Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Agile Leader?

Apa jadinya suatu organisasi atau perusahaan jika dipimpin oleh seorang pemimpin yang tidak cakap dengan kemampuan dan jiwa kepemimpinan di bawah standar? Tentu organisasi atau perusahaan tersebut tidak akan berkembang, atau bahkan mengalami kehancuran.

Tak bisa dipungkiri bahwa kepemimpinan memiliki peran yang penting dalam keberhasilan organisasi atau perusahaan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Seorang pemimpin yang visioner tidak hanya dituntut memiliki kecakapan secara akademis saja, tetapi juga non-akademis.

Hal ini dimaksudkan agar mampu memberikan arahan yang tepat kepada bawahannya untuk tetap berada pada jalur yang benar dalam upaya mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Berbagai keunggulan tersebut didapati dalam sosok pemimpin yang tangkas (agile leader).

Apa itu agile leader?

Agile leader atau pemimpin tangkas atau gesit adalah orang yang mampu mempraktikkan dan mendorong cara kerja dan berpikir yang tangkas, menciptakan lingkungan di mana anggota tim kerjanya dapat melakukan pekerjaan terbaiknya.

Istilah agile leader sebenarnya meminjam dari konsep agile development dunia perangkat lunak, di mana gaya kepemimpinan ini menuntut seorang pemimpin untuk menjadi fleksibel, mudah beradaptasi, dan cepat dalam mengambil keputusan.

Karakteristik agile leader

Dalam dunia bisnis modern, sosok pemimpin yang tangkas dan gesit sangatlah dibutuhkan. Sebab, situasi dan kondisi bisnis mengalami perubahan yang dinamis, sehingga pemimpin harus mampu beradaptasi dengan setiap perubahan tersebut.

Dengan demikian, pemimpin bisa merumuskan kebijakan yang menguntungkan bagi organisasi atau perusahaan. Pemimpin yang tangkas atau gesit memiliki karakteristik sebagai berikut.

  • Hadir untuk mendapatkan wawasan

Seorang pemimpin meski dalam struktur organisasi berada di level atas, namun bukan berarti tidak bergerak ke level bawah. Bahkan, sering kali banyak informasi penting terkait dengan tantangan dan permasalahan perusahaan yang justru diperoleh dari tingkat bawah. Oleh sebab itu, pemimpin harus mampu bersikap gesit dengan hadir di tengah-tengah karyawan untuk mendapatkan informasi dan wawasan.

Kehadiran pemimpin di setiap lini karyawan menciptakan kesadaran yang lebih besar dalam menangani tantangan yang dihadapi tim kerja secara tepat. Ajukan pertanyaan dan dengarkan setiap keluh kesah yang dirasakan anggota tim dengan seksama.

Hal tersebut akan memberikan informasi dan wawasan penting yang dibutuhkan sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat untuk membantu organisasi atau perusahaan menghadapi setiap tantangan dan masalah.

  • Menginspirasi kreativitas dan inovasi pada karyawan

Tangkas atau gesit mengacu pada cara bekerja dan cara hidup. Untuk menumbuhkan budaya tangkas atau gesit dalam sebuah organisasi atau perusahaan, tidaklah cukup hanya dengan menetapkan aturan mengikat yang otomatis harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh seluruh karyawan.

Pemimpin yang tangkas harus mampu memberi inspirasi terkait dengan kreativitas dan inovasi dalam diri karyawan. Artinya, pemimpin harus mampu memberikan contoh atau teladan yang baik, bukan hanya sekadar memberikan perintah saja.

  • Bergerak cepat

Kecepatan sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Salah satu karakteristik agile leader adalah mampu bergerak cepat. Perusahaan yang mampu bergerak lebih cepat untuk menciptakan produk atau menanggapi kebutuhan pasar, dan memecahkan masalah akan menjadi pemenang dalam bisnis.

