Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Benchmarking?

Siapa yang tidak ingin bisnisnya berkembang pesat dan menjadi pemain besar dalam industri? Tidak ada hal yang tidak mungkin. Segala sesuatu mungkin saja terjadi dan dapat diraih apabila dijalankan dengan tekun, serius, strategi jitu, dan tentunya evaluasi serta perbaikan secara berkelanjutan. Demikian pula halnya dengan bisnis. Meski dari awal kecil, jika dikelola dengan baik akan berkembang sehingga menjadi besar.

Suatu bisnis bisa mengalami perkembangan yang pesat dikarenakan banyak faktor. Salah satunya adalah kemampuan owner untuk melihat celah dan kelemahan dari pesaing, sehingga mampu menjadikannya peluang untuk merebut pasar. Sebab inilah pentingnya benchmarking.

Apa itu benchmarking?

Benchmarking adalah proses yang dilakukan untuk mengukur keberhasilan suatu perusahaan terhadap perusahaan serupa lainnya guna mengetahui adanya celah dalam kinerja yang dapat ditutup dengan meningkatkan kinerja perusahaan terkait. Secara sederhana, benchmarking dapat dipahami sebagai proses mengukur kinerja produk, layanan, atau proses perusahaan terhadap produk, layanan, atau proses dari bisnis lain yang dianggap terbaik dalam industri yang sama.

Setiap enterpreneur atau owner bisnis penting untuk mempelajari perusahaan lain dengan menyoroti celah dan kelemahan yang mungkin ada. Hal ini bisa menjadi tantangan bagi setiap pebisnis untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaannya. Dengan melihat kelemahan pesaing, pebisnis bisa mengidentifikasi peluang interrnal untuk melakukan perbaikan.

Manfaat benchmarking

Intinya, mempelajari seluk-beluk perusahaan lain baik dalam hal keunggulan maupun kelemahannya akan dapat memberikan inspirasi dalam mengevaluasi bisnis sendiri agar menjadi lebih baik, berkembang dan maju. Pun halnya dengan membandingkan bisnis sendiri dengan bisnis lain dalam industri yang sama yang dianggap lebih unggul. Anda akan bisa introspeksi diri dalam mengelola dan mengembangkan bisnis agar menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien. Berikut beberapa manfaat melakukan benchmarking.

  • Analisis kompetitif

Setiap pebisnis tentu ingin bisnisnya menjadi yang paling unggul dan terbaik, tentu juga termasuk Anda. Namun, adanya persaingan sering kali cukup menyulitkan bisnis memiliki keunggulan kompetitif yang mampu menguasai pasar. Tidak perlu khawatir, sebab Anda bisa membandingkan kinerja bisnis Anda saat ini dengan pesaing. Anda dapat melakukan identifikasi pada area dalam bisnis Anda yang ingin ditingkatkan. Dengan membandingkan bisnis Anda dengan pesaing, Anda bisa mengetahui keunggulan strategis bisnis Anda atas pesaing dan menumbuhkannya.

  • Memantau kinerja

Tidak ada salah dan ruginya membandingkan bisnis Anda dengan pesaing. Dengan membandingkan Anda justru bisa melihat tren saat ini dan memproyeksikannya di masa mendatang, tergantung pada apa yang ingin dicapai. Proses pembandingan ini perlu dilakukan secara berkelanjutan, agar Anda bisa mengetahui berhasil tidaknya bisnis Anda mendekati atau bahkan melampaui pesaing. Sebab, dengan membandingkan bisnis pesaing, Anda sekaligus memantau kinerja bisnis Anda.

  • Melakukan perbaikan terus-menerus

Melihat bisnis pesaing semakin maju tentu menjadi cambuk bagi para pebisnis untuk terus meningkatkan kinerja dan melakukan perbaikan secara terus-menerus. Tujuan benchmarking pada prinsipnya adalah untuk meningkatkan elemen bisnis tertentu. Sebab itu, perbaikan seharusnya tidak hanya dilakukan sekali dan dilupakan, tetapi harus berjalan secara kontinyu dan berkesinambungan.

