Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Membuat Meeting Zoom Aman

Saat virus corona menyebar ke seluruh dunia, kehidupan didunia mulai dari pendidikan, pemerintahan, hingga bisnis, dipaksa untuk membuat sejumlah perubahan cepat. Beberapa perubahan seperti adanya isolasi, karantina, dan juga pembatasan sosial berskala besar atau PSBB harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Namun pastinya semua orang pasti butuh untuk bekerja. Maka dari itu, di era new normal seperti yang sedang terjadi saat ini, segala urusan pekerjaan seperti meeting hingga sekolah pun dilakukan di rumah atau biasa disebut work from home dan bertatap muka secara online. Karena itu, orang-orang mulai mencari cara efektif untuk berkomunikasi satu sama lain. Dan bisa dikatakan aplikasi zoom menjadi primadona di Indonesia bagi para pekerja dan pelaku pendidikan.

Dengan begitu banyak pengguna zoom, kekurangan dari aplikasi ini menjadi terungkap. Meskipun perusahaan zoom menangani beberapa masalah dan layanan dengan pembaruan-pembaruannya, namun tidak akan menangani setiap keluhan. Sehingga ada beberapa masalah yang mungkin belum bisa ditangani sepenuhnya. Lalu bagaimana cara aman menggunakan aplikasi tersebut? Tidak perlu khawatir. Berikut ini akan diungkapkan beberapa tips keamanan dan privasi bagi pengguna aplikasi zoom.

  • Lindungi akun anda

Dalam menyiapkan akun zoom, perlu dilakukan dasar-dasar perlindungan akun. Setelah mendaftar pada akun zoom, gunakan sandi yang kuat dan unik, serta melindunginya dengan autentikasi dua faktor yang bisa membuat akun zoom lebih sulit diretas dan terlindungi dengan baik.

Selain itu, buatlah ID rapat pribadi, dan hindari membuatnya menjadi publik. Karena ID rapat publik yang dibuat dengan ID rapat pribadi, akan dengan mudah membocorkan ID pribadi anda.

  • Lebih baik untuk menggunakan email kantor untuk mendaftar zoom

Jika mendaftar zoom dengan email kantor, akan menjadi tidak masalah jika berbagi detail kontak dengan rekan kerja yang lainnya. Sehingga bisa menjaga kerahasiaan detail kontak pribadi anda.

  • Jangan tertipu dengan aplikasi zoom palsu

Seperti aplikasi-aplikasi lainnya, aplikasi zoom juga banyak ditemukan aplikasi zoom palsu. Menurut peneliti keamanan Kaspersky Denis Parinov, banyak file berbahaya yang diberikan nama seperti halnya aplikasi meeting yang terkenal. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, bisa mengunduh aplikasi zoom yang aman dari situs web resmi zoom yaitu zoom.us untuk Mac dan PC, serta bisa mengunduh melalui App Store atau Google Play untuk perangkat selular.

  • Jangan gunakan media sosial untuk membagikan tautan zoom meeting

Aplikasi zoom meeting bisa menampung banyak sekali partisipan, bahkan hingga ratusan. Sehingga zoom banyak digunakan ketika ingin mengadakan acara publik yang melibatkan banyak orang. Tetapi meskipun acara tersebut benar-benar bebas dan terbuka untuk semua orang, disarankan untuk menghindari membagikan tautan lewat media sosial.

Mengapa hal itu perlu dihindari? Karena dikhawatirkan akan terjadi zoombombing. Zoombombing adalah  istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan aksi penyusupan di tengah telekonferensi yang dilakukan lewat aplikasi Zoom. Penyusup tersebut bisa saja membagikan konten tidak senonoh atau berbicara hal-hal yang tidak seharusnya kepada peserta telekonferensi, atau biasa disebut juga dengan troll. Namun jika karena alasan tertentu yang mengharuskan untuk membagikannya secara bebas, pastikan anda tidak mengaktifkan opsi Gunakan ID Rapat Pribadi, dan host dari zoom meeting harus menguasai fitur keamanan zoom agar tidak ada celah bagi penyusup.

