Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

7 Pelajaran Berharga Yang Wajib Diketahui Pebisnis Pemula

Bisnis adalah suatu usaha yang tidak mudah untuk dijalankan, karena dalam bisnis Anda tentu memerlukan banyak pengetahuan atau bahkan pengalaman dari bisnis yang sebelumnya. Namun bagaimana jika pelaku bisnis adalah pemula?

Tentu Anda harus belajar tentang bisnis dari orang-orang atau dari pelaku bisnis yang sudah senior. Selain itu ada hal yang harus Anda lakukan seperti berkorban waktu, kemudian persiapan dana dan bahkan Anda juga harus mengubah reputasi yang melekat pada diri Anda demi suksesnya bisnis.

Namun semua pengorbanan yang Anda lakukan akan terbayar dengan kesuksesan dan rasa bangga apabila bisnis yang Anda jalankan sukses dan membuahkan hasil. Lalu apa sajakah yang harus dipelajari sebagai pemula bisnis?

Berikut ini adalah 10 pelajaran berharga yang wajib diketahui sebagai pemula bisnis:

  1. Mimpi Besar

Tahukah Anda jika mimpi besar bisa mengantarkan kita pada kesuksesan yang besar, namun hal ini bisa menjadi nyata jika usaha besar juga dilakukan. Anda juga harus percaya diri dengan mimpi besar dibuat. Dari sini Anda juga bisa mengembangkan bisnis, agar bisnis nantinya tidak hanya bermanfaat bagi diri pribadi tapi juga orang banyak.

  1. Berusaha Adalah Kunci Utama

Memiliki mimpi besar adalah hal yang harus dimiliki semua orang, namun bagaimana mimpi besar tersebut bisa menjadi nyata? Tentu saja dengan berusaha sekeras tenaga, karena berusaha adalah kunci utama dari keberhasilan.

Percuma saja jika memiliki impian yang besar namun hanya sebatas mimpi dan berharap saja tanpa adanya usaha, karena hal ini tentu akan sia-sia bahkan hanya sekedar mimpi saja. Anda perlu mengingat juga jika mimpi besar tidak akan menjadi nyata jika tanpa adanya usaha.

  1. Jangan Takut Salah

Menjadi seorang pebisnis harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan tentunya dibarengi juga dengan kerja keras. Selain itu percaya diri juga dibutuhkan agar Anda tidak takut untuk melakukan kesalahan.

Ingatlah kesalahan adalah hal yang wajar, terutama bagi pemula bisnis. Hal yang wajib Anda lakukan bukanlah takut untuk melakukan kesalahan, tapi mengambil hikmah atau pelajaran dari kesalahan yang pernah ada.

Kesalahan juga sulit dihindari dalam menjalankan bisnis, apapun jenis bisnis yang dijalankan. Sejatinya guru terbaik adalah kehidupan dan pelajaran terbaik adalah kesalahan, tanpa ada kesalahan Anda tidak akan belajar dan berusaha untuk menjadi lebih baik.

  1. Kenali Bisnis Anda

Sebelum Anda menjalankan bisnis Anda, maka kenali dahulu bisnis Anda. Misalnya saja produk apa yang akan Anda jual.

Hal ini wajib Anda kenali, apa manfaatnya, apa kelemahannya, kemudian siapa target pasar Anda, berapa harga jual Anda dan apakah produk tersebut bisa eksis di segala situasi dan bukan musim-musiman.

Jika Anda tidak mengenali isi dari bisnis Anda, maka harus siap dengan segala konsekuensinya seperti misalnya ada kompetitor yang lebih aktif atau lebih update (pembaruan).

  1. Perhatikan Customer (pelanggan/pembeli)

Hal penting lain yang wajib Anda perhatikan adalah customer (pelanggan/pembeli), mengapa demikian? Karena hal ini sangat mempengaruhi nilai jual Anda.

Misalnya saja ada komplain dari mereka tentang produk yang Anda jual, misalnya saja produk parfum. Semisal customer (pelanggan/pembeli) komplain dengan wangi yang kurang tahan lama, disini Anda bisa menjadikan hal ini sebagai koreksi agar produk Anda diproduksi lebih baik dari produksi yang sebelumnya.