  • Beradaptasi dengan situasi apa pun yang terjadi

Pemimpin yang gesit mampu beradaptasi lebih cepat dengan situasi yang dihadapi saat itu. Harus disadari bahwa setiap hari akan selalu hadir tantangan baru bagi para pemimpin, dan tantangan-tangan baru tersebut tidak selalu dapat dihadapi dengan mengandalkan metode yang telah lalu, meski metode itu pernah berhasil.

Sebab, permasalahan di masa depat tidak selalu dapat diselesaikan dengan cara yang diterapkan di masa lalu. Pengalaman di masa lalu penting untuk memperkaya wawasan dalam menghadapi tantangan, namun bukan berarti dapat selalu diandalkan sebagai solusi untuk memecahkan setiap masalah yang muncul.

  • Memiliki fleksibilitas untuk mengambil tindakan cepat tapi pasti

Seorang pemimpin sering kali dihadapkan pada situasi dan kondisi yang tidak selalu menguntungkan. Mereka dituntut untuk mampu mengambil keputusan dalam kondisi darurat sekali pun. Oleh sebab itu, pemimpin harus gesit dalam bertindak dan mengambil keputusan.

Pemimpin yang visioner dapat melihat gambaran tantangan dan permasalahan secara utuh, kemudian memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Tujuannya agar dapat lebih mudah diatasi, di mana penyesuaian harus dilakukan guna mencegah terkurasnya sumber daya dan mengembangkan sistem yang lebih efisien.

  • Tangguh dan kreatif

Ketangkasan menunjukkan bahwa seseorang cenderung lebih fleksibel, terbuka untuk berubah dan berkembang. Dalam bisnis, ketangkasan seorang pemimpin jelas multak dibutuhkan. Sebab, perusahaan harus mampu beradaptasi dan fleksibel dalam pendekatannya untuk mempertahankan daya saing.

Pemimpin yang gesit harus mampu mengikuti perubahan dan perkembangan yang terjadi, tidak terjebak dalam egonya sendiri. Mereka dituntut untuk lebih ulet dan kreatif.

  • Terus belajar dan mewujudkan pola pikir yang bertumbuh

Kepemimpinan yang baik haruslah bersifat dinamis, bukan statis. Artinya, gaya kepemimpinan disesuaikan dengan perubahan yang ada dan tuntutan kebutuhan yang muncul. Dengan kata lain, kepemimpinan haruslah adaptif dan fleksibel. Untuk itu, pemimpin harus terus menjadi pembelajar serta memiliki pola pikir yang bertumbuh dan berkembang.

  • Merangkul perubahan dengan mendorong nilai

Pemimpin yang tangkas atau gesit akan mampu menghadapi ketidakpastian dan perubahan yang cepat dengan tenang. Artinya, bukan masa bodoh tetapi mampu membawa diri dengan tetap meningkatkan kehati-hatian dalam bertindak dan mengambil keputusan. Pemimpin akan senantiasa menciptakan lingkungan di mana pemangku kepentingan mendorong perubahan ke depan melalui perubahan secara bertahap sehingga menghasilkan nilai.

  • Melepaskan apa yang tidak berfungsi

Ketika menghadapi kegagalan, seorang pemimpin yang gesit akan melepaskan yang tidak berhasil dan mencoba sesuatu yang lain. Pemimpin yang tangkas akan lebih cepat move on untuk mencari solusi lain yang dapat mendukung pencapaian keberhasilan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu agile leader, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



7 Prinsip Bisnis Ala Mafia
Cara Mengembangkan Skill Kepemimpinan
Tip dalam Membeli Franchise
Mengapa Bisnis Kecil Rentan Untuk Gulung Tikar? Berikut Penyebabnya!
Apa itu Dupont Analysis? Definisi Dupont Analyisis
Contoh-Contoh Bisnis Kecil Yang Berpeluang Untuk Sukses Di Masa Covid-19
10 Perkataan yang Biasa Diucapkan Pemimpin Hebat Setiap Hari
Kualitas dan Karakteristik Pemimpin yang Baik
Pertanyaan yang Harus Diajukan Ketika Membeli Bisnis Baru
Cara Membuat Business Plan untuk Startup


Bagikan Ke Teman Anda