Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik?

Sekarang ini hampir setiap hal dapat dilakukan secara online. Tak terkecuali cara cek tagihan listrik PLN atau Perusahaan Listrik Negara pun bisa dilakukan dengan mudah secara online. Sehingga, tanpa perlu menunggu lama petugas listrik untuk datang memantau meteran listrik yang ada di rumah, Anda sudah bisa mengetahui besaran tagihan listrik yang harus dibayar bulan ini. Menarik sekali bukan?

Untuk mengetahuinya secara lebih detail, ada sejumlah cara yang dapat digunakan dengan lebih praktis. Bisa dengan menggunakan layanan SMS, telepon hingga aplikasi online. Jika sebelumnya Anda memilih berlangganan email untuk e-billing demi mengetahui besaran tagihan pemakaian listrik Anda bulan ini, sekarang ini layanan tersebut sudah tidak bisa diakses lagi.

Sehingga, jika Anda sekarang berusaha untuk mengakses link e-billing, di alamat www.pln.co.id/info-rekening/, maka secara otomatis akan diarahkan ke halaman beranda website pln.co.id.

Tak perlu khawatir, masih ada beberapa cara cek tagihan listrik PLN dengan lebih mudah dan praktis. Berikut diantaranya.

  1. Via Aplikasi Mobile

Tak mau ketinggalan, PLN pun juga memiliki fasilitas aplikasi mobile yang akan memudahkan pelanggan untuk mengecek tagihan listrik. Perkembangan teknologi turut membuat PLN mengembangkan aplikasi mobile ini agar semakin memudahkan pelanggan untuk mengakses informasi tentangi tagihan penggunan listrik secara realtime.

Melalui aplikasi PLN Mobile, Anda bisa mendapatkan informasi besaran tagihan listrik secara tepat dan akurat. Aplikasi PLN Mobile ini tersedia dalam dua sistem yakni iOS dan Android. Berikut cara cek tagihan listrik via aplikasi PLN Mobile, diantaranya.

Bagi Anda yang menggunakan perangkat berbasis iOS maupun Android, ada sejumlah aplikasi mobile yang bisa Anda temukan di App Store untuk mengecek besaran tagihan listrik. Namun pastikan Anda memilih aplikasi resmi dari PLN yakni PLN Mobile untuk mengecek tagihan listrik. Aplikasi tersebut bisa Anda gunakan dan download secara gratis.

Sesungguhnya, aplikasi PLN Mobile tak hanya dapat digunakan untuk mengecek tagihan listrik saja, tapi juga bisa digunakan untuk mengecek transaksi token listrik, riwayat pemakaian listrik, informasi lokasi pembayaran via banking, informasi status listrik, informasi progress permohonan pemasangan instalasi baru, dan juga sebagai sarana untuk tempat pengaduan atau keluhan dari pelanggan.

Cara untuk mengecek tagihan listrik menggunakan PLN Mobile pun cukup mudah, berikut cara selengkapnya.

    • Download aplikasi PLN Mobile dari app Store.
    • Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi melalui ponsel yang Anda gunakan.
    • Untuk bisa menggunakannya lebih dulu Anda harus mendaftar dan membuat profil pengguna. Namun jika Anda merupakam pengguna aplikasi yang lama maka Anda dapat migrasikan data Anda
    • Untuk Anda pengguna baru, langsung saja klik “Daftar” dan isi semua kolom informasi yang ada. Jika semua data sudah diisi, selanjutnya klik “Simpan”.

Selanjutnya, saat Anda ingin menggunakan aplikasi PLN Mobile tinggal login saja. Jika Anda menggunakan aplikasi tersebut dengan login menggunakan profil yang digunakan untuk mendaftar, maka profil serta tagihan listrik akan secara otomatis tertera ketika Anda berhasil login ke aplikasi.