Contoh saja Anda membuat produk yang dikomplain tadi lebih tahan lama dengan kualitas harum yang sama. Selain itu Anda juga harus mengetahui pangsa pasar Anda.

Sebagai contoh saja pelanggan menganggap produk Anda mahal, maka Anda harus bisa menyiasati. Lebih tepatnya berinovasi dengan membuat produk mini pack (kemasan kecil) dengan keterangan jika produk  B tersebut versi kecil dari produk A dengan ukuran normal dan kualitas tetap sama. Artinya disini Anda harus pandai bermain dalam produk dan berusaha terus untuk berinovasi.

  1. Kenali Kompetitor

Mengenali kompetitor bukanlah sebuah rasa iri, namun seharusnya Anda menjadikan ini sebagai pecut agar Anda bisa jauh lebih baik. Anda harus paham benar produk yang Anda jual, mulai dari harga dan kualitas.

Selain itu carliah informasi tentang siapa saja kompetitor Anda, dari sinilah Anda bisa menentukan seperti apa daya saing dalam segi harga, kualitas dan kebutuhan dari produk tersebut. Kompetitor bukanlah musuh, justru kompetitor bisa dijadikan tolak ukur dan pecut bagi setiap pengusaha bisnis apapun.

  1. Jual Image

Tidak ada salahnya Anda menjual image dalam berbisnis, karena image pasti memiliki daya jual. Di era yang modern ini orang tidak melihat ini produk apa, apakah bermanfaat, dan bagaimana kualitasnya.

Namun di era ini orang lebih melihat siapa yang menjual produk ini, apakah artis atau orang biasa. Banyak sekali fakta lapangan yang membuktikan hal ini, misalnya saja kue. Kue dengan merek misal “Kue Bandung Mahkota Raja” mereka ingin produk ini tembus dipasaran, lalu mereka menggunakan stategi marketing dengan menggandeng misal artis A sebagai brand ambassador (bintang iklan) yang di jual sebagai owner dari kue tersebut.

Jadi disini seakan-akan artis A inilah owner dari kue tersebut, dan tentu orang akan tertarik untuk membelinya karena kue inni adalah kue artis. Disinilah image terbukti memiliki daya jual yang tinggi di masyarakat, maka dari itu secepat mungkin Anda harus bisa menjadi seseorang yang lebih dikenal banyak orang. Anda bisa mengikuti kegiatan organisasi, kemudian grup-grup tertentu dan bahkan tampil dalam media sosial.

Beberapa hal tersebut dapat Anda jadikan sebagai acuan dalam berbisnis sebagai pemula. Anda harus menyiapkan mental baja, itu yang pertama. Selain itu jangan pernah lupa untuk berpikiran positif, karena hidup ini terjadi sesuai dengan apa yang kita pikirkan. Jika Anda berpikir positif dan optimis bisnis ini akan berkembang, maka hal itu akan terjadi.

Miliki semangat yang tinggi, jika habis isi lagi dan jika habis lagi maka isi lagi begitu seterusnya. Lalu bagaimana cara memperbaruhi semngat? Anda bisa berlibur sejenak, kemudian bertemu dengan mentor baru, bertemu dengan orang-orang yang senior dalam bisnis, meminta wejangan dari mereka yang sudah ahli.

Percayalah pada diri sendiri jika Anda bisa melalui pasang surut dalam bisnis, karena hal ini pasti akan terjadi cepat atau lambat. Jika hal tersebut datang dalam proses bisnis, maka ini adalah hal yang wajar. Namun ingatlah untuk belajar dari kegagalan, karena pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 7 pelajaran berharga yang wajib diketahui pebisnis pemula, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



6 Alasan Bisnis Baru Banyak yang Gagal
Apa itu Nota Kredit?
Definisi Debt to Income Ratio?
Tip Berbisnis dari Para Milyarder
Barang-barang Berharga yang Bisa Dibarter Ketika Krisis Ekonomi
Apa itu Piutang Usaha (Account Receivable)?
Untung Rugi Membeli Franchise
10 Jenis Usaha Kecil yang Membuat Orang Jadi Kaya
7 Aplikasi Akuntansi Android Sederhana untuk Bisnis Pemula
6 Fakta Bisnis Orang Jepang


Bagikan Ke Teman Anda