Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

12 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Pensiun Dini

Saat kamu memasuki dunia kerja, cepat atau lambat kamu akan berpikir tentang masa pensiun. Mungkin kamu sama seperti kebanyakan orang yang ingin pensiun di usia 50 hingga 60 tahun, atau mungkin juga kamu memiliki impian untuk pensiun di usia muda. Tentu saja, pensiun di usia muda bukanlah sesuatu yang mudah dicapai.

Untuk bisa mewujudkannya, kamu harus bekerja lebih keras dan lebih ekstrim dari orang lain. Mungkin jam kerja yang harus kamu jalani setiap hari lebih panjang dari pekerja lainnya, menekan pengeluaran semaksimal mungkin, hingga menahan banyak keinginan untuk menjalani gaya hidup seperti orang-orang seusiamu. Meskipun demikian, mereka yang berhasil pensiun dini tidak pernah mengeluhkan ketatnya keuangan dan beratnya hidup yang harus mereka jalani di usia muda.

Pensiun dini bukanlah sesuatu yang mustahil jika kamu mempersiapkannya sejak dini. Ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa pensiun dini.

  1. Tentukan kehidupan seperti apa yang diinginkan setelah pensiun nanti

Jika kamu merencakan untuk pensiun dini, maka kamu harus memiliki gambaran tentang seperti apa kehidupan yang ingin kamu jalani setelah pensiun nanti. Apakah kamu ingin menghabiskan waktu dengan liburan keliling dunia? Menjalani kehidupan yang tenang dan damai di area pedesaan? Atau justru mempersiapkan biaya lebih untuk menjaga kesehatanmu di masa tua?

Dana pensiun yang kamu butuhkan sangat bergantung pada kehidupan yang ingin kamu jalani nantinya. Oleh karena itu, kamu harus memikirkannya dengan baik.

  1. Rencakanan berapa pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan di masa pensiun

Setelah kamu selesai menentukan gaya hidup di masa pensiun nanti, saatnya kamu merencanakan pengeluaranmu. Banyak orang berpikir bahwa pengeluaran mereka akan lebih rendah di masa pensiun, padahal tidak selalu demikian. Kalau kamu punya cita-cita menghabiskan pensiun dengan keliling dunia, tentunya kamu akan memerlukan uang yang jauh lebih banyak.

Belum lagi kamu harus menanggung sendiri biaya kesehatan di masa pensiun yang bisa membuat pengeluaranmu semakin membengkak dari sebelumnya.

  1. Tentukan berapa tabungan yang harus kamu miliki untuk bisa pensiun dini

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan berapa uang yang harus kamu miliki sebagai dana pensiun. Bagi jumlah tersebut dengan sisa masa kerja yang kamu miliki. Misalnya saat ini kamu berusia 25 tahun dan ingin pensiun di usia 45 tahun, maka kamu memiliki waktu 20 tahun untuk menabung. Dari angka-angka tersebut kamu bisa menentukan berapa jumlah uang yang harus disisihkan setiap bulan untuk mencapai jumlah tersebut tepat waktu.

  1. Mulailah mengumpulkan uang sebanyak mungkin

Cara yang paling realistis untuk mewujudkan keinginan pensiun dini adalah bekerja keras untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin yang kamu mampu. Pastikan kamu tidak melakukan sesuatu yang ilegal dan melanggar hukum.

Selama bekerja, bekerja keraslah untuk mendapatkan promosi dan kenaikan gaji sesering mungkin. Semakin banyak uang yang kamu miliki, maka semakin dekat pula kamu dengan impian untuk pensiun di usia muda.

  1. Cari pendapatan pasif yang ada

Pensiun dini di usia muda artinya kamu akan berhenti bekerja di umur yang masih produktif. Namun bukan berarti kamu kehilangan pendapatan meski sudah tidak bekerja lagi. Inilah pentingnya memiliki sumber pendapatan tambahan di samping gaji bulanan yang kamu terima dari perusahaan tempatmu bekerja.

Pendapatan pasif bisa diperoleh dari investasi, menyewakan properti, dividen saham, dan berbagai cara lain yang bisa ditempuh.

  1. Rampingkan pengeluaran saat ini

Jika kamu berpikir sudah hidup hemat, kamu tetap perlu merampingkan pengeluaranmu. Ingat bahwa kamu harus mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya, sehingga kamu bisa menabung lebih banyak juga. Hal ini akan sulit dilakukan, namun ingatlah bahwa tujuan jangka panjangmu adalah untuk pensiun dini.

  1. Hiduplah di bawah standar kemampuan

Di usia yang produktif, kamu bisa menghasilkan banyak uang untuk menjalani gaya hidup yang mewah. Dengan pendapatan rutin yang kamu terima, godaan terbesar adalah menghabiskan uang untuk kesenangan diri. Namun hal ini tidak berlaku untuk kamu yang ingin pensiun dini.

Hiduplah di bawah standar kemampuan meskipun kamu bisa mendapatkan lebih dari apa yang kamu miliki saat ini. Perketat semua pengeluaran demi tujuan finansial jangka panjang yang lebih baik.

  1. Temukan cara untuk meningkatkan penghasilan

Apabila setelah semua yang kamu inginkan kamu tetap tidak bisa menabung lebih banyak dan tidak bisa lagi memangkas keuangan, maka jalan terakhir adalah meningkatkan pendapatan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penghasilan.

Kamu bisa bekerja lembur jika memungkinkan, mendapatkan promosi untuk kenaikan gaji, atau mencari pekerjaan baru di bidang yang lebih menjanjikan. Yang populer di kalangan anak muda saat ini adalah bekerja lepas atau freelance. Beberapa orang bahkan pada akhirnya memilih untuk menjadi pekerja lepas karena lebih menjanjikan dan uang yang dihasilkan lebih banyak, dengan beban kerja lebih ringan daripada bekerja kantoran.

  1. Lunasi semua hutang yang kamu miliki

Jadikan pelunasan hutang sebagai prioritas utama jika kamu benar-benar ingin pensiun dini. Inilah cara untuk mengelola keuangan secara lebih baik, sehingga kamu bisa semakin dekat dengan cita-cita untuk pensiun di usia muda. Jika kamu sudah berhasil melunasi hutangmu, jangan membuat hutang baru yang hanya akan menambah bebanmu.

  1. Investasi sebanyak yang kamu bisa

Jangan takut untuk mulai berinvestasi. Kamu bisa memulai investasi dengan mencari sebanyak mungkin ilmu dari berbagai sumber. Sebelum kamu membuat keputusan untuk berinvestasi, pastikan kamu sudah paham dengan semua resiko yang mungkin terjadi, termasuk jika investasimu tidak berjalan sesuai dengan harapanmu.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin pensiun di usia muda. Meski tidak mudah, namun pensiun muda bukan sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 12 hal yang bisa dilakukan untuk pensiun dini, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Mendidik Anak untuk Belajar Mengatur Keuangan
Nasehat Bijak tentang Keuangan dari Orang Tua
Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
Daftar Persiapan Menghadapi Masa Pensiun
Apa Itu Pay Yourself First?
10 Cara Menjadi Miliuner
Kesalahan Pola Asuh Anak Mengenai Keuangan yang Mungkin Anda Lakukan
Dasar-dasar Pengelolaan Finansial Pribadi
Apa Itu Personal Financial Planner? Apa Kerjanya?
Cara Mempersiapkan Tabungan Darurat Buat Yang Punya Utang


Bagikan Ke Teman Anda