Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Perbedaan Credit Union Vs Bank

Munculnya fenomena kenaikan biaya-biaya pada bank konvensional membuat banyak nasabah berpikir keras untuk mencari alternatif tabungan mereka. Salah satu alternatif yang banyak digunakan yaitu credit union. Di banyak negara, cara ini sudah dipakai. Lantas apa itu credit union? Apa perbedaannya dengan bank konvensional?

Pengertian Credit Union

Credit union adalah lembaga keuangan jenis koperasi yang dimiliki oleh anggota dan mereka juga sebagai nasabah atau pelanggan tabungan. Pengertian ini jauh berbeda dengan bank konvensional. Bank konvensional adalah lembaga keuangan bank pada umumnya yang dimiliki oleh otoritas federal dan nasabah belum tentu sebagai pemilik (saham) bank.

Meski memiliki perbedaan dari berbagai sisi atau aspek, keduanya sama-sama berkompeten dalam mengatur dan mengurus nasabahnya. Meski demikian, ketikan jika ingin beralih ke lembaga keuangan yang lain mohon dipertimbangkan baik-baik. Nasabah pasti memiliki alasan yang tepat untuk memilih lembaga tabungan yang cocok bagi mereka, yang tentunya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Perbedaan Credit Union Vs Bank

Untuk lebih memahami beda Credit Union dengan Bank, mari kita perjelas lebih dalam lagi. Perbedaan di antara keduanya bisa dilihat dari berbagai aspek. Sebut saja profit dan no-profit, keanggotaan, biaya, produk dan layanan, peraturan dan asuransi, penggemar teknologi, perjalanan internasional dan kepuasan pelanggan. Berikut penjelasannya:

  1. Profit dan Non-Profit

Perbedaan besar paling mencolok diantara keduanya terletak pada tujuan. Ada yang mencari keuntungan (profit) dan ada yang tidak hanya soal keuntungan (non-profit). Seperti yang diketahui, Bank tentu saja bertujuan mencari dan meraup keuntungan terbesar yang bisa didapatkan dari arus pinjaman nasabah. Hal ini juga dipicu oleh daya saing dengan bank lain.

Sedangkan credit union yang merupakan koperasi tentu saja lebih mengutamakan kepentingan ekonomi anggotanya. Lembaga keuangan jenis koperasi ini memang diperuntukkan untuk tujuan mendukung anggotanya di berbagai kebutuhan. Misalnya pinjaman modal usaha, workshop dan sharing untuk menambah wawasan dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah pemenuhan kebutuhan anggota, setelah itu baru peningkatan laba.

  1. Keanggotaan

Ditinjau dari segi keanggotaannya, Bank tidak terlalu memiliki hubungan dekat dengan para nasabah. Hal ini karena tujuannya adalah mencari laba sehingga hubungan keanggotaan hanya sebatas klien, anggota dewan dan pemegang saham. Selebihnya tidak terlalu spesial.

Sedangkan pada keanggotaan Credit Union berbeda dengan bank. Hubungannya terlihat lebih akrab/dekat karena memilki kepentingan dan kebutuhan yang sama. Tujuannya juga sama yaitu membantu pemerataan ekonomi anggotanya. Jadi, hubungan keanggotaan Credit Union jauh lebih interaktif daripada bank.

  1. Biaya

Perbedaan besar yang lainnya adalah mengenai biaya. Bank memiliki aturan biaya yang cukup memberatkan bagi nasabahnya, namun sepertinya tidak ada pilihan lain karena nasabah membutuhkan rekening di bank tersebut. Hingga saat ini, pembiayaan pada bank selalu meningkat. Contohnya seperti biaya admin, transfer antar bank, biaya tarik tunai dari atm bank lain, dan lainnya. Semuanya terus mengalami kenaikan.

Jika menggunakan Credit Union, biaya-biaya tersebut bisa dihapuskan karena Credit Union umumnya tidak ada biaya admin ataupun biaya penarikan dan lainnya.

