Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Membuat Bisnis Anda Lebih Menonjol dari Pesaing

Dalam dunia bisnis, diperlukan strategi kreatif untuk mendapatkan tempat di hati klien. Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah melakukan strategi kreatif yang tepat? Atau selama ini Anda masih melakukan strategi pemasaran yang sama dengan pesaing?

Jika Anda masih berkutat dengan pola mainstream seperti yang dijalankan oleh pebisnis pada umumnya, maka bisnis Anda tidak akan menonjol dan cukup kuat untuk dilihat oleh pasar.

Berikut ini adalah cara memastikan bahwa bisnis Anda lebih menonjol dibandinkan dengan pesaing:

1. Beri Sentuhan Berbeda pada Bisnis Anda

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memajukan bisnis Anda adalah dengan mempelajari terlebih dahulu bisnis milik lawan. Masuki dan beri penilaian tentang apa yang menjadi kelebihannya di pasar, bagaimana posisi bisnis mereka dan bisnis Anda di mata pasar?

Dengan mengadakan penelitian kecil-kecilan, maka Anda bisa mendapatkan ide mengenai celah yang bisa Anda masuki, dan sentuhan apa yang perlu diberikan pada bisnis Anda agar pelanggan lebih mengenal produk Anda dibanding pesaing.

2. Tingkatkan Merk Produk Anda

Merk adalah wajah dari bisnis Anda dan cara satu-satunya bagi pelanggan untuk mengenali Anda. Jadi pastikan bisnis dan produk Anda terjalin pada satu kemasan yang menarik.

3. Berusaha Lebih Jauh

Memberi sentuhan kecil namun khas pada produk Anda benar-benar akan meningkatkan minat serta ingatan publik tentang produk Anda. Misalnya saja dengan memberi bungkus bergambar logo bisnis akan membuat nilai produk lebih tinggi dibanding dengan hanya sekedar membungkus menggunakan plastik polos.

Hal tersebut menggambarkan betapa Anda perduli terhadap bisnis dan cara Anda memperlakukan pelanggan secara istimewa.

4. Ubah Bisnis Menjadi Teman

Pastikan bahwa setiap transaksi yang Anda lakukan dengan pelanggan memberi mereka kesan nyaman seperti layaknya berbisnis dengan teman atau keluarga sendiri.

Kenali secara mendalam para pelanggan yang datang dan ketahui kebutuhan mereka, serta apa yang mereka harapkan dari sebuah produk. Setelah itu, Anda dapat menawarkan bantuan (atau mengarahkan) pada mereka untuk mendapatkan apa yang benar-benar cocok dan dibutuhkan saat itu.

Pendekatan secara santai, ramah, dan personal akan menggiring pelanggan datang kembali ke tempat Anda saat mereka membutuhkan produk atau layanan bisnis Anda.

5. Cermati Keluhan-keluhan Pelanggan

Cara terbaik untuk memenangkan hati pelanggan adalah dengan mengatasi “rasa sakit” mereka. Contohnya saja pada bisnis klinik kesehatan gigi khusus anak. Anda pasti tahu, bahwa 85 % dari anak-anak kita membenci dokter dan rumah sakit.

Pandangan yang menyeramkan, rasa tidak nyaman saat diperiksa, dan ketakutan saat melihat dokter atau suster akan membuat mereka enggan datang kembali, bahkan setelah dipaksa.

Coba ubah tempat Anda menjadi lebih menyenangkan dengan menempatkan banyak area bermain, melukis dinding putih polos dengan warna-warni cerah, bahkan bila perlu, dokter atau perawat pun harus mengubah imaje mereka dari yang menyeramkan menjadi badut lucu.

6. Fokuskan Bisnis pada Niche yang Sempit

Ingatlah pesan ini: Saat Anda mencoba untuk melayani dan menyenangkan semua orang, maka Anda tidak sedang melayani siapapun. Terlalu banyak dan terlalu luasnya segmen yang Anda kerjakan akan membawa dampak buruk untuk bisnis Anda.

