Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengapa Monitor Komputer Secara Umum Lebih Mahal Dari TV?

Jika dilihat secara sekilas, TV dan monitor sama-sama berfungsi untuk menampilkan gambar bergerak. Jika dilihat dari ukuran, televisi umumnya lebih besar. Tapi mengapa monitor komputer secara umum lebih mahal dari TV? Ada beberapa perbedaan yang mendasarinya, misalnya perbedaan penggunaan da teknologi  yang dimilikinya. Berikut kami paparkan lebih jauh.

  1. Perbedaan Fungsi dan Kegunaan

TV dirancang untuk menampilkan gambar bergerak, sedangkan monitor dirancang untuk menampilkan gambar statis dari CPU. Namun monitor menampilkan gambar lebih baik dari pada TV, sebab monitor dibuat sedemikian rupa agar dapat menerima sinyal gambar sesempurna mungkin tanpa adanya distorsi.

Selain itu orang lebih banyak mengganti televisi mereka dibandingkan dengan monitor mereka. Oleh sebab itu umumnya para produsen memfokuskan pengembangan dan pemunculan produk TV baru lebih ditujukan untuk mempertahankan merek.

Jadi meski tidak ada perbedaan teknologi yang signifikan sekalipun, produk baru TV terus bermunculan dengan harga murah. Divisi lain, termasuk monitor lah yang dijadikan sebagai penghasil keuntungan.

  1. Punya komponen yang lebih baik

Ketika membeli perangkat baru, biasanya konsumen akan fukus pada harga dan merek produk. Namun perlu dipertimbangkan pula untuk apa membeli produk tersebut. Jika membutuhkan penampil gambar dengan layar besar, banyak port, dan bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga; maka pilihlah televisi.

Namun jika kamu akan menghabiskan banyak waktu didepan layar,  berjam-jam menonton, bermain game atau bekerja di depan layar; maka pilihlah monitor. Sebab monitor memiliki komponen yang lebih baik untuk melindungi mata dari kerusakan akibat paparan radiasi yang dipancarkan layar.

  1. Perbedaan Teknologi yang digunakan

Sebagian besar TV dibekali frekuensi 50 atau 75 Hz, sedangkan produk monitor memiliki frekuensi beragam, mulai dari 50 Hz hingga 200 Hz. Oleh sebab itu monitor menampilkan warna dan rasio kontras gambar yang lebih baik.

Harga monitor lebih mahal karena teknologi yang komponen yang digunakan lebih baik, sehingga menampilkan gambar yang lebih baik, grafis yang lebih tinggi, dan sudut pandang yang lebih baik daripada televisi.

Monitor tertentu bahkan menawarkan opsi untuk dimiringkan dan diputar untuk kenyamanan penggunanya. Fitur ini tidak ada pada televisi. Kemudian monitor dibekali dengan teknologi seperti Nvidia G-Sync terintegrasi untuk menyinkronkan kecepatan refresh layar ke GPU. Teknologi ini berfungsi untuk menghilangkan ‘robekan’ dilayar, dan meminimalisir input lag.  Sedangkan TV tidak memiliki teknologi ini.

  1. Perbedaan Kualitas Gambar

TV dituntut untuk bisa menampilkan kualitas gambar apapun, mulai dari video 360p 24fps hingga 720p 30fps. Oleh sebab itu televisi lebih banyak melakukan pemrosesan untuk mempercantik gambar.

Berbeda dengan monitor, proses mempercantik gambar tersebut malah tidak diinginkan. Sebab monitor bertugas menampilkan gambar sesuai dengan yang dihasilkan CPU. PC memiliki kartu grafis untuk urusan ini.

  1. Perbedaan Refresh Rate

Televisi dapat mengatasi 3 resolusi tampilan dan kecepatan refresh dari 50 Hz sampai 75 Hz. Sedangkan monitor bisa mengatasi hampir semua resolusi yang pernah digunakan. Mulai dari resolusi yang digunakan dalam gambar yang diproduksi pada tahun 1981 hingga gambar dengan resolusi terbaik saat ini. Harga monitor yang lebih tinggi disebabkan oleh fitur unik yang diberikan monitor tersebut.

