Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Negara Paling Kelaparan di Dunia

Menurut Indeks Kelaparan Global atau Global Hunger Index (GHI), tingkat kelaparan di dunia telah menurun 28 persen sejak tahun 2000. Hal ini dikatakan sebagai suatu pencapaian yang luar biasa. Namun meskipun tingkat kelaparan di dunia menurun, satu dari sembilan orang di dunia masih menghadapi kelaparan.

Hampir setengah dari 119 negara masih mengalami tingkat kelaparan yang bisa dikatakan cukup serius dan tergolong mengkhawatirkan. Bagi anda yang penasaran negara mana saja yang masuk di dalamnya, daftar 10 negara paling lapar di dunia berikut bisa anda baca.

1. Republik Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah atau Central African Republic (CAR) menjadi negara yang menempati urutan pertama sebagai negara paling lapar dunia. Negara dengan tingkat kelaparan yang tinggi ini mendapatkan skor GHI sebesar 53,7 yang membuatnya masuk dalam kategori sangat mengkhawatirkan.

Tingginya tingkat kelaparan di Republik Afrika Tengah kemungkinan besar dikarenakan  ketakstabilan yang dialami, terjadinya kekerasan etnis, dan adanya konflik sejak tahun 2012. Hal tersebut sangat berpengaruh pada produksi makanan. Kini lebih dari separuh penduduk Republik Afrika Tengah membutuhkan bantuan kemanusiaan.

2. Chad

Chad menjadi negara kedua yang mengalami kelaparan parah. Faktor utama penyebab terjadinya kelaparan adalah terjadinya gagal panen akibat kekeringan berkepanjangan serta hujan yang tidak bisa diprediksi. Banyak penduduk Chad yang bertahun-tahun berjuang melawan kelaparan.

Menurut laporan, sepertiga penduduk mengalami gizi buruk kronis dan 40 persen anak di bawah 5 tahun yang tinggal disana mengalami kekerdilan. Pengungsi di Chad yang berasal dari negara berkonflik juga mengalami kelaparan sehingga sangat membutuhkan bantuan berupa makanan.

3. Yaman

Sebagian besar penduduk Yaman pergi dari rumahnya karena adanya konflik brutal yang berupa perang saudara. Hal inilah yang menjadi faktor utama penyebab krisis pangan di Yaman. Menurut data, sekitar 18 juta penduduk mengalami kelaparan, 8 juta beresiko mengalami kelaparan, dan 11 juta diantaranya sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan untuk dapat bertahan hidup.

4. Madagaskar

Setiap tahun Madagaskar dilanda angin topan dengan rata-rata 1,5. Angka tersebut merupakan angka tertinggi di Afrika. Kombinasi terjadinya badai ekstrim, kekeringan panjang, dan serangan belalang membuat Madagaskar mengalami gagal panen.

Hal tersebut membuat banyak penduduk yang mengalami kelaparan. Bahkan hampir 50 persen dari anak balita mengalami kekerdilan atau terhambat pertumbuhannya dan lebih dari setengahnya menderita kelaparan kronis.

5. Zambia

Zambia menjadi salah satu negara yang menikmati masa perdamaian dan stabilitas yang panjang. Namun Zambia tetap mengalami kelaparan, bahkan menempati lima besar. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan dikarenakan perubahan iklim yang terjadi. Karena Zambia merupakan negara yang dilingkupi oleh daratan, maka sebagian besar petani hanya mengandalkan hujan untuk bisa menanam.

Produksi pangan pun menjadi tidak maksimal sehingga banyak penduduknya yang kelaparan. 60 persen dari penduduk Zambia hidup dalam kemiskinan dan 40 persen anak-anak terhambat pertumbuhannya.

6. Sierra Leone

Negara paling lapar di dunia selanjutnya adalah Sierra Leone. Tingkat kelaparan negara ini tergolong mengkhawatirkan. Setelah terjadinya perang saudara selama satu dekade, negara ini cukup damai dan stabil, tapi kemiskinan tetap merajalela sehingga tingkat pembangunan Sierra Leone pun tergolong rendah.

Beberapa tahun yang lalu penduduk Sierra Leone juga banyak yang terserang Ebola dan diikuti dengan kekurangan pangan. Negara ini pun semakin membutuhkan bantuan karena dampak banjir dan tanah longsor yang menewaskan banyak orang.

7. Haiti

Di belahan barat, Haiti menjadi negara yang tingkat kelaparannya paling tinggi. Negara kepulauan ini mengalami penderitaan akibat ketidakstabilan politik serta terjadinya bencana alam seperti banjir, badai, dan gempa bumi. Lebih dari setengah penduduk Haiti hidup dengan uang kurang dari 2 dolar per harinya. Untuk masalah pangan, degradasi lingkungan yang cukup parah lah yang membuat produksi makanan di Haiti terbatas.

