Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Hobi dan Aktivitas yang Masih Bisa Dilakukan Dengan Menjaga Jarak Selama Pandemi

Berbulan-bulan hidup berdampingan dengan COVID-19, semestinya kita sudah paham dengan dasar-dasar social distancing. Meski kini di Indonesia sudah mulai diterapkan new normal, kita tetap harus berhati-hati saat melakukan kegiatan di luar rumah. Bahkan bila tidak perlu, sebaiknya tidak usah keluar dari rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang semakin parah.

Seperti diketahui, di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, sedang terjadi peningkatan jumlah penderita COVID-19 semenjak diterapkannya normal baru ini. Namun sebagai manusia yang suka bersosialisasi, dikurung di dalam rumah selama berbulan-bulan tentu akan sangat membosankan.

Tenang saja, berbagai kegiatan berikut ini akan membantu karantina di rumah menjadi semakin menyenangkan.

Kegiatan yang Menjauhkan Diri dari Stres

Berdiam diri di rumah dan tidak kemana-mana bisa menimbulkan stres. Terlebih lagi saat melihat bagaimana banyak orang berani melakukan kegiatan di luar rumah. Namun demi keselamatan diri dan orang di sekitar, sebaiknya tetaplah berada di dalam rumah jika tidak ada kepentingan mendesak. Berikut adalah kegiatan yang bisa mencegah kamu dari stres selama di rumah.

  1. Pertemuan virtual lewat video

Kecanggihan teknologi membantu kamu untuk tetap bisa bertemu dan berbincang dengan orang-orang terdekat tanpa harus bertatap muka. Kalau kamu rindu dengan pacar, orang tua, atau sahabat, tinggal lakukan panggilan video dengan mereka untuk mengobati rasa kangen.

Aplikasi seperti Zoom, Skype, FaceTime, hingga Google Meet akan membantumu untuk tetap terhubung. Kapan saja kamu bisa melakukan panggilan dan ngobrol seperti biasa dengan mereka.

  1. Mendengarkan musik yang menenangkan

Musik adalah salah satu terapi yang sangat jitu untuk mengobati stres. Dengan bantuan aplikasi seperti Spotify, Apple Music, atau YouTube, kamu bisa menemukan alunan melodi yang menenangkan dan mengobati stres di dalam pikiaranmu. Simpan semua di daftar putar, lalu mainkan kapanpun kamu merasa tertekan.

  1. Tetap berolahraga di rumah

Berada di rumah bukan alasan untuk tidak menjaga kesehatan lho. Tetaplah sehat dengan menjalani olahraga di rumah. Tanpa perlu pergi ke gym, kamu bisa mencari tutorial workout from home yang banyak tersebar di YouTube. Olahraga juga bisa membuat pikiran tetap positif dan mereduksi hormone penyebab stres dalam tubuh.

Kegiatan Produktif yang Bisa Dilakukan di Dalam Rumah

Berada di rumah sepanjang waktu bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan terus. Berbagai kegiatan berikut ini akan membantumu tetap produktif meski hanya di rumah saja.

  1. Menata kembali lemari pakaian

Lemari pakaian yang selama ini berantakan karena kamu selalu terburu-buru saat akan ke luar rumah sudah saatnya diperhatikan. Jangan hanya menata pakaian saja, tetapi teliti juga pakaian mana yang sudah tidak pernah kamu pakai, kekecilan, atau bahkan tidak terlihat bagus saat kamu pakai. Kamu bisa menjual atau menyumbangkan pakaian-pakaian tersebut agar lebih bermanfaat bagi orang lain.

  1. Menyusun kembali interior rumah

Karena alasan kesibukan, kamu mungkin tidak sadar bahwa tata letak barang-barang di rumahmu tidak pernah berubah selama beberapa tahun terakhir. Disadari atau tidak, melihat pemandangan yang sama setiap hari adalah salah satu penyebab stres.

Redakan stres dengan cara menata ulang interior rumah. Mulai dari peletakan furnitur atau ke langkah yang lebih ekstrem yaitu mengganti cat rumah. Kamupun akan merasa lebih betah, seperti tinggal di rumah yang baru.

  1. Meningkatkan skill memasak

Jika ada satu perubahan yang terjadi selama masa pandemi, banyak orang mulai belajar memasak karena punya lebih banyak waktu di rumah. Kenapa kamu tidak mencoba juga? Masuklah ke dapur dan coba mengolah sesuatu. Siapa tahu kamu selama ini memiliki bakat terpendam yang selalu terkubur oleh kesibukanmu?

Kalau hasil masakanmu memuaskan, kamu juga bisa menjualnya seperti orang-orang lain. Menjual makanan, meski sementara, bisa menjadi sumber penghasilan tambahan di waktu seperti ini.

Kegiatan yang Membantu Orang Lain Tanpa Harus Meninggalkan Rumah

Berada di rumah dan meminimalisir kontak dengan orang lain bukan berarti mematikan jiwa kemanusiaanmu untuk membantu orang lain. Semua hal bisa dilakukan secara jarak jauh, bahkan dari dalam rumah sekalipun. Ini dia beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk membantu orang lain.

  1. Mendukung bisnis teman

Jika kamu punya banyak teman yang berjualan – entah itu makanan atau produk sanitasi –  yang sangat kamu butuhkan, kamu bisa membantu mereka dengan cara membeli barang-barang yang mereka jual. Dengan cara ini, kamu menunjukkan pada teman-temanmu bahwa kamu peduli pada mereka dan mendukung usaha mereka.

  1. Melakukan donasi

Banyak warga yang terdampak COVID-19, terutama mereka yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi ini. Kamu bisa membantu meringankan beban mereka dengan melakukan donasi pada mereka yang membutuhkan.

Donasi juga bisa kamu berikan pada driver ojek online yang banyak membantu kamu selama karantina di rumah. Berikan tip atau makan siang gratis untuk mereka yang tetap harus bekerja di luar rumah semenjak awal masa pandemi hingga saat ini.

  1. Mencegah ketakutan

Meski terdengar sederhana, hal ini sangat penting dilakukan. Sampai hari ini masih banyak tersebar berita-berita hoax tentang COVID-19 yang hanya menyebarkan ketakutan saja. Jika kamu tahu akan kebenaran berita tersebut, putuskan mata rantai rumor yang tidak benar ini. Kamu juga bisa membantu dengan tidak ikut menyebarkan berita tidak berdasar yang tidak bermanfaat bagi masyarakat.

Itulah berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan selama di rumah. Meski sudah berbulan-bulan menjalani hidup seperti ini, kita semua harus tetap semangat dan bekerja sama untuk menghentikan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hobi dan aktivitas yang masih bisa dilakukan dengan menjaga jarak selama pandemi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tips dan Trik Berbelanja Makanan Selama Pandemi Virus Corona
Apa Itu Coronavirus?
Tips Belajar di Rumah Selama Pandemi Virus Corona
Adakah Program Keringanan Kredit dari HSBC Karena Covid-19?
Apa yang Akan Berbeda Setelah Adanya Corona Virus
7 Cara Efektif Bersosialisasi Meski Terjebak Social Distancing
Dampak Pandemi Virus Corona Terhadap Dunia
10 Pekerjaan Paling Berbahaya Selama Pandemi Covid-19
Tips dan Trik Menjual Rumah di Tengah Pandemi Corona
7 Cara Jitu Bebas Stres Saat Mengasuh Anak di Tengah Pandemi Virus Corona


Bagikan Ke Teman Anda