Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Fakta Negara Jepang yang Unik dan Menarik

Siapa yang tak mengenal Jepang? Negara yang satu ini adalah negara yang unik dan menarik. Negara ini juga merupakan surga anime bagi para animelovers. Jepang sendiri merupakan sebuah negara kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 6.852 pulau. Pulau-pulau utama di negara Jepang dari utara ke selatan adalah Pulau Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu.

Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 377.973 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 126 juta orang berdasarkan sensus penduduk tahun 2014. Ada beberapa fakta negara Jepang yang unik dan menarik yang bisa Anda ketahui lho. Berikut daftarnya :

  1. Tradisi Makan yang Unik

Jepang adalah salah satu negara dengan tradisi makan yang unik. Mereka sangat mematuhi aturan tata krama saat sedang makan. Contohnya, ketika orang Jepang memakan mie menyeruput kuah makanan sampai terdengar bunyi “slurrp” merupakan bentuk pujian untuk menyampaikan bahwa makanan tersebut enak. Selain itu, orang Jepang akan makan dengan menggunakan mangkok dengan mendekatkannya ke mulut. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kesopanan.

  1. Budaya Disiplin yang Tinggi

Umumnya orang Jepang sangatlah menjunjung tinggi kedisplinan. Salah satu contohnya adalah budaya mengantri. Ketika berada di sebuah tempat pelayanan umum, orang Jepang akan mengantri dengan tertib. Bahkan, walaupun tanpa garis pembatas atau penjaga mereka tetap akan mematuhi ketertiban ini. Bagi mereka, melanggar antrian adalah sesuatu yang sangat memalukan. Nah, budaya mengantri inilah yang seharusnya kita contoh.

  1. Banyak Vending Machine Otomatis

Jepang merupakan salah satu negara dengan tingkat peradaban teknologi yang tinggi. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya mesin penjualan otomatis yang tersedia di hampir semua sudut kota.

Bukan hanya makanan saja. Anda juga bisa menemukan berbagai hal lainnya di dalam mesin penjualan otomatis ini. Contohnya adalah komik , minuman, bahkan mainan.

  1. Transportasi Publik yang Berkualitas

10 Fakta Negara Jepang nomor 4 adalah transportasi publik di negara Jepang yang berkualitas. Salah satu contohnya adalah kereta super cepat yang bisa dinaiki untuk mengelilingi Jepang. Kereta tersebut dinamakan Shinkasen.

Selain itu, transportasi publik di Jepang juga sangatlah tepat waktu. Jika pun terlambat, selisih waktunya mungkin hanya akan terpaut beberapa detik saja. Hal tersebut juga layak untuk kita contoh mengingat transportasi publik di Indonesia terkadang mengalami delay hingga berjam-jam atau juga angkutan umum seperti busnya yang tidak tepat waktu.

Di Jepang Anda juga bisa menggunakan kartu transportasi ketika ingin menaiki kendaraan umum. Hal tersebut tentunya akan mempermudah setiap transaksi karena Anda tak perlu membawa uang tunai.

  1. Menjunjung Tinggi Budaya Bersih

Fakta selanjutnya dari negara Jepang adalah orang Jepang adalah orang yang menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Saat mereka pergi ke suatu tempat misalnya stadion untuk menonton pertandingan.

Mereka tak akan meninggalkan sampah yang berserakan. Mereka akan membawa sampahnya sampai menemukan tempat sampah terdekat. Hal ini membuat lingkungan di Jepang bersih dan jarang ada tumpukan sampah yang berserakan.

  1. Cosplayer

Cosplayer adalah sebutan bagi orang yang melakukan cosplay. Cosplay sendiri terdiri dari gabungan kata “custome” dan “play” yang artinya menirukan visual dari sebuah tokoh dalam anime, manga  atau video character yang terkenal.

Cosplay ini meliputi baju, tata rambut hingga tata rias. Intinya, dalam cosplay ini mereka akan membuat visual mereka mirip dengan tokoh kartun tersebut.

  1. Adanya layanan kencan

Warga Jepang sendiri adalah orang yang memiliki etos kerja tinggi alias giat bekerja. Mereka akan sibuk pada kariernya hingga membuat pemerintah khawatir akan terjadinya penurunan populasi penduduk Jepang.

Selain itu, mayoritas penduduk Jepang juga sudah tua. Oleh karena itu, Pemerintah Jepang berinisiatif untuk menyediakan layanan kencan sehingga penduduknya bisa segera menemukan pasangan agar mereka segera menikah.

  1. Adanya Hikkomori

Hikomori adalah sebuah fenomena unik di kalangan remaja Jepang. Mereka akan membatasi ruang sosialnya dan hanya akan berdiam diri di dalam kamar atau rumahnya. Hal ini disebabkan oleh sifat antisosial hingga tekanan yang dialami oleh remaja tersebut.

Umumnya, mereka juga akan bergantung pada orang tuanya untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

  1. Adanya Otaku Anime

Otaku adalah sebutan bagi orang yang menyukai anime. Otaku bisa dibilang adalah orang yang menekuni hobi atau passion- nya dengan bersungguh – sungguh. Salah satunya adalah anime. Kecintaannya pada dunia anime akan membuat mereka menghayati setiap karakter dalam anime tersebut.

  1. Negeri Bunga Sakura

Daftar terakhir dari 10 Fakta Negara Jepang adalah sebutan negara ini yang unik. Negara Jepang juga dikenal sebagai negara Bunga Sakura lantaran ada banyak sekali bunga sakura yang akan bermekaran di Jepang ketika musimnya telah tiba. Bahkan, negara ini juga menggelar festival Bunga Sakura yang rutin dilaksanakan lho.

Kesimpulan

Itulah 10 Fakta Negara Jepang yang bisa aku share kali ini. sebenarnya, masih ada banyak hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di Jepang. Salah satunya adalah ragam kulinernya. Di Jepang ada banyak gerai atau jajanan alias street food yang bisa Anda temukan. Tentunya ada beragam kuliner menarik yang bisa Anda nikmati di sana. Salah satunya adalah Sushi, hidangan yang satu ini memang sangatlah terkenal di Jepang.

Jepang juga sangat terkenal dengan perkembangan teknologinya yang pesat. So, jangan heran ketika kamu menemukan berbagai peralatan dan teknologi yang canggih di sana. Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 fakta negara Jepang yang unik dan menarik, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Negara-Negara Paling Tidak Bahagia Sedunia
Apa Itu Kakeibo, Seni Menyimpan Uang Ala Jepang?
Fakta Mengejutkan Dalam Mengelola Keuangan
Negara dengan Bank Teraman Di Dunia
Apa yang Terjadi ketika Negara Gagal Membayar Utang (Default)?
10 Negara Penghasil Gandum Terbanyak Di Dunia
Daun Pepaya Jepang, Superfood dari Suku Maya
10 Negara Termiskin Di Dunia
10 Negara dengan Inflasi Tertinggi di Dunia
Berbagai Fakta Tentang Uang


Bagikan Ke Teman Anda