Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ide-Ide Bisnis yang Bisa Kamu Jalankan Segera Saat Pandemi

Wabah covid-19 memang begitu terasa efek buruknya tak hanya di sektor kesehatan. Tetapi sektor ekonomi pun turut mengalami banyak kerugian. Sejumlah usaha terpaksa gulung tikar karena kebijakan yang mengharuskan orang-orang dilarang bepergian.

Misalnya bisnis travelling. Bahkan beberapa startup yang bergerak di bidang ini mesti hengkang dari pasar. Tetapi bukan berarti ide berbisnis hilang begitu saja. Sebenarnya apabila kamu jeli dalam melihat peluang, ada banyak sektor usaha yang menjanjikan untuk dijalankan selama pandemi.

Kamu bisa melihat bagaimana kebijakan pemerintah menciptakan kebiasaan baru. Dari kebiasaan tersebut pastilah muncul kebutuhan yang dapat menjadi ide usaha. Nah untuk lebih lengkapnya, simak beberapa tips dan ide bisnis yang cocok kamu jalankan di tengah pandemi.

  1. Usaha Fitness

Peraturan untuk menjaga jarak dan tetap berada di rumah dikeluarkan oleh berbagai negara. Termasuk di Indonesia. Meskipun tidak melakukan lockdown total, tetapi peraturan PSBB membuat sejumlah usaha tidak beroperasi. Fitness merupakan salah satunya.

Kabar baiknya, saat ini pemerintah sudah mulai melonggarkan pembatasan sosial. Program untuk terus menjaga imun tubuh dengan hidup sehat pun digalakkan. Kamu dapat memanfaatkan keadaan ini sebagai peluang usaha. Bagi kamu yang memiliki peralatan latihan seperti matras, tali skipping, dumble, barbel, dll, manfaatkan untuk membuka home-gym.

Jika kamu terbiasa dengan aktivitas fitness dan memiliki kapabilitas untuk melatih, cobalah membuka usaha tersebut. Jika kemungkinan membuka fitness rumahan kecil, buatlah akun Youtube dan mulailah siaran dengan tema gym.

  1. Jasa Program Kesehatan dan Kebugaran

Keharusan orang-orang untuk tetap di rumah saja sebenarnya menciptakan banyak masalah baru. Salah satunya tekanan karena terisolasi. Ketidakpastian karena pandemi juga membuat badai stress gampang menyerang semua orang. Orang-orang pasti mencari cara untuk mengurangi berbagai tekanan agar kesehatan mental tetap terjaga.

Jika kamu gemar membuat konten digital, sudah saatnya untuk meluncurkan program kebugaran atau menjadi konsultan kesehatan online.  Program satu ini akan membantu tiap individu mengelola stress dan menjadi lebih produktif. Hal yang dapat kamu ajarkan diantaranya:

    • Meditasi
    • Yoga
    • Latihan senam
    • Kebiasaan sehat
    • Peregangan
  1. Berjualan Masker

Beberapa waktu lalu, masker masih menjadi barang langka. Tetapi ketika muncul anjuran menggunakan masker kain, banyak pebisnis yang beralih menjual jenis pelindung wajah ini. Masker kain terbilang unik karena dapat didesain dengan berbagai model.

Dengan ongkos produksinya yang tidak begitu tinggi, serta bahan bakunya yang mudah, bisnis satu ini begitu prospektif. Kamu dapat juga menyasar pangsa pasar masker anak-anak. Selain membuat sendiri, masker kain juga bisa didapat dari berbagai supplier. Biasanya produsen pakaian seperti konveksi pasti memproduksi aneka jenis masker dalam skala besar.

Jika diambil langsung dari konveksi, tentu harga aslinya jauh lebih terjangkau. Pasarkan masker secara offline maupun online. Jangan lupa foto dengan tatanan yang menarik guna menarik pelanggan lebih banyak.

  1. Bisnis Makanan Beku

Bisnis kuliner seolah tiada matinya. Bahkan di era pandemi yang membuat kafe dan rumah makan harus tutup sementara. Tetapi bukan berarti usaha kamu harus berhenti sampai disitu saja. Banyak alternatif lain untuk memasarkan kuliner. Salah satu opsinya adalah membuat makanan beku.