Cara terbaik untuk bisa menonjol adalah dengan mendefinisikan secara sempit apa bisnis Anda dan siapa saja yang bisa Anda layani.

7. Ciptakan Penawaran atau Jaminan yang Kuat

Memberi jaminan atau garansi adalah cara terbaik untuk menghilangkan keraguan pelanggan terhadap produka Anda. Ditambah lagi, perusahaan yang memiliki jaminan pada produknya akan nampak lebih dapat dipercaya.

Bukankah jaminan dan juga layanan ekstra seperti itu akan menggiring lebih banyak lagi pelanggan berdatangan?

8. Menciptakan Budaya Perusahaan yang Menyenangkan

Menciptakan budaya dalam perusahaan Anda tidak hanya membantu dalam meningkatkan kinerja karyawan, namun bisa Anda jadikan alat pemasaran yang kuat dan berkesan pada pelanggan.

Tidak sedikit perusahaan yang lebih dikenal karena etos kerjanya dan bagaimana sistem di dalam berjalan secara kreatif, inovatif, dan memberi penghargaan bagi karyawan terbaiknya.

9. Beri Kejutan Menyenangkan pada Pelanggan

Semua orang senang dan selalu menantikan sebuah kejutan! Bahkan sekalipun kejutan tersebut  bukanlah hal yang besar atau mewah.

Yang akan ditangkap oleh pelanggan Anda adalah seberapa Anda perduli pada mereka dan bagaimana Anda berusaha membuat mereka senang. Contolah para pedagang buku online yang kerap menyelipkan bonus berupa hal-hal kecil seperti sisir, buku saku Undang-Undang Dasar, atau bahkan sebungkus lolipop.

Tidak mahal, namun gimmick yang mereka hadirkan akan membuat pelanggannya  senang dan berpikir ribuan kali untuk berpindah tempat.

10. Ceritakan Kisah Anda

Ceritakanlah tentang perjalanan Anda, bagaimana Anda sampai di sini? Bagaimana Anda mengembangkan bisnis? Dan berbagai kisah mengenai jatuh bangun karier Anda akan membuat suatu pendekatan personal pada pelanggan.

Saat Anda bertemu dengan orang-orang baru, tidak perlu menuntut mereka untuk membeli produk Anda. Cukup ceritakan sebuah kisah sambil menyelipkan manfaat produk Anda untuk menarik simpati dan membangun jaringan baru.

11. Visualisasikan Merk Anda

Tahukan Anda bahwa 90 % informasi yang masuk ke dalam otak kita bersifat visual? Dalam melakukan sebuah promosi, tidak perlu mencantumkan terlalu banyak kata yang rumit dan mebosankan.

Lakukan dengan gambar dan akhiri menggukan sebaris kalimat atau bahkan 3 kata yang menggambarkan mengapa pelanggan harus membeli produk Anda. Strategi iklan ini lebih banyak membawa keberhasilan dari pada yang sifatnya bertele-tele.

Membuat bisnis Anda menonjol dibanding pesaing adalah hal yang wajib dilakukan untuk mempertahankan pelanggan lama serta menggaet pelanggan baru.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara membuat bisnis Anda lebih menonjol dari pesaing, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Waspada! Ini Penyebab Bisnis Kecil Tidak Berkembang
6 Fakta Bisnis Orang Jepang
Inilah Kesalahan yang Bisa Mematikan Bisnis Anda
8 Tantangan yang Dihadapi Bisnis Baru
Definisi Too Big to Fail
Cara Membuat Bisnis Plan
Mengapa Orang Pintar Gagal Berbisnis?
Memanage Cash Flow Keuangan pada Bisnis Musiman
Saran-saran dalam Berbisnis
Apa itu Dupont Analysis? Definisi Dupont Analyisis


Bagikan Ke Teman Anda