Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

15 Negara Paling Aman untuk Pensiun, Indonesia Salah Satunya

Setelah menabung selama bertahun-tahun, setiap orang pastinya mendambakan bisa melalui masa pensiun dengan aman dan nyaman. Tak sedikit juga yang ingin menghabiskan masa pensiun di negara lain yang dianggap lebih tenang dan cocok untuk menjalani kehidupan sebagai pensiunan.

Tapi tidak semua negara aman dan nyaman untuk ditinggali. Bisa karena biaya hidupnya yang mahal atau karena negaranya yang sudah terlalu padat sehingga harga properti melambung tinggi. Yang lebih fatal lagi, kalau Negara terbebut indeks kejahatanya tinggi.

Tentu kamu tidak ingin menghabiskan masa tua kamu di Negara semacam itu bukan? Karena itu, di bawah ini adalah deretan 15 negara yang aman untuk ditinggali para pensiunan. Selain biaya hidupnya tidak terlalu menguras kantong, suasananya juga lebih tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang sibuk.

  1. Austria

Oke, Austria memang bukan termasuk negara yang murah. Tapi Austria adalah salah satu negara yang sangat layak ditinggali. Bahkan penelitian yang dilakukan baru-baru ini menyatakan bahwa ibukota Austria, Wina, adalah kota yang paling layak untuk ditinggali di muka Bumi.

Di Wina, ada banyak museum yang menyimpan karya seni kelas dunia, begitu pula dengan bangunan bergaya arsitektur yang terkenal di seluruh dunia. Keamanan di negara yang tenang ini pun sangat terjamin. Kalau punya dana pensiun berlebih, Austria layak jadi pilihan.

  1. Portugis

Portugis berada tepat di bawah Austria dalam urutan Global Peace Indeks, tepatnya berada di peringkat 4. Ini membuat Portugis sebagai masuk dalam 5 besar negara paling aman di dunia. Portugis punya pantai dan iklim yang cukup hangat, jadi sangat cocok untuk yang ingin menikmati suasana santai di pantai saat pensiun.

Tentunya untuk bisa mendapatkan izin menghabiskan pensiun di negara ini dibutuhkan beberapa hal. Salah satunya adalah bukti asuransi kesehatan.

  1. Republik Ceko

Sudah ke Eropa Barat, sekarang kita menuju ke Eropa Timur. Di sana ada Republik Ceko yang menempati peringkat ketujuh di Global Peace Indeks. Jadi masih ada di urutan top 10 dalam negara yang paling aman ditinggali di dunia. Menariknya, harga properti di Ceko jauh lebih murah dibandingkan dengan negara-negara di Eropa barat.

Republik Ceko dikenal sebagai pusatnya istana di seluruh dunia. Jadi, kalau kamu suka dengan sejarah, pasti akan senang tinggal di negara ini. Salah satu contohnya adalah Kastil Praha yang sudah berdiri sejak abad pertengahan.

  1. Slovenia

Berdekatan dengan Austria, Slovenia berada di Eropa Tengah. Dalam deretan Global Peace Indeks, Slovenia ada di urutan ke-11. Kalau kamu ingin pensiun di dekat Pegunungan Alpen, tapi tidak sanggup menanggung biaya hidup yang mahal di Prancis atau Swiss, maka Slovenia adalah pilihan terbaik.

Bahkan salah satu kota di Slovenia, Ljubljana masuk kedalam top 10 kota untuk menghabiskan masa pensiun di dunia. Untuk bisa tinggal dengan nyaman di Ljubljana bersama pasangan, dibutuhkan sekitar Rp 22 juta per bulannya.

  1. Australia

Negara yang kelima ini tidak terlalu jauh letaknya dari Indonesia. Dalam Global Peace Indeks, Australia ada di urutan ke-13. Untuk bisa tinggal di negara kangguru ini dengan nyaman dengan sebuah mobil sewaan, dibutuhkan sekitar Rp 14 juta sampai Rp 22 juta tiap bulannya.

Australia memang dikenal sebagai negara yang budayanya santai dan sangat tenang. Sama sekali bukan tipe negara yang sibuk dan harus serba cepat. Apalagi negara ini juga punya banyak pantai.

Kalau kamu suka dengan binatang, tinggal di Australia akan sangat menyenangkan. Warga Australia dikenal sebagai penyayang binatang dan memperlakukan binatang dengan sangat baik.

