Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia

Setiap negara tentunya memiliki penduduk tetap karena penduduk ini merupakan salah satu syarat berdirinya sebuah negara. Ada negara terpadat dan juga negara yang memiliki jumlah penduduk yang sedikit di dunia. Ada berbagai faktor yang dapat memengaruhi populasi penduduk suatu negara. Salah satunya adalah tingkat kelahiran dan kematian.

So, kali ini Penulis akan membahas 10 negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia berdasarkan data yang diperoleh dari CIA World Factbook . Berikut daftarnya :

  1. Tiongkok

Tiongkok merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Tanggal 17 Agustus 2020 penduduk Tiongkok telah mencapai 1.404.890.000. Jumlah populasi ini menyumbang 18,4% dari total seluruh penduduk di dunia.

Tiongkok atau RRC (Republik Rakyat Cina) adalah  sebuah negara yang terletak yang beribu kota di Beijing.. Tiongkok memiliki luas wilayah sebesar 9,69 juta kilometer persegi. Namun, semenjak diterapkannya kebijakan 1 anak jumlah kelahiran dan angka populasi di penduduk di Cina tak mengalami peningkatan yang signifikan alias cenderung menurun.

  1. India

India menempati peringkat kedua dalam daftar 10 negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Per 17 Agustus 2020 penduduk di India mencapai angka 1.363.900.000 jiwa dan menyumbang 17,8% dari seluruh populasi penduduk di dunia.

India sendiri adalah sebuah negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Hindu ( kurang lebih 79,8% ). Ibu kotanya terletak di New Delhi. Sementara kota terbesar di India adalah kota Mumbai.

  1. Amerika Serikat

Per 17 Agustus 2020 Amerika Serikat memiliki jumlah penduduk sekitar 333.914.000 jiwa. Hal tersebut membuat Amerika menempati peringkat ke 3 dalam daftar 10 negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Jumlah penduduk Amerika Serikat tersebut mengambil bagian sebesar 4,36% dari seluruh populasi manusia di dunia.

Amerika Serikat atau yang biasa disebut sebagai USA (United States of America) adalah negara adidaya yang terdiri dari beberapa negara bagian. Perekonomian Amerika Serikat sendiri menganut sistem ekonomi kapitalis campuran.

  1. Indonesia

Indonesia menempati peringkat keempat dengan jumlah penduduk mencapai 268.074.600 per 1 Juli 2019. Penduduk Indonesia menyumbang sekitar 3,5% dari seluruh penduduk di dunia.

Indonesia atau NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan total pulau mencapai 17.504 pulau. Indonesia sendiri terletak di Asia Tenggara dan dilintasi oleh garis katulistiwa.

Indonesia juga terletak di antara benua Asia dan Australia. Selain itu, Indonesia juga diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Lebih dari 50% penduduk Indonesia menempati Pulau Jawa. Hal ini menjadikan Pulau Jawa menjadi pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia. Pulau Jawa juga merupakan tempat di mana Ibu Kotanya yaitu Jakarta berada.

  1. Pakistan

Negara yang selanjutnya adalah Pakistan. Pakistan memiliki jumlah penduduk sebanyak 220.651.000 per 17 Agustus 2020. Populasi ini menempati 2,88% penduduk bumi.

Pakistan atau Republik Islam Pakistan adalah negara dengan mayoritas penduduk beragam Islam. Persentasenya hampir 97 % dari total semua penduduknya.

  1. Brazil

Negara yang menempati urutan ke 6 dalam daftar 10 negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia adalah negara Brazil. Populasi Brazil menempati 2,79% dari seluruh penduduk di dunia.

Meskipun memiliki jumlah penduduk yang banyak. Namun, sejak tahun 1970 keluarga di   Republik Federal Brazil atau Brazil telah memutuskan untuk melakukan berbagai hal seperti menunggu lebih lama untuk memiliki anak dan juga para perempuannya yang bekerja. Hal ini membuat angka populasi penduduk di Brazil tak terlalu mengalami kenaikan secara signifikan.

  1. Nigeria

Per 1 Juli 2016, Nigeria memiliki jumlah penduduk sebesar 193.392.517 atau 2,53% dari seluruh penduduk dunia. Diperkirakan penduduk Nigeria pada tahun 2030 akan terus meningkat hingga mencapai 260 jutaan jiwa.

  1. Bangladesh

Negara selanjutnya adalah Bangladesh. Negara ini pada 17 Agustus 2020 memiliki jumlah penduduk sebanyak 169.143.000 atau 2,21 % dari total penduduk di dunia.

Ibu Kota sekaligus kota terbesar di Bangladesh adalah di Kota Dhaka. Penduduk Bangladesh sebenarnya memiliki rentang usia yang muda yaitu berkisar antara 0 hingga 25 tahun (60% dari populasi Bangladesh). Sementara itu, jumlah kelompok manula (65 tahun ke atas) hanya 3% saja.

Sekitar tahun 1980, pertumbuhan penduduk di Bangladesh sudah mulai menurun karena adanya kebijakan pengendalian penduduk.

  1. Rusia

Pada 1 Januari 2018, Rusia memiliki jumlah penduduk sebesar 146.877.088 atau 1,92 % dari jumlah seluruh penduduk di dunia. Meskipun memiliki jumlah penduduk yang besar. Namun, Rusia adalah negara yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang rendah terutama dikarenakan wilayahnya yang sangat luas.

Daerah di Rusia yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi adalah di belahan Eropa Rusia, di kawasan Pegunungan Ural dan di barat daya Siberia.

  1. Meksiko

Per tanggal 1 Januari 2019, Meksiko memiliki jumlah penduduk sebesar 126.577.691 atau 1,65% dari penduduk dunia. Negara Meksiko ini terletak di Amerika utara dan berbatasan dengan Amerika Serikat,   Guatemala dan Belize di sebelah tenggara,  di barat dan Teluk Meksiko  dan Laut Karibia  di sebelah timur. Mayoritas bahasa yang digunakan negara ini adalah Bahasa Spanyol.

Kesimpulan

Itulah 10 negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia yang bisa Penulis share kali ini. Berbagai langkah sebenarnya telah dilakukan oleh negara tersebut untuk menekan angka penduduk yang semakin bertambah karena hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah ke depannya. Contoh kebijakan tersebut adalah kebijakan KB atau Keluarga Berencana yang diberlakukan Pemerintah Indonesia.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 negara dengan penduduk terbanyak di dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Kota di Dunia Paling Mahal Biaya Hidupnya 2019
Negara-Negara Paling Tidak Bahagia Sedunia
10 Universitas Termahal di Dunia
15 Franchise Paling Untung di Dunia
Negara dengan Bank Teraman Di Dunia
10 Negara yang Punya Senjata Api Terbanyak
Daftar Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia
15 Negara HIV/AIDS Terbesar
10 Negara Pencetak Buku Terbanyak di Dunia
Bank Teraman di Dunia


Bagikan Ke Teman Anda