Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Bank Terbaik di Indonesia

Teknologi dan era digital telah merubah peta persaingan antar bank, baik secara global maupun nasional. Kini pihak perbankan berlomba-lomba untuk menampilkan pelayanan terbaiknya demi kepuasan pelanggan setia.

Berikut ini adalah daftar 10 bank terbaik di Indonesia berdasarkan lembaga survey terkemuka di dunia yang bekerja sama dengan Forbes. Data yang dihimpun adalah berdasarkan kepuasan umum dan penilaian umum seperti kepercayaan, biaya, layanan digital, serta saran keuangan.

Daftar 10 Bank Terbaik di Indonesia

1. Bank Central Asia (BCA)

Hingga saat ini, karyawan Bank Central Asia Tbk adalah sejumlah 27.561 orang. Dengan sumber daya manusia yang mumpuni tersebut, Bank Central Asia menjelma menjadi bank terbesar di Indonsesia.

Perusahaan beroperasi melalui segmen geografis yang meliputi: Operasi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Indonesia Timur, hingga ke manca negara.

Produk dan layanan khas dari Bank Central Asia yaitu: rekening simpanan, perbankan transaksi, perbankan elektronik, manajemen kas, kartu kredit, bancassurance, fasilitas kredit, jaminan bank, fasilitas ekspor-impor, fasilitas valuta asing, serta produk investasi.

2. PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN)

Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) merupakan bank umum valuta asing yang berfokus melayani serta memberdayakan segmen berpenghasilan rendah semisal pensiunan, pengusaha mikro, kecil, dan mengengah, serta masyarakat miskin yang produktif.

Bank yang berdiri pada tahun 1959 ini berkantor pusat di Jakarta. Salah satu produk perbankannya adalah BTPN Wow yang berfokus pada segmen yang tidak memiliki rekening bank, serta Jenius platform perbankan digital.

3. HSBC

HSBC telah menyediakan layanan perbankan serta keuangan melalui empat bisnis global, termasuk diantaranya Perbankan Ritel dan Manajemen Kekayaan, Perbankan Komersial, Perbankan dan Pasar Global serta Perbankan Swasta Global.

HSBC beroperasi ke dalam enam wilayah global yang meliputi: Eropa, Hong Kong, sebagaian wilayah Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika Utara, Amerika Utara serta Amerika Latin.

4. Bank Negara Indonesia

Bank Negara Indonesia adalah perusahaan keuangan yang menyediakan layanan perbankan umum, yang memiliki produk keuangan berupa pinjaman, simpanan, serta transaksi saldo antar segmen.

Bank yang berdiri pada tahun 1946 ini bermarkas besar di kota Jakarta dengan total karyawan sebanyak 27.224, dengan segmen layanan yang beroperasi melalui perusahaan, Lembaga Keuangan, hingga Korporasi.

5. Bank Mandiri

Berdiri sejak tahun 1998, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk ini bergerak melalui segemen Perusahaan, Komersial dan Bisnis, Mikro dan Ritel, Konsumen, Perbendaharaan, Lembaga Keuangan dan Manajemen Aset Khusus, hingga Anak Perusahaan Syariah dan Asuransi.

Selain itu, ada pula segemen Mikro dan Ritel yang berfokus pada produk dan layanan untuk pelanggan individu yang meliputi pinjaman, simpanan, transaksi pembayaran, dan berbagai transaksi lainnya.

6. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank yang berkantor pusat di Jakarta serta berdiri sejak tahun 1895 ini memberikan pelayanan di bidang Mikro untuk pengusaha mikro serta pelanggan individu.

Selain itu ada pula ada pula segmen Ritel yang bergerak untuk melayani pelanggan individu dan perusahaan kecil serta menengah dengan menyediakan layanan perbankan, produk simpanan, serta pinjaman komersial atau konsumen.

7. Panin Bank

Panin Bank merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang mulai berdiri pada tahun 1971, dari hasil gabungan usaha Bank Kemakmuran, Bank Industri Djaya, serta Bank Industri dan Dagang Indonesia.

Melalui berbagai program serta produk perbankan di segmen perbankan konsumer, SME dan mikro, komersial, korporat, dan tresuri, Panin Bank selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk nasabahnya.

Hingga 2017 saja, Panin Bank telah memiliki 562 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Angka tersebut tidak termasuk kantor perwakilan di Singapura.

8. Bank OCBC NIPS

Bank OCBC NISP adalah salah satu bank tertua di Indonesia (menempati peringkat ke 4). Berdiri di tahun 1941 di kota Bandung dengan nama NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank, kini Bank OCBC NISP berkantor pusat di Jakarta.

Fokus dari Bank OCBC NISP adalah memberikan layanan segemen Usaha Kecil Menengah. Bahkan pada akhir 1990 –an, setelah berhasil melalui krisis keuangan Asia, OCBC NISP segera melanjutkan penyaluran kreditnya.

Beberapa produk dari Bank OCBC NISP adalah tabungan, kredit, OCBC NISP Syariah, serta OCBC NISP Premier yang menyediakan layanan wealth management yang ekslusif untuk para nasabah mass affluent.

9. Citibank

Bank Swasta Internasional yang berasal dari Amerika Serikat ini telah berdiri sejak tahun 1812. Dengan total karyawan 169.092 di seluruh dunia, Citibank menyediakan layanan kartu kredit, hipotek, pinjaman pribadi, pinjaman komersial, serta jalur kredit lainnya.

Awal mula didirikan, Citibank bernama City Bank of New York yang kemudian berganti nama menjadi First Nasional City Bank of New York. Setelah merambah pasar perbankan global, Citibank yang kita kenal di Indonesia merupakan bagian dari divisi konsumen dari layanan keuangan Citigroup Multinasional.

10. DBS

DBS berkantor pusat di Negeri Singa atau Singapura. DBS Group Holding Ltd beroperasi sebagai perusahaan holding investasi yang bergerak di bidang penyedia layanan ritel, usaha kecil dan menengah, hingga perbankan investasi.

Salah satu segmen atau produk yang ditawarkan adalah Costumer Banking / Wealth Management yang menyediakan layanan seperti giro dan tabungan, deposito tetap, pinjaman dan pembiayaan, rumah, kartu, pembayaran, investasi, dan juga asuransi.

Disamping itu, DBS juga bergerak dalam pelayanan kepada klien institusional, termasuk di dalamnya lembaga keuangan non-bank, perusahaan yang terkait dengan pemerintah, perusahaan besar hingga kecil dan menengah.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 Bank terbaik di Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Perbedaan Credit Union Vs Bank
Bank yang Memberikan Hadiah Handphone 2020
Bank Teraman di Dunia
Apa itu Bancassurance? Definisi Bancassurance
Bank Sentral Memberi Warning pada P2P Lending di Vietnam
Inilah Bentuk dan Jenis Badan Usaha yang Ada di Indonesia
Alasan Bank Umum Harus Menyimpan Saldo Minimal pada Bank Sentral
Berapa Saldo Minimum di Bank?
Jenis-jenis Cek yang Berlaku di Indonesia
Bank Terbesar di Dunia


Bagikan Ke Teman Anda