Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Pekerjaan Paling Berbahaya Selama Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh infeksi Coronavirus membawa perubahan besar pada kehidupan manusia di seluruh dunia. Penyakit ini berada dalam kategori highly contagious atau sangat mudah menular, sehingga mengharuskan semua orang untuk menghindari kontak fisik dengan manusia lainnya atau yang disebut dengan physical distancing.

Selain itu, pemerintah di seluruh dunia juga menganjurkan warganya untuk berdiam diri di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Sayangnya, tidak semua orang beruntung hingga bisa bekerja dari rumah masing-masing.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang mengharuskan mereka keluar rumah seperti biasa setiap hari, hingga bisa dikategorikan sebagai pekerjana yang paling berbahaya selama pandemi Covid-19.

  1. Dokter dan Petugas Medis

Bicara soal pekerjaan yang paling berbahaya, rasanya dokter dan petugas medis lainnya masuk ke dalam urutan teratas. Setiap hari mereka harus berurusan dengan orang-orang sakit yang datang ke rumah sakit, termasuk pasien yang sudah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Kontak langsung dengan penderita Covid-19 membuat mereka memiliki resiko berkali-kali lipat untuk tertular penyakit ini. Itulah mengapa banyak dokter dan tenaga medis di seluruh dunia yang turut menjadi korban penyakit ini karena daya tahan tubuh mereka yang tidak sanggup melawan serangan virus ini.

  1. Petugas Emergency

Tidak kalah berbahaya dari petugas medis adalah petugas emergency atau pertolongan pertama. Mereka harus memberikan prosedur yang tepat tanpa tahu bagaimana kondisi orang tersebut sebenarnya.

Petugas gawat darurat bukan hanya dokter dan perawat saja. Pemadam kebakaran, pengemudi ambulans, polisi, hingga petugas medisnya sendiri berada dalam resiko yang besar untuk terpapar virus Corona karena mereka harus berinteraksi dengan banyak orang setiap harinya.

  1. Pekerja Front Line

Petugas medis dan emergency bukan satu-satunya yang berada dalam bahaya besar tertular virus Corona. Mereka yang bekerja di garis depan juga punya resiko yang sama. Ini tidak lepas dari tuntutan pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk berinteraksi dengan banyak orang dan tidak jarang bersentuhan dengan mereka.

Yang termasuk ke dalam pekerjaan front line antara lain adalah kasir swalayan dan minimarket, teller dan customer service bank, hingga kasir restoran. Bahkan menerima uang yang dibayarkan oleh pelanggan juga meningkatkan resiko tertular karena virus Corona dapat menempel di kertas uang.

  1. Pekerja Layanan dan Jasa

Tidak berbeda dengan pekerjaan front line, pekerjaan di bidang layanan dan jasa juga memiliki resiko tinggi untuk terpapar virus Corona. Pekerja jasa seperti tukang servis AC, tukang servis sepeda motor, hingga mekanik servis mobil harus berhubungan dengan banyak orang setiap harinya sehingga mereka mungkin bertemu penderita Covid-19 yang belum terdeteksi dan tanpa disadari terinfeksi virus yang sama.

Sopir ojek online dan delivery makanan juga termasuk ke dalam kategori ini.

  1. Pekerja Seni dan Penyiaran

Pekerja di dunia hiburan dan penyiaran termasuk mereka yang punya resiko tinggi terhadap Covid-19. Mereka jelas tidak bisa bekerja dari rumah karena harus menyediakan hiburan bagi masyarakat yang dianjurkan untuk tinggal di rumah selama musim pandemi.

Sementara itu, mereka harus bertemu dengan kolega dan rekan kerja dalam jumlah besar. Maka dari itu, mereka memiliki resiko yang sangat besar untuk tertular virus Corona. SemakinĀ  banyak orang yang terlibat, maka semakin mudah pula penularannya.

  1. Personel Maskapai Penerbangan

Bandara sudah dibuka beberapa waktu lalu, yang artinya banyak pesawat mulai beroperasi dan personal maskapai pun harus mulai bekerja lagi. Personel maskapai penerbangan yang meliputi pilot, pramugara, pramugari, dan kru memiliki resiko yang besar terpapar virus Corona.

Setiap hari mereka harus berinteraksi dan melayani banyak orang yang datang dari berbagai negara dan daerah. Pesawat juga merupakan ruangan sempit dan tertutup, sehingga penyebaran virus bisa lebih mudah.

  1. Petugas Transportasi Umum

Transportasi umum seperti bus dan kereta adalah salah satu tempat paling beresiko terjadi penularan dan penyebaran virus Corona. Banyak orang menggunakan layanan transportasi umum tanpa diketahui apakah mereka terinfeksi virus Corona atau tidak.

Bukan hanya penumpang saja yang berada dalam resiko tinggi tertular. Para petugasnya pun demikian. Penumpang mungkin hanya menggunakan layanan tarnsportasi selama beberapa jam saja, namun petugasnya harus berada di sana selama seharian penuh dan berinteraksi dengan banyak orang secara bergantian.

Bayangkan jika mereka bersentuhan dengan salah satu penumpang yang sudah terinfeksi virus Corona. Tidak menutup kemungkinan petugas tersebut akan terinfeksi juga dan bisa menularkannya kepada rekan-rekan kerjanya.

  1. Jurnalis

Seorang jurnalis tentu tidak mungkin bekerja dari rumah. Mereka harus turun ke lapangan, mencari berita, dan mewawancarai orang-orang terkait. Mulai dari pejabat public, petugas kesehatan, hingga masyarakat umum.

Semakin banyak orang yang mereka temui dan berinteraksi dari dekat, maka semakin meningkat pula resiko untuk tertular penyakit. Terlebih lagi latar belakang orang yang berbeda-beda, maka potensi untuk terpapar virus juga sangat besar.

  1. Penjual makanan

Penjual makanan adalah salah satu pekerjaan yang tidak bisa dilakukan di rumah saja. misalnya mereka yang membuka warung atau rumah makan. Makanan tetap menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi selama pandemi, namun hal ini juga semakin meningkatkan resiko mereka tertular virus Corona.

  1. Pedagang Pasar

Tidak peduli ada Corona atau tidak, pasar tetap saja ramai dikunjungi orang. Pasar adalah tempat berkumpulnya banyak orang untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan hidup. Tidak heran banyak cluster Covid-19 yang muncul dari pasar.

Itulah berbagai macam pekerjaan yang berbahaya selama pandemi Corona. Berhati-hati dan selalu menerapkan protokol perlindungan diri dengan disiplin untuk mengurangi resiko penularan virus Corona.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang pekerjaan yang paling berbahaya selama pandemi covid-19, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kartu Kredit untuk Karyawan
Tips Mengelola Keuangan Selama Lockdown
Tips dan Trik Berbelanja Makanan Selama Pandemi Virus Corona
Tip Berhemat Dalam Jangka Panjang
16 Pekerjaan Menjanjikan di Masa Depan
Bisnis yang Tumbuh di Masa Pandemi
Contoh-Contoh Bisnis Kecil Yang Berpeluang Untuk Sukses Di Masa Covid-19
Tips Belajar di Rumah Selama Pandemi Virus Corona
Bahaya Dari Deepfake
Kartu Kredit untuk Pekerja Bebas (Freelance)


Bagikan Ke Teman Anda