  1. Ekuador

Di negara yang ada di Amerika Selatan ini, salah satu kelebihannya adalah kita bisa tinggal di kawasan yang iklimnya hangat di pinggir pantai. Tapi jika lebih suka kawasan yang dingin, bisa juga memilih kawasan di dekat pegunungan Andes. Bukan hanya itu. Kita juga bisa memilih tinggal di pedesaan, atau bahkan kota besar yang nyaman.

Karena lokasinya yang berada di ekuator membuat negara ini memiliki kawasan dengan iklim yang terbaik di dunia. Keindahan alamnya juga patut diapresiasi.

Dan satu hal lagi yang paling penting, biaya hidup di Ekuador bervariasi. Untuk properti, tersedia dari yang biayanya rendah sampai paling mewah sekalipun. Oh ya, kulinernya juga lezat, loh.

  1. Spanyol

Karena adanya beberapa konflik, posisi Spanyol di Global Peace Indeks memang menurun belakangan ini. Meskipun demikian, Spanyol tetap jadi negara di Eropa yang diincar pensiun karena biaya hidupnya yang rendah dan suasana yang tenang.

Karena sejarahnya yang panjang, Spanyol menawarkan banyak hal untuk dinikmati turis. Benar-benar tempat yang menyenangkan untuk pensiun. Karena setiap hari pasti ada saja yang ingin dilihat.

Untuk pecinta seni, kamu bisa menemukan karya klasik dari masa Barok milik Diego Velazquez, atau karya seni modern karya Picasso dan Salvator Dali. Tambahan lagi, kuliner Spanyol juga dikenal lezat!

  1. Kosta Rika

Bergeser ke Amerika Tengah, kita menuju ke negara tropis, Kosta Rika. Bagi kamu yang ingin menikmati masa pensiun di pinggir pantai, Kosta Rika adalah salah satu pilihan.

Di negara ini, biaya hidupnya cukup terjangkau. Di kota sepopuler Central Valley saja, harga sewa tempat tinggal per bulan dimulai dari Rp 7,5 jutaan. Sementara biaya sekali makan di restoran adalah Rp 60 ribu.

Negara ini sangat cocok untuk yang menyukai aktivitas outdoor. Dijamin tidak akan bosan di Kosta Rika! Kamu bisa menikmati memancing, naik kuda, berselancar, hiking di hutan, dan masih banyak lagi kegiatan seru lainnya. Satu hal lagi yang perlu dicatat adalah biaya kesehatannya yang terjangkau.

  1. Panama

Masih di Amerika Tengah, Panama adalah negara yang tepat kalau ingin tinggal di negara tropis yang modern. Walau dekat dengan pantai, tapi warganya bisa merasakan nyamannya tinggal di perkotaan. Selain itu, beban pajak di negara ini juga termasuk rendah walaupun mata uang yang digunakan adalah Dolar.

Panama City dikenal dengan kulinernya yang menarik, serta musik jazz. Di kota ini kamu juga menikmati main golf dan tenis. Selain Panama City, banyak kota-kota lain yang terletak di pinggir gunung, menjadi tujuan pensiun terbaik di dunia. Pilihan lainnya tentu kota-kota yang memiliki pantai, seperti Coronado dan Bocas del Toro.

  1. Belize

Masih di Amerika Tengah, negara yang ke-10 adalah Belize. Tahu nggak sih, bahasa nasional di Belize adalah bahasa Inggris. Dan Belize menjadi satu-satunya negara di Amerika Tengah yang bahasa nasionalnya adalah bahasa Inggris. Jadi, urusan komunikasi tentunya lebih mudah dibandingkan dengan negara lain yang bahasa nasionalnya bukan bahasa Inggris.

Dibandingkan dengan Panama, biaya hidupnya lebih murah. Tapi kamu tetap bisa mendapatkan suasana yang mirip dengan panama. Tinggal di rumah pinggir pantai yang mewah, makan di luar hampir setiap saat, bisa kamu rasakan dengan biaya yang lebih murah.

  1. Chili

Bergeser ke Amerika Latin, kita menuju Republik Chili. Di negara ini, kamu akan mendapatkan standar kehidupan yang paling baik di Amerika Latin. Tapi dengan harga yang sangat terjangkau! Air bersih, koneksi internet yang dapat diandalkan, bahkan pemandangan yang bervariasi dan indah, bisa didapatkan di negara ini.

Jika ingin pensiun secara berkelas tapi dengan budget minimal, Republik Chili lah jawabannya. Untuk tinggal dengan sangat nyaman, kamu bisa pilih ibukota Santiago sebagai tempat tinggal. Tapi tentunya tinggal di ibukota biaya hidupnya lebih mahal. Meskipun begitu, tetap saja lebih rendah dibandingkan dengan Eropa bahkan Amerika Tengah.

