Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Negara dengan Cadangan Emas Terbesar di Dunia

Setiap negara memiliki potensi sumber daya alam yang berbeda-beda dan menjadikannya potensi sumber pendapatan negara dari alam. Salah satu jenis sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomi tinggi adalah emas. Emas adalah jenis logam mulia yang memiliki nilai jual tinggi dan banyak terkandung dalam bumi. Namun hanya negara-negara tertentu yang memiliki keuntungan di bawah bumi negaranya terkandung logam mulia emas ini.

Namun negara tersebut belum tentu bisa mengelola sumber dayanya dan menghasilkannya sebagai cadangan emas negara. Hanya ada beberapa negara yang memiliki kemampuan untuk mengelola tambang emas menjadi cadangan emas negara untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan negara. Namun kondisi ini pun terus berubah, mengingat emas merupakan sumber daya alam tidak terbaharukan. Jadi jika terus diambil, lama kelamaan akan habis juga.

Hingga saat ini masih ada cukup banyak negara yang memiliki cadangan emas untuk beberapa puluh tahun ke depan. Negara-negara yang masih memiliki cadangan emas besar ini tentu menjadi informasi yang menarik untuk diketahui. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan kekayaan alam emas yang cukup banyak  tersebar di seluruh wilayahnya.

Namun apakah Indonesia termasuk alam negara dengan cadangan emas terbesar di dunia? Berikut adalah daftar 30 negara dengan cadangan emas terbesar di dunia hingga saat ini. Selanjutnya ada penjelasan terpisah  mengenai 10 negara dengan cadangan emas terbesar di dunia tadi. Simak informasinya pada bagian di bawah ini.

Tabel 1. Daftar Negara dengan Cadangan Emas Terbesar di Dunia

No. Negara Cadangan Emas (dalam Ton)
1 Amerika Serikat 8.133
2 Jerman 3.369
3 Italia 2.451
4 Perancis 2.436
5 Rusia 2.183
6 Cina 1.900
7 Swiss 1.040
8 Jepang 765,2
9 India 612,6
10 Belanda 612,5
11 Republik Cina 423,6
12 Taiwan 423
13 Portugal 382,5
14 Kazakhstan 366,6
15 Uzbekistan 354,9
16 Arab Saudi 323,1
17 Inggris 310,3
18 Libanon 286,8
19 Spanyol 281,6
20 Austria 280
21 Belgia 227,4
22 Filipina 196
23 Venezuela 187
24 Aljazair 173
25 Thailand 152
26 Singapore 127
27 Swedia 125,7
28 Afrika Selatan 125
29 Meksiko 116
30 Libya 116

10 Negara dengan Cadangan Emas Terbesar di Dunia

Anda sudah mempelajari daftar di atas dan mengetahui negara-negara dengan cadangan emas terbesar di dunia saat ini. Indonesia tidak termasuk di dalamnya, yang artinya walau Indonesia memiliki sumber daya emas tidak terhitung dalam cadangan emas negara.

Bagian berikut ini akan menjelaskan mengenai 10 negara dengan cadangan emas terbesar di dunia dari daftar di atas. Akan diinformasikan mengenai pengelolaan tambang emas yang dimiliki dan informasi pendukung terkait kepemilikan cadangan emasnya. Berikut ini penjelasannya untuk anda.

1. Amerika Serikat

Negara yang berada diperingkat pertama sebagai pemilik cadangan emas terbesar di dunia adalah Amerika Serikat. Jumlah cadangan emas yang dimilikinya mencapai 8.133,5 ton. Cadangan emas terbesar yang dimiliki oleh Amerika Serikat terletak di Fort Knox Kentucky. Selain itu ada tiga tempat lain yang tersebar di Philadelphia, San Fransisco, dan Denver.

2. Jerman

Berikutnya di peringkat kedua, Jerman menjadi pemilik cadangan emas terbesar berikutnya. Jumlah cadangan emas yang dimilikinya adalah 3.371 ton. Besar cadangan emas ini tersimpan di Banque de France dan Federal Reserve Bank of New York, namun sejak tahun 2013 telah dipindahkan ke penyimpanan asalnya yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2020.

3. Italia

Ada juga Italia sebagai negara  di urutan kedua di Eropa yang menjadi pemilik cadangan emas terbesar di dunia. Upaya penyimpanan emas dalam cadangan bank ini menjadi salah satu cara bank sentral Italia untuk mempertahankan kedudukan mata uangnya tetap stabil. Jumlah cadangan emas yang dimiliki mencapai lebih dari 2.451 ton.