Tujuan benchmarking dalam bisnis

Benchmarking merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kinerja bisnis. Sebab, tolok ukur dalam bisnis adalah membandingkan praktik industri terbaik dengan proses bisnis guna mengidentifikasi kesenjangan kinerja dan mencapai keunggulan kompetitif. Pembandingan ini bisa dilakukan pada proses, pendekatan, fungsi, dan juga produk serta layanan dalam bisnis. Prosesnya berfokus pada ukuran seperti kualitas, waktu, biaya, efektivitas, dan kepuasan pelanggan untuk mengetahui di mana letak perbedaannya dengan pesaing.

Penting untuk disadari bahwa benchmarking bukanlah solusi untuk cepat sukses, melainkan proses berkelanjutan yang dapat diandalkan oleh pemilik bisnis untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya masalah kinerja. Ketika ditemukan adanya kesenjangan kinerja, dapat segera dilakukan perbaikan sehingga bisnis bisa bertumbuh dan berkembang. Inilah pentingnya benchmarking. Banyak pebisnis yang memilih untuk melakukan benchmarking dengan tujuan sebagai berikut.

  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan

Benchmarking tidak semata-mata dilakukan untuk memahami pesaing bisnis Anda saja, tetapi juga meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis Anda sendiri. Dengan membandingkan dengan pesaing, secara otomatis Anda akan memperhatikan kinerja bisnis Anda sendiri. Apakah rencana pemasaran, strategi periklanan, dan penjualan yang diterapkan telah memenuhi harapan? Jika belum, bisa jadi ada salah dengan kinerja bisnis Anda. Pembandingan akan memberikan informasi bisnis yang dibutuhkan untuk menjadi lebih efektif dan efisien. Hal ini penting bagi jenis perusahaan tertentu, terutama bisnis yang digerakkan oleh layanan.

  • Melacak kemajuan tujuan dan sasaran bisnis

Langkah pertama untuk menerapkan perubahan ke dalam bisnis guna mencapai pertumbuhan adalah melakukan riset yang memadai. Selanjutnya Anda juga perlu menemukan cara untuk mengukur kemajuan bisnis guna memastikan bahwa Anda telah berada pada jalur yang benar sesuai dengan yang direncanakan. Benchmarking dapat menjadi alat untuk melacak kemajuan tujuan dan sasaran bisnis. Sebab, bukan hanya mengukur peringkat, melainkan juga menunjukkan kesenjangan kinerja yang dihadapi banyak bisnis. Dengan melakukan pembandingan, Anda bisa mengetahui ketika adanya kesenjangan menghalangi Anda untuk mencapai tujuannya.

  • Menemukan peluang baru untuk tumbuh lebih cepat

Pernahkah Anda merasa bisnis Anda seolah stagnan dan tidak mengalami perkembangan yang berarti serta lambat mengikuti perubahan dalam industri? Satu kesalahan yang sering dilakukan pebisnis adalah terlalu fokus ke dalam, padahal untuk membangun kesuksesan juga harus melihat keluar. Anda perlu melihat bisnis lain yang telah terbukti sukses, sehingga Anda dapat menentukan rencana baru guna meningkatkan kinerja agar sesuai atau bahkan melebihi pesaing Anda. Dengan benchmarking, Anda akan terbantu untuk menemukan peluang baru dalam bisnis yang dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu benchmarking, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Badan Usaha?
Apa Itu Usaha Waralaba, Kelebihan dan Kekurangan?
Apa itu Bancassurance? Definisi Bancassurance
Apa Itu Cash Flow?
Empat Tahap Pertumbuhan Bisnis
5 Alasan Mengapa Bisnis Baru Sering Gagal
Tips Bisnis dari Jack Ma
Apa itu Roadmap?
Cara Menghasilkan Keuntungan Bisnis Di Masa Resesi
Apa Itu Spin Off dalam Perusahaan / Bisnis?


Bagikan Ke Teman Anda