Namun jika Anda masuk ke aplikasi tanpa login, atau tak memiliki profil, maka bisa langsung mlik “Masuk Tanpa Login”. Setelah itu klik ikon “Informasi” yang ada di tab bagian atas. Kemudian Anda akan dialihkan ke laman pilihan untuk menentukan informasi apa yang hendak diketahui. Untuk mengecek tagihan listrik Anda, langsung saja klik tombol “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.

Setelah itu, akan ada tampilan pop up yang meminta Anda mengisi informasi tentang Nomor Meter atau ID Pelanggan Anda, selanjutnya klik “Cari”. Tak lama kemudian, di layar smartphone Anda akan muncul jumlah tagihan listrik.

  1. Via Line Telepon

Cara cek tagihan listrik yang berikutnya ialah dengan menggunakan fasilitas panggilan telepon secara langsung. Cara ini bisa dibilang sangat mudah, Anda hanya perlu menghubungi nomor customer service dari PLN kemudian menanyakan tentang besaran tagihan listrik di rumah Anda.

Anda bisa melakukan panggilan ke nomor 123 yang merupakan call centre dari PLN. Tapi jangan lupa untuk menambahkan kode area kota Anda di awal nomor tersebut. Misalnya saja Anda tinggal di Jakarta, maka Anda bisa menguhungi nomor telepon (021)-123.

Selanjutnya Anda bisa mengikuti petunjuk yang diberikan oleh operator. Panggilan telepon ke nomor call centre PLN ini, Anda akan dikenakan tarif secara normal. Anda bisa menggunakan cara ini l kapan saja, pasalnya call centre PLN online 24 jam dan siap sedia menerima keluhan dari Anda.

  1. Via SMS

Selain melalui aplikasi mobile dan line telepon, Anda pun juga dapat mengecek tagihan listrik melalui SMS. Dengan fitur SMS, terdapat dua opsi yang dapat Anda digunakan untuk mengetahui besaran tagihan listrik. Yakni, mengecek tagihan listrik dalam kurun waktu satu bulan dan mengecek tagihan listrik secara continue.

Maknanya, Anda harus berlangganan setiap bulan untuk bisa memperoleh informasi tentang besaran tagihan listrik. Singkatnya, berikut cara mengecek tagihan listrik via SMS.

    • Cara cek tagihan tiap bulan

Kirimkan SMS ke 8123 dengan format berikut >> REK (spasi) Nomor ID Pelanggan. Misalnya saja, REK 7860087089 kemudian kirimkan ke nomor 8123.

    • Cara berlangganan informasi tagihan listrik

Anda bisa mengirimkan pesan singkat dengan menggunakan format pesan PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan. Selanjutnya, kirim ke nomor 8123. Misalnya saja, PLN ON 45362771188 kirimkan ke nomor 8123. Dan setiap bulan Anda akan mendapatkan update informasi tagihan secara realtime.

    • Cara untuk berhenti berlangganan Informasi tagihan listrik

Bukan cuma mendaftar saja, Anda juga dapat berhenti berlangganan informasi tagihan listrik. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengirim sms dengan memggunakan format pesan PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, lalu kirimkan ke nomor 8123. Misalnya saja, PLN OFF 800124452388 kirimkan ke nomor 8123.

Untuk dapat menikmati fitur cek tagihan besaranlistrik via sms, Anda akan dikenakan biaya pengiriman SMS sebesar Rp500 per sms.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara cek tagihan listrik, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bagaimana Cara Menghitung Profit Margin?
Cara Menghitung Asset Turnover Ratio
Bagaimana Cara Mencegah Overspending?
Jenis-jenis Cek yang Berlaku di Indonesia
Cara Anak Pemalas Menjadi Sukses
Tagihan Mana yang Harus Dibayar Dulu?
Lunasilah Hutang-Hutang Bila Kamu Masih Kerja, Begini Caranya
Inilah Cara-cara Membuang Duit Secara Percuma
Cara Menyiapkan Anak Menjadi Seorang Dokter
Cara Menghitung Internal Return Rate


Bagikan Ke Teman Anda