4. Perancis

Masih negara dari benua Eropa kembali menempati urutan atas pemilik cadangan emas terbesar di dunia. Perancis menempati urutan keempat dengan jumlah cadangan emas mencapai 2.436 ton. Jumlah ini sebenarnya sudah banyak berkurang, karena sebelumnya cadangan emas nasional sempat dijual. Hingga akhirnya muncul peraturan untuk tidak menjual lagi cadangan emas negara.

5. Rusia

Jumlah cadangan emas terbaru dari Rusia meningkat cukup besar dari sebelumnya sekitar 1.900 ton kini menjadi 2.183 ton. Banyaknya cadangan emas diketahui berasal dari pembelian emas. Rusia pun diketahui sebagai negara dengan pembelian emas terbesar saat ini, yaitu mencapai 224 ton.

6. Cina

Sebelumnya, Cina menempati urutan kelima sebagai negara dengan pemilik cadangan emas terbesar. Namun setelah pembelian  besar Rusia, Cina berada di posisi keenam. Besar cadangan emas tersebut adalah sekitar 1.900 ton. Pertambahan kepemilikan cadangan emas negara Cina pun menjadi pertambahan paling kecil di seluruh dunia. Hal ini yang mungkin menyebabkan Cina mengalami penurunan peringkat juga.

7. Swiss

Secara perhitungan per kapita, kepemilikan cadangan emas negara Swiss adalah yang paling besar. Sejak dahulu kala di masa perang dunia ke-II, Swiss sudah menjadi negara dengan perdagangan emas terbesar di Eropa. Kini Swiss masih melakukan transaksi perdagangan emas juga dengan Hong Kong dan Cina dan menempatkannya pada urutan ke-7 dengan 1.040 ton emas.

8. Jepang

Setelah Amerika Serikat dan negara-negara di benua Eropa serta Cina, negara Asia kedua yang memiliki cadangan emas terbesar adalah Jepang. Jepang menjadi negara dengan perkembangan ekonomi yang sangat pesat, sehingga bank sentralnya juga melakukan praktik ekonomi yang aktif dalam menjaga cadangan emas nasional. Saat ini, jumlah cadangan emas yang dimiliki Jepang adalah 765,2 ton.

9. India

India saat ini menjadi negara dengan kepemilikan cadangan emas terbesar kesembilan di dunia, setelah berhasil menyalip Belanda. Naik satu tingkat dibandingkan tahun sebelumnya, kini India memiliki jumlah cadangan emas sebesar 612,6. Perbedaan yang sangat tipis dengan belanda, namun peningkatan yang cukup besar. Masyarakat India diketahui sebagai masyarakat konsumen emas terbesar kedua di dunia, jadi wajar jika cadangan emas nasionalnya pun meningkat terus.

10. Belanda

Hanya berbeda sedikit dari jumlah cadangan emas milik India, Belanda memiliki sebesar 612,5 ton emas. Jumlah ini memang tidak bertambah signifikan, sehingga posisi Belanda sebelumnya telah diambil oleh India. Belanda sedang melakukan pemindahan kepemilikan emasnya dari Amsterdam ke Camp New Amsterdam.

Jadi itulah tadi 10 negara dengan cadangan emas terbesar di dunia. Ternyata negara dengan cadangan emas terbesar saat ini adalah Amerika Serikat dan Indonesia bahkan tidak masuk dalam 30 besar daftar negara dengan cadangan emas terbesar. Berdasarkan data ini, diketahui bahwa setiap satu ton emas berharga lebih dari 600 milyar rupiah. Jadi aset emas yang dimiliki oleh Amerika Serikat saat ini memang sangat besar. Cadangan emas dan nilainya ini dipegang oleh bank sentral negara masing-masing sebagai jaminann untuk menjadi jaminan saat menerima bantuan investor, deposito, dan perdagangan lainnya. Bahkan kepemilikan cadangan emas ini bisa menjadi salah satu faktor yang membuat mata uang nasional menguat. Itulah sebabnya mata uang Amerika Serikat menjadi salah satu mata uang terkuat dan stabil.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 negara dengan cadangan emas terbesar di dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Negara Paling Dingin Sedunia
Mengapa Ada Orang yang Kaya dan Ada Orang yang Miskin di Dunia?
Apa itu Depresi & Great Depression?
10 Negara dengan Penduduk Gemar Makan Daging
Mengapa Membeli Emas Sekarang?
Bank Terbesar di Dunia
10 Negara Paling Banyak Utang Pemerintahnya
Negara-Negara Paling Tidak Bahagia Sedunia
Apa yang Terjadi Bila Sebuah Negara Default (Tidak Mampu Bayar Utang)?
Negara dengan Bank Teraman Di Dunia


Bagikan Ke Teman Anda