Monitor menangani input konstan dari perangkat komputer (seperti mouse dan keyboard) dan dituntut untuk memberikan respon yang cepat. Komputer yang digunakan untuk bermain game misalnya, umumnya dibekali waktu respon 1 ms. Untuk memastikan tidak ada lagging saat penampilan gambar. Sedanggkan televisi tidak dituntut untuk memiliki resfresh rate secepat itu.

  1. Perbedaan Garansi

Pada umumnya televisi diberi garansi mulai dari 6 bulan hingga 2 tahun, bergantung merek dan harga TV tersebut. Garansi diberikan untuk kerusakan yang terjadi pada peralatan televisi. Sedangkan Monitor memiliki jenis garansi yang berbeda, terutama jika memiliki CPU dan komponen tambahan lainnya.

Garansi monitor bisa mencapai 5 tahun. Ini sesuai dengan harga monitor yang memang lebih mahal. Oleh sebab itu jika salah satu perangkat  rusak, kamu bisa memperbaikinya atau melakukan penggantian tanpa biaya.

  1. Perbedaan Input

Monitor menawarkan kepadatan piksel yang lebih besar dari pada TV. Meski beberapa layar HDTV memiliki input dan output VGA; namun tetaplah sinyal analog hanya saja gammbarnya jauh lebih fuzzier. Resolusinya tetap lebih rendah dari pada sinyal HDMI atau DVI pada layar monitor.

Memang layar TV bisa digunakan untuk bermain game, namun perlu dipertimbangkan jeda input yang dimilikinya. Monitor jelas memprioritaskan jeda input minimal, sehingga tidak terjadi lag pada tampilan gambar yang muncul.

Namun tidak pada TV, televisi lebih memprioritaskan pemrosesan video agar tampak cantik. Monitor gaming memiliki input lag yang rendah, umumnya dibawah 5 ms. Sedangkan TV umumnya memiliki input lag pada kisaran 10 ms.

Monitor menampilkan rasio kontras yang sangat tinggi, warna hitam yang dalam dan warna-warna yang tampak lebih cerah. Ini baik untuk mendukung proses desain atau editing gambar atau video. Fitur ini tidak dimiliki televisi, sebab televisi diperuntukkan untuk ditonton dari jarak jauh.

  1. Tingkat Respon

Tingkat respon adalah waktu yang dibutuhkan piksel pada layar untuk berubah. Ketika tingkat respon lambat, maka waktu yang dibutuhkan piksel untuk berubah juga lama. Akibatnya gambar menjadi buram serta tampak ‘ghosting’.

Tingkat respon monitor pada umumnya lebih rendah daripada televisi. Tingkat respon monitor berkisar antara 1 ms hingga 5 ms. Selain itu, kecepatan refresh monitor juga lebih tinggi, bisa mencapai 200 frame per detik atau 200 Hz.

Itulah mengapa monitor konputer secara umum  lebih mahal dari TV. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, terutama karna teknologi dan kompunen yang digunakan untuk menyesuaikan dengan peruntukan produk itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan mengapa monitor komputer lebih mahal dari TV, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Harga Obat Bermerek Lebih Mahal?
Mengapa iPhone Lebih Mahal Daripada Android?
Mengapa Berlian Mahal?
Mengapa Internet Bisnis Lebih Mahal daripada Internet Rumahan?
10 Cairan Termahal di Dunia
10 Ikan Hias Mahal yang Kini Bisa Dibeli dengan Harga Murah
10 Universitas Termahal di Amerika
Mengapa Platinum Mahal?
Mengapa Insulin Mahal?
TV Kabel Putus? Ini Alternatif TV Kabel


Bagikan Ke Teman Anda