Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Negara Terluas di Dunia

Wilayah adalah salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh suatu negara. Tanpa sebuah wilayah maka sebuah negara tak memiliki daerah kekuasaan untuk mengatur setiap urusannya termasuk urusan kependudukan.

Sebenarnya tak ada batasan khusus mengenai wilayah suatu negara seperti minimal atau maksimal luasnya berapa? Oleh karena itu ada negara yang memiliki wilayah yang sangat luas dan juga sempit. Bahkan ,negara terkecil di dunia Vatikan hanya memiliki luas kurang lebih 0,44 kilometer persegi dengan jumlah penduduknya yang hanya mencapai 800 an orang.

Jadi, kali ini Penulis akan membahas 10 Negara Terluas di Dunia. Berikut daftarnya :

  1. Rusia (17.125.200 km²)

Daftar pertama dari 10 Negara Terluas di Dunia adalah Rusia dengan total luas wilayah sebesar 17.125.200 km². Luas wilayah Rusia ini sendiri mencakup seperdelapan dari luas bumi. Hal tersebut membuat Rusia menjadi negara terluas di dunia.

Sementara itu, untuk daratannya sendiri Rusia berbatasan dengan Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lituania dan Polandia (keduanya berbatasan dengan Kaliningrad Oblast), Belarusia, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, China, Mongolia, dan Korea Utara dari barat laut hingga tenggara. Laut milik negara Rusia sendiri berbatasan dengan  Jepang di Laut Okhotsk dan negara bagian Alaska, Amerika Serikat di Selat Bering.

Wilayah Rusia sendiri membentang pada 41° sampai 82° N lintang utara, dan 19° bujur timur sampai 169° bujur barat.

  1. Kanada (9.984.670 kilometer persegi)

Kanada menempati posisi kedua dengan luas wilayah sebesar 9.984.670 kilometer persegi. Kanada adalah negara paling utara di Amerika Utara. Negara ini merupakan kesatuan dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi. Sistem Pemerintahan Kanada sendiri berbentuk monarki konstitusional.

Kanada ini menepati setengah dari wilayah utara Amerika Utara. Kanada sendiri berbatasan dengan AS di selatan dan berbatasan pula di barat laut dengan Alaska. Negara terluas di dunia kedua setelah Rusia ini  dari Samudra Atlantik dan Selat Davis di timur sampai ke Samudra Pasifik di barat.

  1. Tiongkok (9.596.961 km persegi)

Selanjutnya ada Tiongkok yang menempati peringkat ketiga dalam 10 Negara Terluas di Dunia. Negara ini memiliki luas 9.596.961 km. Wilayah Tiongkok ini mencakup daratan yang sangat luas di bekas Peradaban Lembah Sungai Kuning.

  1. Amerika Serikat (9.525.067 km persegi)

Amerika Serikat menempati urutan ke 4. Amerika atau USA sendiri adalah sebuah negara yang terdiri dari 50 negara bagian dan satu distrik federal. Negara Amerika Serikat sendiri diapit oleh dua samudera yaitu Samudra Pasifik dan Atlantik di sebelah barat dan timur. Selain itu, Amerika Serikat juga berbatasan dengan Kanada di sebelah utara dan Meksiko di sebelah selatan.

  1. Brazil (8.515.767 km persegi)

Negara ini menempati peringkat 5 dalam daftar 10 Negara Terluas di Dunia. Negara ini memiliki luas sebesar 8.515.767 km persegi. Negara ini adalah negara yang terletak di ujung timur di Benua Amerika Selatan. Brazil sendiri berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik.

Negara Brazil juga berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Uruguay, Argentina, Paraguay, Bolivia, Peru, Kolombia, Venezuela, Guyana, Suriname dan départemet Guyana Prancis;  semua negara di Amerika Selatan kecuali Ekuador dan Chili. Di bagian utara Brazil juga terdapat hutan Amazon. Selain itu, negara ini sebagian besar terdiri dari dataran tinggi dan pegunungan.

  1. Australia (7.692.024 km persegi)

Negara terluas selanjutnya adalah Australia dengan luas 7.692.024 km persegi. Australia adalah negara sekaligus benua satu satunya di dunia. Negara Australia adalah sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik.

Negara ini bertetangga dengan Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini di utara; Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru di timur-laut; dan Selandia Baru di tenggara. Negara ini juga terletak di Lempeng Indo-Australia. Di negara ini ada sebuah karang terbesar di dunia yang terletak di timur laut dan memanjang hingga 2000 kilometer.

  1. India (3.287.263 km persegi)

India menempati peringkat ke 7 dalam daftar 10 Negara Terluas di Dunia. Negara ini memiliki luas sebesar 3.287.263 km persegi. India terletak di Asia Selatan dan berbatasan langsung dengan Pakistan, Republik Rakyat Tiongkok, Myanmar, Bangladesh, Nepal, Bhutan, dan Afganistan.

India memiliki banyak sekali sungai besar seperti Sungai Gangga, Brahmaputra, Yamuna, Godavari, dan Krishna. Sungai tersebut membuat daerah di sekitar India menjadi subur dan bisa ditanami dengan baik.

  1. Argentina (2.780.400 km persegi)

Selanjutnya ada Argentina dengan luas wilayah sebesar 2.780.400 km persegi. Argentina sendiri terletak di bagian selatan benua Amerika Selatan tepatnya di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudra Atlantik di selatan.

  1. Kazakhstan (2.724.900 km persegi)

Di urutan ke sembilan ada negara Kazakhstan dengan luas wilayah sebesar 2.724.900 km persegi. Negara ini merupakan negara lintas benua yang sebagian besar wilayahnya masuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil areanya di kawasan Eropa Timur. Wilayah negara Kazakhstan sendiri terbentang dari barisan Pegunungan Altai di timur hingga Laut Kaspia di barat.

Kazakhstan juga dikenal dengan sebutan ” Virgin lands “, karena beberapa wilayahnya belum tersentuh sama sekali.

  1. Aljazair (2.381.741 km persegi)

Negara terakhir dalam daftar 10 Negara Terluas di Dunia adalah Aljazair. Negara ini memiliki luas sekitar 2.381.741 km persegi. Negara ini sendiri terletak di di pesisir Laut Tengah, Afrika Utara. Nama Aljazair sendiri memiliki arti “kepulauan”. Negara Aljazair ini berbatasan dengan Tunisia di sebelah timur-laut; Libya di sebelah timur; Maroko di sebelah barat; Sahara Barat, Mauritania, dan Mali di sebelah barat-daya; Niger di sebelah tenggara; dan Laut Tengah di sebelah utara.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 negara terluas di dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Negara dengan Kekuatan Milter Terbesar
10 Negara dengan Cadangan Emas Terbesar di Dunia
Negara dengan Bank Teraman Di Dunia
10 Universitas Termahal di Dunia
Negara-Negara Paling Tidak Bahagia Sedunia
Bank Teraman di Dunia
Apa yang Terjadi Bila Negara Mencetak Uang Lebih Banyak?
10 Negara Penghasil Uranium Terbesar di Dunia
Bagaimana Cara Pemerintah Untuk Mengurangi Pengangguran di Negaranya?
15 Franchise Paling Untung di Dunia


Bagikan Ke Teman Anda