Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Mempersiapkan Dana Kehamilan Buat Para Calon Orang Tua

Siapa yang tidak bahagia dengan datangnya berita kehamilan? Sebelum perut mulai membesar, calon orang tua akan mengalami perubahan emosi dan suasana hati yang ekstrem. Rasa bahagia bercampur dengan kekhawatiran akan masa depan.

Pertambahan anggota keluarga baru tentu akan membawa perubahan pada kondisi finansialmu dan pasangan. Agar kamu bisa hidup tenang dan nyaman setelah memiliki anak, ikut beberapa tips berikut ini.

Persiapan Pra-Melahirkan

  • Teliti asuransi kesehatan dan biaya-biaya lain yang tidak terduga

Memiliki anak memang tidak murah, bahkan jika kamu memiliki asuransi kesehatan. Biar bagaimanapun, ada banyak biaya yang tidak di-cover oleh asuransi dan harus kamu bayar dari kantongmu sendiri.

Teliti kembali klausul dan ketentuan dalam asuransi kesehatanmu, lalu buat daftar biaya apa saja yang harus kamu bayar sendiri.

  • Rencanakan cuti setelah melahirkan

Bagi perempuan bekerja, kehamilan akan diikuti dengan cuti melahirkan. Perhitungkan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk cuti dari pekerjaan setelah melahirkan si buah hati dan apakah selama masa cuti tersebut kamu masih tetap menerima gaji.

Kini beberapa perusahaan juga memberikan cuti melahirkan untuk laki-laki. Hal ini juga perlu diperhitungkan sehingga kamu bisa memperkirakan bagaimana cutimu akan mempengaruhi kondisi ekonomi keluarga.

  • Susun budget khusus pra-kelahiran

Begitu kamu mendapatkan berita kehamilan, pengeluaranmu jelas akan bertambah selama beberapa bulan ke depan. Buatlah daftar barang apa saja yang perlu kamu persiapkan dalam menyambut kelahiran bayi.

Misalnya dana pemeriksaan kehamilan, perlengkapan bayi seperti tempat tidur, stroller, dan pakaian. Bila memungkinkan, pinjam saja peralatan tersebut dari saudara atau menyewa dari persewaan peralatan bayi.

  • Susun budget pasca-melahirkan

Setelah melahirkan, akan pengeluaran tambahan yang sifatnya rutin seperti popok bayi, pakaian, dan makanan yang akan berlangsung selama bertahun-tahun. Persiapkan finansialmu untuk menghadapi tambahan pengeluaran ini. Termasuk yang sifatnya jangka panjang seperti pendidikan anak dan asuransi kesehatan mereka.

  • Siapkan perlengkapan selama kehamilan

Tidak hanya bayi, kebutuhan calon ibu juga akan bertambah selama kehamilan. Pakaian hamil adalah salah satu kebutuhan pasti. Meski sifatnya sementara, calon ibu jelas membutuhkan ini. Kebutuhan lain seperti vitamin, susu, dan makanan bergizi juga dipastikan akan membuat pengeluaranmu semakin membengkak saja. Rencanakan dengan baik mulai dari sekarang agar kamu tidak terkejut dengan besarnya uang yang harus kamu keluarkan.

  • Persiapkan dana darurat

Ini dia yang tidak boleh dilupakan. Dana darurat harus dimiliki setiap orang, baik yang sudah menikah hingga yang sudah memiliki anak. Bertambahnya anggota keluarga berarti semakin banyak pula dana darurat yang harus kamu miliki. Kamu harus mulai mempersiapkan dana darurat yang lebih besar lagi sejak hari pertama kehamilan agar tidak menjadi beban di kemudian hari.

Persiapan pasca-melahirkan

  • Siapkan asuransi dan dana pendidikan anak

Asuransi dan dana pendidikan adalah dua hal yang harus disiapkan sejak kelahiran anak. Biaya pendidikan semakin lama semakin mahal, sehingga mempersiapkannya sedini mungkin akan sangat bermanfaat bagi anak dan meringankan beban orang tua. Besarnya asuransi dan dana pendidikan tentu disesuaikan dengan kondisi finansial masing-masing orang tua.

  • Pertimbangan biaya pengasuh anak

Masalah lain yang harus dipikirkan oleh orang tua adalah biaya pengasuh anak. Bagi kedua orang tua yang sama-sama bekerja, mereka harus mengeluarkan biaya tambahan untuk day care atau pengasuh anak. Karena biaya ini tidak sedikit, orang tua harus menyisihkan budget khusus.

  • Seleksi kebutuhan perlengkapan bayi

Bukan rahasia lagi bahwa bayi yang baru lahir memiliki banyak kebutuhan dan perlengkapan. Kebanyakan perlengkapan tersebut sifatnya sementara seperti kereta dorong, pakaian, mainan, hingga gendongan bayi. Meski tidak bisa digunakan dalam waktu lama, harga perlengkapan bayi sama sekali tidak murah. Jika kamu memiliki kerabat yang belum lama melahirkan, ada baiknya meminjam peralatan saja untuk menghemat biaya.

Persiapan finansial secara keseluruhan

Kondisi keuangan keluarga akan mengalami perubahan yang sangat drastis setelah kelahiran bayi. Daftar pengeluaranmu pasti akan bertambah panjang dengan semua kebutuhan-kebutuhan bayi yang cukup mahal. Bukan hanya mental saja yang dipersiapkan, kamu juga harus menata ulang keuanganmu. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

  • Pangkas pengeluaran yang tidak perlu

Tinjau kembali daftar pengeluaranmu selama 3 bulan terakhir dan pangkas semua hal yang tidak perlu. Ini sangat penting agar kamu bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk menyambut kelahiran bayimu dan mempersiapkan berbagai kebutuhannya di masa mendatang.

Dengan demikian, kamu bisa menjaga agar keuanganmu tetap stabil meski anggota keluarga bertambah satu. Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki sumber pendapatan tambahan dalam rangka menyambut kelahiran si kecil.

  • Kurangi utang

Jika saat ini kamu masih punya banyak utang dan tanggungan cicilan, sebaiknya kamu segera melunasi sebagian. Misalnya tanggungan kartu kredit. Lunasi tagihan kartu kreditmu lalu hentikan penggunaannya untuk sementara waktu.

  • Buka rekening tabungan baru

Demi mempersiapkan masa depan anak, bukalah rekening tabungan baru yang khusus untuk memenuhi kebutuhan mereka di masa depan seperti pendidikan dan kesehatan. Ini berguna untuk mencegah uangmu tercampur menjadi satu. Kamu juga bisa mengatasnamakan akun tersebut untuk anakmu sebagai tabungan berjangka yang hanya bisa diambil setelah ia berusia 17 tahun.

Persiapan kehamilan dan kelahiran memang harus direncanakan dengan baik. Lakukan analisa menyeluruh terhadap kondisi keuanganmu agar bisa mendapatkan solusi terbaik yang tidak membebani kamu dan pasangan nantinya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips mempersiapkan dana kehamilan buat para calon orang tua, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Strategi Cara Keluar dari Utang
Apa Itu Residual Income?
Ajarkan Tip Keuangan Ini untuk Anak Anda
Kegiatan Menarik Ketika Tidak Punya Uang Lagi
Tip Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa
Ide Resolusi Finansial Tahun 2019
Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang
Kebiasaan-kebiasaan Ini Tanpa Disadari Termasuk Pemborosan
UangTeman.com Tawarkan Pinjaman Uang Online
4 Tip Keuangan Untuk Keluarga Baru


Bagikan Ke Teman Anda