Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Negara Berkembang Supaya Jadi Negara Maju

Semua ingin menjadi kaya. Tidak hanya orang secara personal saja, bahkan sebuah negara juga ingin kaya. Hal inilah yang menjadi permasalahan utama di negara berkembang, termasuk Indonesia. Negara berkembang kalah secara perekonomian dengan negara yang lebih maju karena tidak adanya komoditas yang bisa ditawarkan pada pasar global.

Untuk itu, akhir-akhir ini banyak negara yang mengglobalisasikan diri mereka dalam sektor tertentu agar dapat terus bertahan dan mampu bersaing secara ekonomi di kancah internasional. Hal ini sangat penting untuk dilakukan oleh negara berkembang dan negara dunia ketiga yang ingin mengalami peningkatan secara finansial.

Namun bagaimana membuat negara berkembang menjadi negara maju? Apa yang harus dilakukan oleh pemerintah dan bagaimana peran masyarakat negara miskin untuk bisa mengalami peningkatan ekonomi yang signifikan?

Inilah empat aspek utama yang harus dicapai untuk bisa berkembang menjadi negara yang lebih maju.

1. Pemberantasan Korupsi Pada Berbagai Lembaga

Setiap negara maju memiliki lembaga yang dapat diandalkan. Itulah salah satu hal pertama yang harus dimiliki oleh negara berkembang. Pembentukan lembaga yang baik harus dimulai dari pemberantasan korupsi. Pada berbagai lembaga negara seperti penjara, bank, pemerintahan, dan pengadilan, korupsi sangat rawan terjadi dan keadilan sulit ditemukan.

Jika masyarakat tidak mendapatakn perlakukan yang sama di berbagai lembaga negara, maka seluruh struktur masyarakat mulai dari rakyat hingga presiden akan sulit mencapai kemakmuran karena mereka tidak percaya pada struktur yang ada. Terlebih lagi, mereka tidak ingin membuat perubahan untuk menciptakan negara yang lebih baik.

2. Tenaga Kerja Berpendidikan

Ada hubungan positif antara tingkat pendidikan dengan kemampuan tenaga kerja di sebuah negara. Ketika masyarakat tumbuh dalam lingkungan tidak berpendidikan dari generasi ke generasi, mereka akan memasuki dunia kerja dengan ketrampilan yang rendah dan tidak mampu melakukan tugas-tugas dasar. Angkatan kerja yang demikian ini biasanya lebih banyak berakhir menjadi pengangguran.

Telah menjadi sebuah hukum alam bahwa sebuah negara tidak bisa mencapai kemakmuran selama tidak ada reformasi sistem pendidikan besar-besaran. Tingkat pendidikan akan menentukan kualitas pekerjaan seseorang, sehingga mereka bisa mendapatkan gaji yang layak dan cukup untuk membayar pajak pada negara. Seperti yang diketahui, pajak negara akan digunakan untuk pengembangan pendidikan.

Data menunjukkan bahwa Nigeria yang menjadi negara termiskin di dunia memiliki sistem pendidikan yang paling buruk dengan skor terendah. Menerapkan sistem pendidikan yang baik sama dengan membangun negara dari bawah ke atas, dimulai dari generasi muda.

3. Infrastruktur Memadai dan Telekomunikasi Canggih

Amerika Serikat, Australia, dan Inggris Raya adalah contoh-contoh negara maju yang banyak dijadikan kiblat oleh berbagai negara berkembang di dunia. ada satu kesamaan dari ketiga negara tersebut: infrastruktur yang memadai dan alat telekomunikasi yang canggih.

Berbagai infrastruktur yang memadai dapat menunjang kehidupan bernegara dan bermasyarakat dengan baik. Infrastruktur negara meliputi jalan, jembatan, bangunan, rumah sakit, dan sumber daya listrik.