  1. Vietnam

Sudah puas mengelilingi benua Eropa dan Amerika, sekarang saatnya menuju ke Asia. Negara yang pertama menjadi tempat tujuan pensiun adalah Vietnam. Negara ini punya kota yang modern dan progresif, tapi ada juga situs historis yang kuno dan masih terpelihara. Di samping itu, Vietnam juga punya pantai yang tidak terlalu ramai dan pegunungan indah.

Menariknya lagi, penduduknya dikenal sangat ramah. Vietnam juga berkembang sangat pesat. Karena itu sistem kesehatannya mulai membaik. Tak hanya itu, kenyamanan modern dan jalanan yang mulus juga sudah mudah ditemukan di mana-mana, tidak hanya di kota besarnya saja.

Di kota-kota besarnya, gedung pencakar langit sangat mudah ditemukan. Tapi kuil kuno berusia ribuan tahun dan makam kaisar masih tetap dipertahankan dan dijaga dengan sangat baik. Perpaduan budaya yang kaya dan modernitas menjadikan Vietnam sangat menarik.

  1. Filipina

Filipina adalah negara tujuan pensiun yang aman ditinggali dari segi kantong. Biaya hidupnya hampir sama dengan Indonesia. Di negara ini, komunitas ekspatriat berkembang pesat dan sebagian besar orang fasih berbahasa Inggris. Jadi pastinya lebih mudah untuk tinggal di sini daripada di negara yang tidak berbahasa Inggris.

Untuk kehidupan bersantai, kamu bisa menikmati deretan pantai yang indah, pulau-pulau terpencil yang siap untuk dieksplor, dan kuliner lezat yang sangat terjangkau! Ditambah lagi, warga Filipina juga dikenal ramah.

  1. Malaysia

Di negara tetangga ini, bahasa yang diucapkan mirip dengan bahasa kita. Tapi beberapa orang mungkin akan lebih nyaman menggunakan bahasa Inggris, untuk menghindari kesalahpahaman. Malaysia adalah salah satu negara yang paling aman ditinggali di Asia Tenggara. Selain itu, sistem kesehatannya juga maju.

Penang jadi salah satu tujuan pensiun yang aman dan nyaman. Suasana tinggal di kepulauan yang tenang menjadi alasannya. Biarpun begitu, akses ke kota-kota besar tetap sangat mudah, jadi tinggal di Penang tetap nyaman dan tidak terkucil. Memang biaya hidup di Penang jadi sedikit lebih mahal saking banyaknya orang yang ingin tinggal di sini.

  1. Indonesia

Ya, Indonesia juga masuk ke dalam daftar, loh. Karena wilayahnya yang sangat luas, Indonesia memiliki banyak sekali area yang bisa ditinggali. Mau tinggal di kota besar yang selalu sibuk dan padat penduduk? Ada. Walaupun sepertinya untuk menikmati masa pensiun sebaiknya memilih kota yang tenang.

Indonesia punya kok kota besar yang cukup tenang. Tetap nyaman dengan perlengkapan modern, tapi tidak banyak kemacetan. Sementara itu, yang lebih suka suasana yang santai dengan kehidupan serba santai, bisa memilih tinggal di daerah pinggir pantai atau pedesaan.

Selain itu, kuliner Indonesia yang sangat kaya rasa menjadikan negara ini sebagai salah satu tujuan pensiun. Tidak cukup satu bulan untuk menikmati kuliner Indonesia yang begitu beragam. Biaya hidup di Indonesia juga dianggap sangat murah.

Nah itulah beberapa Negara yang sampai saat ini menempati posisi terbaik untuk pensiun. Meski demikian tidak serta merta jadi pilihan. Sebab biasanya ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan dimana seseorang akan pensiun. Termasuk juga soal tanah kelahiran. Jadi putuskan sendiri dimana kamu akan pensiun, ya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentangĀ 15 negara paling aman untuk pensiun, Indonesia salah satunya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Negara-Negara Paling Bahagia Sedunia 2019
10 Negara Paling Panas Di Dunia
Apa yang Terjadi Bila Sebuah Negara Default (Tidak Mampu Bayar Utang)?
Apa itu Defisit Negara?
Tempat Investasi Emas Aman dan Terpercaya
10 Negara Terbodoh di Dunia
Hindari Pemborosan Berikut Ini Ketika Mempersiapkan Pensiun
10 Fakta Negara Jepang yang Unik dan Menarik
Bagaimana Menggunakan ATM dengan Aman?
10 Negara dengan Utang Tertinggi di Dunia


Bagikan Ke Teman Anda