya.

Memulai sesuatu bisnis dengan pemahaman yang matang terhadap apa yang menjadi kebutuhan setiap pelanggan adalah sebuah keharusan. Anda mungkin saja bisa menjual jasa yang seadanya, namun percayalah bisnis Anda tidak akan bertahan lama karena Anda tidak memberikan “nilai” berbeda yang bisa Anda berikan kepada pelanggan-pelanggan Anda.

2. Menyiapkan produk dan metode yang mendukung jasa Anda

Mempersiapkan persediaan produk-produk pembersih yang berkualitas akan memberikan Anda nilai lebih dimata pelanggan. Hanya gunakan produk pembersih yang sudah dipercaya dan terbukti ampuh untuk membersihkan rumah dan segala perabotan yang ada di rumah pelanggan Anda. Anda harus bisa memberikan penjelasan kepada pelanggan bila mereka menanyakan perihal produk yang Anda gunakan.

Kemungkinan akan ada beberapa pelanggan yang lebih nyaman bila Anda menggunakan produk pembersih yang biasa mereka gunakan, karena mungkin saja perabot rumah mereka memang membutuhkan produk pembersih khusus. Anda pastinya harus familiar dengan aturan pakai dari produk tersebut. Luangkan waktu untuk mempelajari sejenak bagaimana aturan pakai produk tersebut sebelum Anda benar-benar menggunakannya.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana melindungi asset bisnis seperti persediaan pembersih yang Anda punyai. Karena bisa jadi, akan Anda temukan beberapa pekerja yang kurang jujur dan melakukan penggelapan persediaan barang-barang pembersih Anda. Pastikan Anda sudah menyiapkan metode yang tepat untuk bisa memantau persediaan stok bahan-bahan pembersih Anda.

Salah satu cara yang mungkin bisa Anda lakukan adalah dengan selalu melakukan pencatatan dan memaksa pekerja Anda untuk membuat tanda terima setiap kali mereka mengambil persediaan bahan pembersih dari gudang. Dengan membuat catatan yang lengkap akan memberikan Anda gambaran yang jelas bagaimana menghitung keuntungan dan memperkirakan dari mana letak kerugian bisnis Anda.

3. Mempekerjakan staf yang mengerti nilai bisnis Anda

Pada awal berdirinya bisnis Anda, mungkin Anda bisa melakukannya seorang diri untuk menangani semua panggilan layanan yang Anda dapatkan. Namun dengan semakin berkembangnya bisnis Anda sudah pasti Anda perlu mempekerjakan beberapa staf. Walaupun terkesan mudah dan tidak membutuhkan pendidikan khusus untuk melakukan pekerjaan membersihkan rumah, namun tetap harus merekrut orang yang tepat.

Pastikan orang yang akan Anda rekrut adalah orang yang berkomitmen tinggi dan bisa Anda percayai. Karena sekali lagi, yang harus Anda perhatikan adalah, Anda tidak hanya sekedar menjual jasa bersih-bersih saja, tetap juga membeli kepercayaan pelanggan. Anda harus memastikan nilai ini juga dipahami oleh staf-staf Anda. Sehingga bisnis Anda akan terus berada pada arah yang Anda inginkan.

Kualitas staf yang Anda pekerjakan adalah komponen paling penting dari kesuksesan bisnis Anda. Karena mereka lah yang akan mewakili nama besar bisnis yang sedang Anda rintis saat ini. Keberhasilan Anda dalam menanamkan nilai bisnis Anda kedalam setiap staf Anda akan mempermudah jalan Anda menuju kesuksesan bisnis.

4. Mendesign metode pembayaran yang efektif

Karena bisnis Anda mengharuskan Anda atau staf Anda melakukan perjalanan ke rumah pelanggan, maka Anda harus bisa mendesign metode pembayaran yang efektif. Tentunya bila Anda masih bekerja sendirian, pembayaran secara cash setelah Anda selesai melakukan pekerjaan mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, bila bisnis Anda sudah berkembang, dan Anda tidak mungkin melakukan jasa ini seorang diri, maka metode pembayaran yang efektif dan bisa dipertanggung jawabkan menjadi suatu keharusan.

Dalam perkembangan teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini, Anda bisa membuat semacam website khusus untuk bisnis Anda. Dimana website tersebut akan menjelaskan profil usaha Anda, apa keuntungan dari menggunakan jasa Anda, dan memudahkan pelanggan untuk memesan dan melakukan pembayaran secara non tunai dengan metode transfer.

5. Pelayanan terbaik untuk pelanggan

Seperti yang telah banyak dijabarkan sebelumnya, berada dalam bisnis cleaning service berarti Anda melakukan bisnis layanan kepada pelanggan. Penting bagi Anda untuk membangun hubungan dengan para pelanggan Anda. Dengarkan semua keluhan dan masukan dari mereka dengan seksama, buka pikiran Anda bahwa tidak selalu cara bekerja Anda adalah yang terbaik.

Membangun kepercayaan pelanggan bukanlah hal yang mudah. Anda akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk melakukan itu semua. Namun, percayalah pada akhirnya Anda akan menikmati hasilnya. Dengan membangun kepercayaan pelanggan, maka secara tidak langsung, bisnis Anda akan bisa berkembang dengan sendirinya.

Selamat membangun bisnis cleaning service Anda, dan tetaplah semangat untuk memberikan nilai Anda kepada para pelanggan. Jatuh dan bangun mungkin akan Anda rasakan, namun pada akhirnya bila Anda kuat maka Anda akan selalu menemukan alasan untuk bisa bertahan. Semoga kesuksesan selalu mengiringi perjalanan bisnis Anda. Salam sukses.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 5 cara memulai bisnis cleaning service, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Opportunity Cost? Definisi Opportunity Cost
Cara Membuat Contingency Plan
Untung Rugi Bisnis Koin Laundry
Cara Membuat Bisnis Anda Lebih Menonjol dari Pesaing
Untuk Rugi Memiliki Partner Bisnis
6 Alasan Bisnis Baru Banyak yang Gagal
Bisnis Anda Mendapat Respon Negatif di Medsos? Ini yang Harus Anda Lakukan
Apa itu Perdagangan Opsi Biner?
9 Pertanyaan yang Sering Diajukan Ketika Membuka Bisnis Baru
Cara Membuat Business Plan untuk Startup


Bagikan Ke Teman Anda