Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Negara Pengguna Ganja Terbesar

Penemuan belakangan menunjukkan bagaimana negara kita sulitnya mengatasi penyalahgunaan narkoba untuk tidak semakin menyebar. Sayangnya, tidak semudah itu. Mungkin mencegah masuknya jenis narkotika lain ke Indonesia bisa dilakukan, namun bagaimana dengan ganja yang tumbuh rutin di sekitar lingkungannya?

Tentu menjadi sangat sulit mengontrol pengetahuan bahwa ganja itu termasuk obat-obatan terlarang yang tidak boleh digunakan dengan sembarangan. Mengapa sebuah tanaman yang terlarang dikonsumsi bisa tumbuh dengan banyak di sekitar lingkungannya? Namun tidak hanya untuk masyarakat Indonesia saja, beberapa negara lain pun terus melakukan perdebatan mengenai legalitas penggunaan ganja.

Ada beberapa negara yang sudah melegalkan penggunaannya, sehingga pengguna ganja yang ditemukan tiap tahunnya cukup besar. Namun ada juga yang belum dilegalkan penggunaannya, tetapi masyarakatnya ditemukan adalah pengguna ganja terbesar saat ini.

Informasi mengenai negara mana saja yang tergolong pengguna terbesar ganja ini sangat menarik. Apakah ada Indonesia termasuk di dalamnya? Jika anda penasaran mengenai informasi ini, anda bisa mengetahuinya melalui tabel berikut.

Tabel ini mendaftar sejumlah 30 negara yang termasuk dalam negara pengguna ganja terbesar di dunia. Temuan per tahun kasus ganja adalah standar penyusunan daftarnya. Selain tabel, ada juga penjelasan untuk 10 negara pengguna ganja terbesar di dunia. Silahkan simak penjelasannya pada bagian berikutnya. Semoga bermanfaat!

Tabel 1. Daftar Negara Pengguna Ganja Terbesar di Dunia

No. Negara Temuan Tahunan (dalam Persen)
1 Kanada 32,7
2 Papua Nugini 29,5
3 Israel 27
4 Palau 24,2
5 Pulau Mariana Utara 22,2
6 Ghana 21,5
7 Guam 18,4
8 Islandia 18,3
9 Amerika Serikat 16,2
10 Sierra Leone 16,1
11 Republik Ceko 15,2
12 Andorra 14,6
13 Italia 14,6
14 Selandia Baru 14,6
15 Nigeria 14,3
16 Saint Kitts and Nevis 11,7
17 Chili 11,3
18 Dominica 10,8
19 Grenada 10,8
20 Antigua dan Barbuda 10,6
21 Australia 10,6
22 Spanyol 10,6
23 Jamaika 9,9
24 Zambia 9,5
25 Isle of Man 9,4
26 Madagaskar 9,1
27 Saint Lucia 9,0
28 Monako 8,9
29 Perancis 8,6
30 Liechtenstein 8,6

10 Negara Pengguna Ganja Terbesar di Dunia Berdasarkan Temuan Penggunanya

Sesuai dengan penjelasan singkat yang sudah tertera pada tabel di atas, anda bisa mengetahui bahwa ternyata Indonesia belum termasuk dalam 30 pengguna ganja terbesar di dunia. Indonesia berada di urutan ke 140. Cukup kecil besar temuan tahunannya. Lalu berikutnya yang anda perlu ketahui adalah kondisi negara-negara yang menempati peringkat 10 besar sebagai negara pengguna ganja terbesar. Apa penyebabnya dan bagaimana pemerintah negara tersebut mengatur mengenai penggunaan ganja ini? Simak terus penjelasan di bawah ini.

  • Kanada

Seperti diketahui melalui daftar di atas, Kanada ada negara dengan pengguna ganja terbesar di dunia. Masyarakatnya antara usia 15-64 tahun ada 32,7% yang paling tidak pernah sekali menggunakan ganja. Jumlah ini sangat besar dan karena itu juga baru-baru ini Kanada melegalisasi penggunaan ganja di negaranya.  Jadi masyarakat di Kanada bisa membeli ganja secara resmi.

  • Papua Nugini

Berikutnya ada Papua Nugini dengan persentase jumlah pengguna ganjanya 29,5% dari seluruh masyarakatnya yang berusia 15-64 tahun. Angka yang cukup besar tentunya. Namun pengguna ganja ini tidak legal di Papua Nugini. Walau memang tanaman ganja tumbuh dengan subur di tanah Papua Nugini.

  • Israel

Tidak main-main, Israel juga menjadi salah satu negara dengan pengguna ganja terbesar di dunia. Berada pada peringkat ketiga, Israel memiliki persentase sebesar 27% dari masyarakat usia 15-64 tahun telah menggunakannya. Bahkan ditemukan bahwa para tentara israel pun turut mengonsumsi ganja, dan mereka jumlahnya hampir setengah dari seluruh tentara Israel.