  • Lindungi setiap rapat dengan kata sandi

Agar tetap aman saat memakai zoom, akan sangat baik jika ID meeting ditambahkan pula password. Menambahkan password adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa orang-orang yang bergabung dalam konferensi adalah orang-orang yang anda inginkan dalam rapat. Dan perlu diingat pula, seperti ID meeting, hindari pula untuk menyebarkan password secara publik untuk melindungi dari troll.

  • Aktifkan fitur Waiting Room

Mungkin banyak yang masih belum tahu tentang fitur zoom satu ini. Dengan fitur Waiting room, anda bisa melihat siapa saja yang mencoba bergabung ke dalam telekonferensi. Fitur ini bisa dikatakan semacam ruang tunggu virtual bagi peserta sebelum masuk ke konferensi, sehingga bisa meminimalisir terjadinya penyusupan ke dalam telekonferensi. Dan juga anda bisa mengeluarkan orang-orang yang tidak diinginkan dalam rapat.

  • Perhatikan pengaturan Screen Share

Membiarkan siapapun untuk dapat melakukan screen share bisa dengan mudah mengundang zoombombing. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa melakukan pengaturan screenshare, yaitu hanya host meeting yang bisa melakukan screenshare. Dan jika menginginkan orang lain membagikan layarnya, bisa dengan mengundang dan mengaktifkan layar dari orang yang dibutuhkan.

  • Mengatur Akses Para Partisipan

Pada aplikasi zoom, memungkinkan untuk adanya pengaturan akses para partisipan. Sebagai host meeting, jangan beri izin partisipan untuk mengaktifkan mikrofonnya sendiri saat rapat berlangsung, jangan beri izin mengubah nama, dan berikan notifikasi suara ketika partisipan masuk ataupun keluar.

Pembatasan tersebut sangat penting untuk mencegah terjadinya zoombombing, sehingga mikrofon partisipan akan diaktifkan hanya ketika hostmeeting mengizinkannya.

  • Manfaatkan fitur Lock Meeting

Cara lain mengamankan zoom meeting adalah dengan membatasi jumlah peserta rapat. Sehingga ketika semua peserta konferensi sudah hadir, anda sebagai hostmeeting bisa mengaktifkan lock meeting, dan tidak ada lagi yang bisa masuk ke telekonferensi tersebut.

  • Periksa pembaruan aplikasi

Saat ada masalah pada aplikasi, pastinya perusahaan akan berusaha memperbaikinya. Untuk itu, pastikan anda memiliki versi terbaru aplikasi zoom, sehingga bisa menikmati fitur terbaru dan mengurangi terjadinya zoombombing.

Itulah beberapa informasi tentang tips mengamankan zoom meeting untuk meminimalisir terjadinya zoombombing. Pastinya banyak yang membutuhkan aplikasi ini, dan dengan tahu cara yang tepat untuk menggunakannya, bisa lebih memudahkan dan memberikan kenyamanan dalam penggunaan aplikasi ini.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips membuat meeting zoom aman, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bagaimana Cara Memulai Sebuah Bisnis Les Privat?
Dampak Resesi Akibat Virus Corona Terhadap Perekonomian Indonesia
7 Cara Jitu Bebas Stres Saat Mengasuh Anak di Tengah Pandemi Virus Corona
Tip-Tip Tetap Bertahan Menghadapi PHK
Tips Belajar di Rumah Selama Pandemi Virus Corona
Cara Mengelola Keuangan Selama Pandemi COVID-19
Tips Mempersiapkan Dana Kehamilan Buat Para Calon Orang Tua
Tips Melindungi Diri dari Pencurian Kartu Kredit
Dampak Pandemi Virus Corona Terhadap Dunia
11 Tips Untuk Mengoptimalkan Otak Anda


Bagikan Ke Teman Anda