Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Umumnya wilayah suatu negara tercipta dari banyak kondisi geografis yang unik dan berbeda antara suatu wilayah dengan wilayah lain. Ada negara yang tak memiliki laut seperti Laos. Ada pula negara yang mencakup satu benua yaitu Australia. Ada juga negara yang berbentuk kepulauan. Ada pula negara mencakup wilayah daratan saja tanpa terpisah oleh pulau.

Kali ini, Penulis akan membahas 10 Negara Kepulauan Terbesar di dunia. Negara kepulauan tersebut wilayahnya terbagi dalam beberapa pulau yang jumlahnya mencapai ribuan atau bahkan hanya satu saja. Berikut daftar 10 Negara Kepulauan Terbesar di dunia.

  1. Indonesia

Negara kita menempati peringkat pertama dalam daftar 10 Negara Kepulauan Terbesar di dunia. Indonesia memiliki total pulau sebanyak 17. 504 pulau. Total luas wilayahnya mencapai 1910931 km persegi. Berdasarkan sensus penduduk tahun 2014, jumlah penduduk Indonesia mencapai 230 juta jiwa.

Pulau utama di Indonesia adalah pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Nusa Tenggara.

  1. Madagaskar

Negara kepulauan terbesar di dunia kedua adalah Madagaskar. Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 592.800 kilometer persegi yang terdiri dari beberapa kepulauan. Madagaskar juga terletak di antara garis lintang 12 °LS dan 26 ° LS, dan 43 ° BT dan 51 °BT.

Dikutip dari wikipedia.org, penduduk Madagaskar pada tahun 2016 diperkirakan mencapai 26 juta jiwa.

  1. Papua Nugini

Peringkat ketiga dalam daftar 10 Negara Kepulauan Terbesar di dunia adalah Papua Nugini dengan luas wilayah mencapai 462.840 km persegi. Total populasi Papua New Geunea pada tahun 2014 sendiri hanyalah sekitar 6 juta jiwa.

Negara ini terletak  di bagian timur Pulau Papua dan berbatasan darat dengan Provinsi Papua (Indonesia) di sebelah baratnya. Umumnya, sebagian besar penduduk Papua Nugini hidup di pedesaan atau perkampungan dan hanya 18% nya yang tinggal di perkotaan. Negara ini menempati urutan ke 54 jika ditilik berdasarkan total wilayahnya dibandingkan dengan negara lain. Namun, jika ditilik berdasarkan bentuk kepulauannya. Papua Nugini adalah negara kepulauan terbesar no 3 di dunia setelah Madagaskar dan Indonesia.

  1. Jepang

Jepang juga merupakan negara kepulauan terbesar ke empat di dunia dengan wilayah sebesar 377.915 km2. Jumlah penduduk di Jepang sendiri ada sekitar 127 juta jiwa. Hal tersebut juga membuat Jepang menjadi negara yang padat.

Jepang sendiri terdiri dari 6,852 pulau. Pulau terbesarnya adalah pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu.

  1. Filiphina

Selanjutnya ada Filiphina. Filiphina adalah negara kepulauan dengan luas wilayah 300.000 km persegi. Pada tahun 2014, Filiphina memiliki jumlah penduduk sekitar 107 juta jiwa. Filiphina sendiri memiliki jumlah pulau sebanyak  7.641 pulau.

Filiphina terletak di terletak antara 116° 40′, dan 126° 34′ BT, dan 4° 40′, dan 21° 10′ LU. Filiphina berbatasan dengan Laut Filipina sebelah timur, di sebelah barat Filiphina juga berbatasan dengan Laut Tiongkok Selatan, dan di selatan berbatasan dengan Laut Sulawesi.

  1. Selandia Baru

Selandia Baru menempati posisi ke 6 dalam daftar 10 Negara Kepulauan Terbesar di dunia dengan total wilayah sebesar 267.710 km persegi. Selandia Baru terdiri dari setidaknya dari dua pulau utama dan sejumlah pulau yang lebih kecil yang terletak di dekat pusat belahan lautan.

Pulau ini kurang lebih terletak di sudut antara 29° LS sampai 53° LS, dan 165° BT sampai 176° BT.

  1. Britania Raya

Selanjutnya ada negara Britania Raya. Memiliki luas 246.610 km persegi. Jumlah penduduk di negara ini mencapai 63 juta jiwa pada tahun 2014.

Negara ini adalah negara kepulauan yang terletak di  lepas pantai barat laut benua Eropa.

Negara Britania Raya ini sendiri adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari Pulau Britania Raya, bagian timur laut Pulau Irlandia dan sejumlah pulau-pulau yang lebih kecil.

Sementara itu, perbatasan darat Britania Raya dikelilingi oleh Samudra Atlantik, Laut Utara, Selat Inggris dan Laut Irlandia.

  1. Kuba

Negara kepulauan terbesar yang selanjutnya adalah Kuba. Negara ini terletak di Benua Amerika lebih tepatnya di Amerika Tengah. Kuba adalah negara kepulauan dengan luas wilayah sebesar 110.860 km persegi. Jumlah penduduk Kuba sendiri pada tahun 2014 mencapai 11 juta jiwa.

Kuba sendiri terdiri dari pulau Kuba, dan Isla de la Juventud serta beberapa kepulauan kecil.  Kuba sendiri juga terletak di Karibia utara pada pertemuan Laut Karibia, Teluk Meksiko dan Samudra Atlantik.

  1. Islandia

Islandia adalah negara kepulauan  terbesar ke 9 dengan jumlah luas wilayah 103.000 kilometer persegi dengan penduduk sebanyak 300 ribu jiwa. Tingkat kepadatan penduduk di Islandia ini sangat jarang sehingga membuat Islandia menjadi negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang rendah di dunia.

Islandia sendiri terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik. Islandia juga  terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya.

  1. Republik Irlandia

Daftar terakhir dari 10 Negara Kepulauan Terbesar di dunia adalah Republik Irlandia. Negara ini adalah negara kepulauan dengan luas wilayah 70.273 km persegi dengan penduduk sebanyak 4 juta jiwa lebih pada tahun 2014.

Negara ini berbatasan dengan dengan Laut Irlandia di sebelah timur, dan di sebelah utara berbatasan dengan Irlandia Utara. Sementara itu, sebelah barat dan selatan Republik Irlandia berbatasan dengan  Samudra Atlantik.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 negara kepulauan terbesar di dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Negara dengan Upah Minimum Terbesar
10 Negara Paling Dingin Sedunia
10 Negara dengan Jumlah Billionare Terbanyak
10 Negara dengan Utang Tertinggi di Dunia
Negara-Negara dengan Biaya Hidup Termurah
10 Negara Paling Kelaparan di Dunia
10 Negara Paling Panas Di Dunia
10 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia
Di Mana Tambang Emas Terbesar di Dunia?
10 Negara Paling Suka Minum Bir


Bagikan Ke Teman Anda