8. Sudan

Sudan juga menjadi sepuluh besar negara dengan tingkat kelaparan paling tinggi. Negara satu ini telah menghadapi kekerasan, konflik, dan dua perang saudara selama beberapa dekade. Baru-baru ini pertempuran di Sudan Selatan terjadi lagi sehingga banyak warganya (kurang lebih 2,4 juta) yang mengungsi ke Sudan. Pengungsi tersebut tentu saja membutuhkan bantuan makanan.

Padahal di Sudan sendiri sedang dipengaruhi oleh El Nino yang membuat produksi makanan menurun. Hal tersebut tentu saja memperluas tingkat kelaparan di Sudan. Bahkan sebelumnya telah dilaporkan bahwa seperempat penduduk Sudan kelaparan dan 40 persen anak balita terhambat pertumbuhannya.

9. Afganistan

Afganistan juga tidak terlepas dari masalah kelaparan. Faktor utama yang menjadi penyebabnya adalah karena adanya kekeringan panjang. Karena masalah kelaparan, banyak keluarga yang menjadi terlantar. Bahkan PBB memperkirakan bahwa lebih dari dua juta orang di Afganistan akan mengalami masalah pangan serius.

Satu dari dua pengungsi Afganistan mengatakan bahwa mereka tidak memiliki cukup makanan untuk diberikan pada keluarga mereka, bahkan mereka sering melewatkan makan dan mengalami kelaparan.

10. Timor Leste

Timor Leste yang merupakan salah satu negara termiskin di Asia ikut masuk dalam 10 besar negara paling lapar di dunia. Banyak penduduk Timor Leste yang mengalami kelaparan. Skor GHI nya bahkan mencapai 34,8. Menurut data, satu dari dua anak di Timor Leste pertumbuhannya terhambat atau mengalami kekerdilan.

Jika mendengar kata kerdil, mungkin gambarannya hanyalah tinggi badan anak yang terganggu padahal maksud lebih lengkapnya adalah anak tidak mendapatkan cukup nutrisi dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut tentu berdampak pada perkembangan kognitif anak.

Itu tadi daftar 10 negara paling lapar di dunia. Indonesia sendiri belum bisa dikatakan aman karena masih masuk 50 besar tepatnya urutan ke 47 sebagai negara paling lapar di dunia. Skor GHI nya 21,9. Bagi anda yang penasaran dengan daftar lebih lengkapnya, anda bisa menyimak tabel di bawah ini.

Urutan Negara Skor GHI
1 Republik Afrika Tengah 53,7
2 Chad 45,4
3 Yaman 39,7
4 Madagaskar 38,0
5 Zambia 37,6
6 Sierra Leone 35,7
7 Haiti 35,4
8 Sudan 34,8
9 Afganistan 34,3
10 Timor Leste 34,8
11 Korea Utara 34,0
12 Liberia 33,3
13 Zimbabwe 32,9
14 Pakistan 32,6
15 Uganda 31,2
16 Nigeria 31,1
17 India 31,1
18 Mozambique 30,9
19 Comoros 30,8
20 Nigeria 30,4
21 Congo 30,4
22 Djibouti 30,1
23 Papua New Guinea 29,7
24 Tanzania 29,5
25 Angola 29,5
26 Guinea Bissau 29,1
27 Ethiopia 29,1
28 Guinea 28,9
29 Rwanda 28,7
30 Mali 27,8

Sebenarnya ada juga beberapa negara yang mengalami kelaparan cukup memprihatinkan, tapi tidak masuk dalam daftar di atas karena kurang lengkapnya data. Negara yang dimaksud antara lain yaitu Sudan Selatan yang sedang dilanda perang, Somalia, Suriah yang juga terjadi perang, Burundi, Libya, Republik Demokratik Kongo, dan Eritrea.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang daftar negara paling lapar di dunia. Semoga bisa menambah wawasan anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 negara paling kelaparan di dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Negara dengan Jumlah Billionare Terbanyak
10 Negara Pencetak Buku Terbanyak di Dunia
15 Franchise Paling Untung di Dunia
Negara-negara dengan Kekuatan Nuklir Terbesar
10 Negara Terbodoh di Dunia
Kaum Top 1% Menguasai Separuh Kekayaan Dunia?
10 Negara Paling Banyak Utang Pemerintahnya
Negara-Negara Paling Tidak Bahagia Sedunia
Apa Rasanya Tinggal di Negara dengan Hiperinflasi (HyperInflation)?
10 Negara Paling Pintar di Dunia (Berdasarkan Rangking IQ)


Bagikan Ke Teman Anda