Frozen food merupakan makanan yang dibekukan sehingga dapat tahan lebih lama. Misalnya nugget, ayam ungkep, sosis, ayam teriyaki siap masak, otak-otak, bakpao siap kukus, donat instant, dll.

Jika kamu ingin memulai bisnis tersebut tetapi tidak mampu membuatnya sendiri, bergabunglah menjadi reseller produk-produk tersebut. Keuntungan menjual produk makanan beku salah satunya jangkauan pemasarannya lebih luas karena bisa dikirim kemanapun.

  1. Bisnis Desain Grafis

Bisnis desain grafis bersifat fleksibel karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Di masa pandemi seperti sekarang, kebutuhan akan produk-produk dari desain grafis tetaplah tinggi. Untuk mendapatkan banyak job atau bekerjasama dengan lebih beragam klien, cobalah bergabung dengan website khusus freelancer.

Aneka produk hasil desain grafis sangatlah banyak. Dengan kreatifitas dan kemampuan yang dimiliki, kamu bisa membuat undangan digital, flyer, desain logo, iklan, bahkan desain website.

  1. Berjualan Baju Online

Manfaatkan gawai sebagai ladang mencari penghasilan tambahan. Meskipun masih dalam status pandemi, kebutuhan akan pakaian tidaklah surut. Karena ada kebijakan menjaga jarak dan himbauan mengurangi aktivitas di luar, belanja online adalah alternatif terbaik. Cobalah membuka toko online sebagai sarana berjualan.

Jika ingin lebih hemat pengeluaran, kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai lapak daring kamu. Agar berjualan lancar dan minim kendala, carilah supplier pakaian yang jelas-jelas amanah. Belilah satu untuk dipakai sendiri. Jika dirasa layak jual, mulailah untuk berjualan dan tanyakan bagaimana ketentuan bila bergabung menjadi resellernya.

  1. Les Privat

Peraturan pemerintah terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 mengharuskan sekolah-sekolah diliburkan. Meskipun tidak diadakan tatap muka secara langsung, kegiatan belajar-mengajar dialihkan dengan cara online. Tak heran untuk memenuhi kebutuhan belajar, banyak orang tua yang mencari jasa les privat.

Bagi kamu yang memiliki kemampuan mengajar dan tempat yang mumpuni, cobalah untuk membuka les privat. Lakukan pemasaran mulai dari lingkungan sekitar. Jika dilakukan secara konsisten, jasa les privat kamu dapat berkembang menjadi lebih besar.

  1. Katering Sehat

Keharusan ekstra menjaga kesehatan yang dicontohkan pemerintah sebenarnya memberikan banyak peluang usaha. Katering sehat adalah salah satunya. Selama pandemi, orang-orang memburu banyak makanan sehat. Baik itu camilan atau menu pokok sehari-hari.

Kamu bisa memutar haluan bisnis kuliner yang sebelumnya telah berjalan menjadi penyedia katering sehat. Jika perlu, buatlah program khusus dengan menu yang terjadwal. Untuk menambah daya tarik konsumen, buat layanan antar katering juga.

Segala musibah termasuk pandemi pastilah ada hikmahnya. Dengan membaca peluang usaha secara tepat, kamu tetap bisa membangun bisnis dengan potensi menarik. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ide-ide bisnis yang bisa kamu jalankan segera saat pandemi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Waspada! Ini Penyebab Bisnis Kecil Tidak Berkembang
Mengapa Bisnis Kecil Rentan Untuk Gulung Tikar? Berikut Penyebabnya!
Mengapa Beberapa Bisnis Lebih Berhasil Dibandingkan Yang Lain?
Keringanan Kredit Covid dari Bank Cimb Niaga
Contoh-Contoh Bisnis Kecil Yang Berpeluang Untuk Sukses Di Masa Covid-19
Cara Menghitung Marginal Cost untuk Menentukan Keuntungan Maksimal
7 Bisnis Waralaba Bebek yang Bisa Dicoba
Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Bersama Pasangan
Cara Mendapatkan Pelanggan Untuk Bisnis Baru
6 Fakta Bisnis Orang Jepang


Bagikan Ke Teman Anda