Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Perbedaan Evolusi & Revolusi, Mana yang lebih Cocok untuk Bisnis Kamu?

Evolusi dan revolusi adalah dua kata yang penulisan dan pengucapannya hampir sama, bahkan hanya berbeda satu huruf saja. Karena persamaan ini, tak sedikit orang yang keliru dengan makna dan konsepnya. Padahal hal tersebut akan berdampak pada kesalahan penggunaan kedua kata tersebut dalam kalimat. Menariknya, kedua kata ini termasuk ke dalam kategori kata benda.

Uniknya lagi, evolusi dan revolusi sama-sama bisa digunakan dalam hal yang sama. Termasuk dalam dunia bisnis. Jika ingin usaha kita maju, terkadang harus dilakukan salah satu dari kedua proses tersebut. Jadi agar tidak salah menggunakannya, lebih baik mengetahui arti kedua kata tersebut satu-persatu. Dari situ, baru kita bisa mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Apa Itu Evolusi?

Jika dilihat di kamus, kata evolusi berarti proses perkembangan yang berjalan secara bertahap dari sesuatu. Dengan kata lain satu hal tertentu mengalami proses perubahan dari tahap satu ke tahap yang berbeda. Perkembangan dari tahap ke tahap ini pada umumnya bersifat progresif, ada perbedaan jelas yang terjadi di setiap tahapnya. Salah satu contoh yang paling populer adalah evolusi perilaku manusia dalam periode waktu tertentu.

Contoh lain dari evolusi adalah perubahan kondisi sosial secara bertahap dalam periode tertentu. Perubahan yang terjadi pada populasi selama periode waktu tertentu bisa disebut sebagai evolusi. Satu hal yang harus menjadi catatan adalah evolusi didasari oleh pengamatan, data empiris dan hipotesis yang telah diuji.

Misalnya saja evolusi manusia. Ada berbagai macam teori tentang perubahan perilaku dan kondisi fisik manusia. hal ini didapat dari pengamatan terhadap respons manusia akan kondisi sosial. Perilaku manusia bisa berubah yang disebabkan karena pertumbuhan peradaban dan berbagai alasan lainnya. Dari pengamatan inilah kemudian lahir apa yang disebut evolusi.

Apa Itu Revolusi?

Sementara itu, kata revolusi berasal dari kata dalam bahasa Latin “revolutio” yang artinya pembalikan. Revolusi bisa diartikan sebagai perubahan yang terjadi secara mendadak, menyeluruh, atau radikal terhadap sesuatu. Biasanya revolusi terjadi pada perubahan mendasar dalam struktur organisasi atau kekuatan politik yang terjadi dalam waktu singkat.

Khusus untuk revolusi di bidang politik, Aristoteles menjelaskan ada 2 macam revolusi politik. Yang pertama adalah perubahan secara total, dari satu konstitusi ke konstitusi lain yang sama sekali berbeda. Sementara jenis yang kedua adalah bentuk modifikasi yang sudah ada. Dalam peradaban manusia, revolusi sudah sering mengalami revolusi dari waktu ke waktu.

Hal yang penting dicatat dari revolusi adalah revolusi membawa perubahan dari segi ekonomi, budaya, dan juga sosial dan politik. Meski lebih sering digunakan untuk perubahan yang terjadi di bidang politik, tapi sebenarnya revolusi tidak melulu tentang politik saja. Manusia juga pernah mengalami revolusi budaya dan revolusi sosial.

Perbedaan Utama Evolusi dan Revolusi

Dari penjelasan kedua kata di atas, maka kita bisa mengambil kesimpulan perbedaan utama evolusi dan revolusi. Perbedaan utama keduanya adalah dari jangka waktunya. Evolusi diketahui sebagai perbedaan yang terjadi secara bertahap dan pelan-pelan. Sementara revolusi dianggap sebagai perbedaan yang dramatis, terjadinya secara tiba-tiba, dan menyeluruh.