  1. Produk dan Layanan

Jika ditinjau dari sepi produk dan layanan, bank konvensional memang cukup mumpuni. Hal ini karena keberadaannya juga banyak cabang di mana-mana. Selain itu, kebutuhan pelanggan yang lebih bervariasi sehingga bank membuat lebih banyak variasi produk dan layanan yang lebih optimal.

Sedangkan Credit Union yang berbentuk koperasi cakupannya lebih kecil dan cabangnya juga lebih sedikit. Begitu pula dengan pilihan produknya yang lebih sedikit dan sederhana. Hal ini juga tidak lepas dari keseragaman anggota yang dipegang Credit Union.

  1. Peraturan dan Asuransi

Mengenai aturan dan asuransi, keduanya sangat berbeda karena berasal dari otoritas yang berbeda pula. Bank diatur oleh otoritas federal yaitu kantor pengawas lembaga keuangan. Sedangkan credit union atau koperasi cakupannya kecil. Hanya diatur oleh pemerintah setempat misalnya propinsi.

Karena Bank diatur oleh otoritas federal dalam cakupan yang besar, asuransi yang didapat pun besar. Contohnya di Canada, federal menanggung sekitar 100.000-dollar oleh Canada Deposit Insurance Corporation. Sedangkan lembaga koperasi asuransinya tergantung dari pemerintah setempat yang berbeda tiap daerah dan tentu tidak sebesar asuransi pada bank.

  1. Penggemar Teknologi

Berdasarkan tinjauan aspek teknologi tentu saja bank lebih aktif dan memiliki power untuk menjelajahi dunia teknologi. Hampir semua bank memiliki situs atau website sebagai media informasi, registrasi, konsultasi dan lain sebagainya. Selain website, banyak juga aplikasi yang digunakan untuk membantu memudahkan aktivitas nasabah, sehingga tidak perlu sering bolak-balik ke kantor cabang.

Sedangkan lembaga keuangan model koperasi seperti credit union, tidak semuanya berbasis teknologi. Hal ini juga berkaitan dengan kurangnya modal untuk berkecimpung di dunia teknologi. Selain itu, beberapa credit union merasa hal itu tidak terlalu diperlukan, terutama seperti aplikasi.

  1. Perjalanan Internasional

Mengenai perbedaan Credit Union dengan bank dari segi biaya perjalanan internasional, tidak da perbedaan yang signifikan. Keduanya hampir berlaku sama ketika menggunakan kartu kredit dari bank maupun Credit Union. Biasanya penggunaan di luar negeri akan dipotong biaya tertentu.

  1. Kepuasan Pelanggan

Jika dibandingkan dari segi kepuasan pelanggan, Credit Union atau koperasi lebih unggul daripada bank. Seperti yang terjadi di Canada, Ipsos Financial Service Excellence Awards di tahun 2018, koperasi Credit Union berhasil menang. Penghargaannya sebagai Customer Service Excellence, menang telak selama 14 tahun berturut-turut dibandingkan dengan lembaga keuangan utama Kanada.

Itulah perbedaan antara Credit Union dengan bank konvensional. Banyak hal atau aspek yang ditinjau seperti produk dan layanan, aspek ini sangat menentukan seseorang akan memilih menggunakan Credit Union atau bank. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi pilihanlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang perbedaan credit union Vs bank, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Bank Investasi? Definisi Bank Investasi
Penasaran Kartu AEON? Simak Ulasannya di sini!
Prinsip 5C dan 7P dalam Pemberian Kredit di Lembaga Keuangan/Bank
Tip Agar KPR Disetujui Bank dengan Mudah
Masih Ragu Menabung di Bank? Simak Manfaatnya Berikut Ini!
Definisi Shell Bank
Kartu Kredit dari BCA
Keunggulan Menarik Kartu Kredit CIMB Niaga
Apa itu Bank Berdampak Sistemik?
Apa Untungnya Jadi Nasabah Prioritas Bank?


Bagikan Ke Teman Anda