  • Ghana

Negara-negara di Afrika banyak ditemukan menjadi pengguna ganja terbesar. Namun Ghana menjadi salah satu yang paling besar dan menempati urutan keempat di dunia. Negara Ghana juga memiliki lahan di mana ganja bisa tumbuh dengan subur. Bahkan saat ini pemerintahnya masih membahas kemungkinan untuk melakukan legalisasi atau penggunaannya.

  • Palau

Pernahkah anda mendengar negara ini sebelumnya? Republik Palau ada di antara Maluku dan Filipina yang menjadi daerah dengan pengguna ganja terbesar di dunia juga. Sebagai negara tropis, pertumbuhan ganja yang ditanam di negara ini pun sangat subur. Sesuai dengan penemuannya, walau masih ilegal masyarakat di negara ini memang sangat banyak memroduksi dan mengonsumsi pengolahan ganja sendiri.

  • Pulau Mariana Utara

Salah satu negara yang telah melegalisasi penggunaan ganja adalah Pulau Mariana Utara ini. Legalisasi yang ditetapkan pemerintahnya dalam penggunaan ganja adalah untuk pengguna usia 21 tahun ke atas dan untuk kebutuhan medis. Namun legalisasi ini baru saja terjadi, sebelumnya walau masih ilegal masyarakatnya masih tetap dengan aktif mengonsumsinya.

  • Guam

Sebelumnya, pengguna ganja di Guam sempat menjadi yang terbesar ketiga di seluruh dunia. Namun saat ini sudah berkurang dibanding dengan negara lain dan menempati urutan ketujuh. Walau sebelumnya hanya legal untuk penggunaan bidang medis, sejak tahun 2019 bulan Maret kemarin akhirnya penggunaan ganja sudah legal seperti alkohol dan tembakau.

  • Islandia

Sampai saat ini penggunaan ganja di Islandia masih termasuk ilegal. Akan tetapi jumlah penggunanya sudah mencapai 18,3% dari jumlah masyarakat yang berusia antara 15-64 tahun. Tentu menjadi jumlah yang sangat besar dengan aturan hukum yang berlaku. Namun memang penggunaan ganja di negara ini sudah bukan temuan baru. Sejak tahun 1969 penggunanya terus bertambah dan bertambah.

  • Amerika Serikat

Amerika Serikat sampai saat ini juga masih menjadikan pengunaan ganja ilegal di seluruh negaranya. Namun karena penggunanya yang sangat banyak bahkan mencapai 16,2% dari populasi masyarakat berusia 15-64 tahun, maka terlihat pemberian hukumannya pun semakin melemah. Hal ini yang membuat jumlah pengguna ganja bukannya berkurang malah terus semakin bertambah di negara ini.

  • Sierra Leone

Satu lagi negara dengan pengguna ganja terbesar di dunia atau mencapai 16,1% dari jumlah populasi masyarakat berusia 15-64 tahunnya adalah Sierra Leone. Negara ini juga masih menggolongkan ganja ilegal. Namun pada pelaksanaannya, banyak sekali masyarakatnya yang mengonsumsi ganja bahkan melakukan eksport ke negara lain dan menjadikannya sumber penghasilan.

Anda kini sudah mengetahui negara mana saja yang menjadi pengguna ganja terbesar di dunia. Ternyata penemuan penggunaan ganja di dunia cukup besar setiap tahunnya. Bahkan dalam persentasenya, ada negara dengan lebih dari 30% populasi masyarakatnya adalah pengguna ganja. Hal ini tentu dijelaskan karena penggunaannya yang tidak dibatasi seperti di negara-negara lain, contohnya Indonesia. Namun ada juga negara yang penggunaan ganja sudah dibatasi hukum, tetapi masih saja tinggi persentase penggunanya. Jadi hal-hal seperti ini yang bisa dipelajari dari setiap negara tersebut. Jadi jadikan penjelasan sebelumnya sebagai informasi bermanfaat terkait dengan negara-negara yang jumlah pengguna ganjanya sangat tinggi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang negara-negara pengguna ganja terbesar, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Negara Paling Boros Listrik
Apa yang Terjadi Jika Negara Menolak Melunasi Utang?
10 Negara Paling Kelaparan di Dunia
Apa itu Depresi & Great Depression?
10 Negara yang Punya Senjata Api Terbanyak
10 Negara Paling Banyak Utang Pemerintahnya
Pentingnya Stabilitas Harga Bagi Masyarakat dan Negara
10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia
10 Negara Paling Suka Minum Bir
10 Negara dengan Kekuatan Milter Terbesar


Bagikan Ke Teman Anda