Pada umumnya, evolusi dianggap sebagai perubahan yang terjadi sebagai bawaan populasi biologis pada generasi berikutnya. Sedangkan revolusi merupakan perubahan tatanan sosial atau pemerintahan, dan terjadi persetujuan untuk menggunakan perubahan yang baru. Evolusi merupakan kemajuan atau perubahan yang terjadi secara stabil dan lambat. Sementara revolusi merupakan perubahan ekstrem, total, dan tiba-tiba dalam kehidupan, metode kerja, politik, dan lain sebagainya.

Evolusi merupakan perubahan yang didapatkan dari pengamatan, data empiris, dan hipotesis yang diuji. Sementara revolusi bukanlah sesuatu yang diuji, melainkan perubahan yang terjadi secara cepat dan membawa pengaruh pada sektor ekonomi, budaya, dan bahkan dalam kondisi sosial dan politik. Evolusi biasanya akan berpengaruh ke budaya masyarakat tertentu. Sementara revolusi membawa perubahan pada hampir semua sektor.

Tabel Perbandingan Evolusi vs Revolusi

Evolusi Revolusi
Evolusi didefinisikan sebagai perubahan yang lambat tapi stabil. Ada perkembangan yang terjadi karena prosesnya. Revolusi didefinisikan sebagai perubahan yang kuat dan ekstrem pada keseluruhan organisasi.
  • Makna Alternatif

Evolusi sering diasosiasikan dengan perubahan yang merupakan bawaan dari populasi biologis pada generasi berikutnya. Perubahan ini membawa perbedaan pada tradisi masyarakat.

Revolusi sering diasosiasikan dengan perubahan tatanan sosial dan politik. Sehingga perubahan yang terjadi mencakup hampir semua atau bahkan semua sektor kehidupan.
  • Diketahui Sebagai

Perubahan yang prosesnya stabil dan kemajuannya lambat dalam sebuah populasi.

Perubahan yang terjadi secara ekstrem, tiba-tiba, dan menyeluruh atau total pada berbagai metode kehidupan, cara kerja, dan lain sebagainya.
  • Tempo Perubahan

Bertahap dan lambat

Dramatis dan tiba-tiba
  • Didasari Oleh

Berdasarkan data empiris, observasi, dan hipotesis yang mengalami proses pengujian.

Perubahan cepat pada sektor ekonomi, budaya, dan sosial politik.
  • Kelebihan

Evolusi menjadi bagian dari budaya atau tradisi masyarakat.

Risiko perubahan mengalami kegagalan sangat kecil, prosesnya pun jauh lebih cepat dibandingkan evolusi.
  • Kekurangan

Perubahan mungkin sulit diterima oleh masyarakat jika dibicarakan secara terbuka. Karena itu, proses evolusi terjadi secara perlahan.

Revolusi mungkin saja tidak menjadi bagian dari budaya masyarakat. Bisa juga terjadi kerugian dari berbagai sektor, seperti ekonomi dan politik. Revolusi juga mungkin menyebabkan orang bersikap seperti robot.

Kesimpulan

Jadi jika digunakan dalam dunia bisnis, jika pemilik usaha menginginkan perubahan yang cepat dan menyeluruh, maka revolusilah yang harus dilakukan. Sementara jika ingin terjadi perubahan kebiasaan, maka harus ditanamkan secara perlahan tapi pasti, seperti evolusi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang perbedaan evolusi & revolusi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Perbedaan Pola Pikir Kelas Menengah vs Kelas Atas
Keuntungan dan Kerugian Knowledge Management
Antara Berlangganan Software Vs Beli Putus, Mana yang Lebih Untung?
Perbedaan Karakteristik Perusahaan Dagang dengan Perusahaan Jasa
Perbedaan antara Pajak dengan Bea Cukai
Apa Tujuan dan Manfaat Branding?
Anak Mau Punya Skill Bisnis? Ini Tip Buat Orangtua!
Cara Mendapatkan Pelanggan Untuk Bisnis Baru
Apa itu Opportunity Cost? Definisi Opportunity Cost
Perbedaan Orang Sibuk dan Produktif


Bagikan Ke Teman Anda