4. Kekuatan Militer, Keamanan, Hukum dan Ketertiban

Bagi sebuah negara maju, membangun kekuatan militer yang besar adalah kebutuhan utama yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Terlalu banyak ancaman dari pihak luar, dan tidak jarang negara maju seperti Amerika Serikat masih terlibat peperangan militer untuk mempertahankan kekuasaan.

Namun bagi negara berkembang yang sedang merangkan menuju kemajuan, kekuatan militer bukanlah hal yang utama. Dengan status sebagai negara berkembang, tidak banyak ancaman dan serangan dari luar yang masuk. Seperti diketahui, Amerika Serikat menjadi negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia.

Oleh sebab itu, ketika negara berkembang sedang berjuang membangun infrastruktur untuk meningkatkan kehidupan bangsa, pembangunan kekuatan militer bisa dikesampingkan untuk sementara waktu.

Namun negara berkembang tetap harus memperkuat pertahanan secara domestik karena ancaman perpecahan justru datang dari dalam negara sendiri. Negara berkembang memiliki keteraturan hukum dan ketertiban hidup yang rendah, salah satu contohnya adalah praktik korupsi yang merajalela.

Pada sebuah negara yang sedang menuju kemakmuran, penegakan hukum ke dalam negeri harus diutamakan. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa praktik korupsi tidak berkembang pada lembaga pemerintahan, sektor ekonomi, dan aspek lainnya.

Di Antara Keempat Poin di Atas, Mana yang Paling Berpengaruh dalam Kemajuan Sebuah Negara?

Keempat poin yang telah dijelaskan di atas adalah langkah-langkah baku yang harus dilakukan sebuah negara berkembang untuk mencapai kemajuan. Namun tidak ada satu metode pun yang benar-benar menjelaskan bagaiman cara memperkaya sebuah negara.

Jika ditelisik lebih dalam lagi, untuk membangun infrastruktur yang memadai seperti jalan, rumah sakit, dan pendidikan tentu saja dibutuhkan banyak biaya.

Apa yang dapat dilakukan negara berkembang untuk meningkatkan kekayaan negara sendiri?

  • Meningkatkan kemampuan ekspor. Impor yang lebih besar dari jumlah ekspor dapat menyebabkan defisit pada perdagangan sebuah negara. Impor memang dapat menstimulasi pertumbuhan negara, namun dengan minimnya ekspor berarti sebuah negara tidak memiliki apa-apa untuk ditawarkan pada pasar internasional.
  • Membangun ekonomi dari bawah. Membangun perekonomian dari lapisan terbawah hanya dapat dilakukan dengan cara berhutang. Negara berkembang akan meminjam dana dari negara maju dengan jangka waktu pengembalian selama puluhan tahun. Hutang tersebut hanya bisa terbayar dari hasik ekspor.
  • Menginvestasikan uang untuk masa depan. Merubah pola pikir masyarakat sangat perlu untuk kemajuan negara. Setiap orang harus mau menginvestasikan uangnya untuk pendidikan anak di masa depan. Generasi penerus inilah yang nanti akan membantu memajukan sebuah bangsa.

Perubahan yang fundamental harus dilakukan untuk merubah sebuah negara dari negara berkembang menjadi negara maju. Namun tentu saja hal itu tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat dan membutuhkan kekuatan dari seluruh lapisan masyarakat dan pemerintahan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara negara berkembang supaya jadi negara maju, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Negara Paling Dingin Sedunia
10 Negara Paling Makmur di Dunia
Mengapa Negara Dunia Ketiga Jarang yang Maju? Ini Dia Masalah Negara Dunia Ketiga!
10 Negara Pencetak Buku Terbanyak di Dunia
10 Negara Paling Boros Listrik
10 Negara dengan Inflasi Tertinggi di Dunia
Tips untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) agar Semakin Maju
Kendala UKM: Bisnis Kecil Sulit Berkembang
10 Negara Paling Banyak Utang Pemerintahnya
Mengapa Orang Yahudi Cerdas dan Israel Berkembang Cepat?


Bagikan Ke Teman Anda