Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mengatasi Rasa Gelisah yang Berlebih (Anxiety)

Rasa takut merupakan bagian dari emosi yang bisa punya efek yang sangat besar pada jiwa dan raga. Di saat-saat darurat, rasa takut akan memberikan sinyal tertentu sebagai respons, misalnya saat kita terjebak di dalam bahaya. Tapi rasa takut juga bisa muncul di saat yang tidak membahayakan. Misalnya saat harus menghadapi ujian penting, berbicara di depan umum, menghadapi pekerjaan baru, dan lain-lain.

Rasa gelisah (anxiety) adalah emosi untuk menggambarkan perasaan kuatir akan sesuatu yang akan terjadi di masa datang, bukan masa sekarang. Rasa takut dan gelisah biasanya tidak bisa dipisahkan. Perasaan ini bisa muncul sekejap dan mudah hilang. Tapi tak sedikit orang yang merasakan emosi ini dalam waktu yang lama. Bahayanya, ini bisa mengambil alih diri kita yang sebenarnya. Karenanya perlu untuk segera diatasi. Berikut beberapa cara mengatasi rasa takut:

  1. Kenali Diri Sendiri

Cobalah mengenal diri kita sendiri. Cari tahu apa yang membuatmu merasa takut dan akhirnya gelisah memikirkan masa depan. kamu bahkan bisa menuliskannya di diary atau jurnal khusus. Tuliskan kapan terjadinya dan detail saat rasa gelisah menghampirimu. Dengan begitu, kamu bisa mulai mengerti sedikit demi sedikit apa penyebab rasa gelisah ini.

Dengan mencatat, kamu bisa membuat rencana lebih lanjut. Berusahalah menghindari rasa gelisah dengan terencana. Mulai dari perubahan kecil saja, dengan gol-gol kecil. Misalnya kamu bisa membawa sesuatu yang akan mengalihkan pikiran saat rasa gelisah menyerang.

  1. Hadapi Rasa Takutmu

Terkadang rasa takut akan sesuatu memang tak tertahankan. Sering kali kita berpikir tidak mungkin menghadapinya. Tapi kalau rasa takut ini selalu dihindari, bisa saja berakibat negatif. Misalnya kamu jadi tidak bisa melakukan berbagai hal yang sebenarnya ingin kamu coba. Pengalamanmu jadi terbatas karena tidak bisa mengatasi rasa takut ini.

Jika rasa takut terus dipelihara, maka kamu tidak akan pernah tahu apakah sebenarnya kamu bisa mengatasinya. Dengan begitu, rasa gelisah akan terus menghampiri jika harus dihadapkan pada situasi yang kamu takuti. Ini akan terus berputar dan tidak ada habisnya.

  1. Cobalah Rileks

Melakukan kegiatan yang membuat kita rileks dan menenangkan pikiran sangat baik pengaruhnya bagi kesehatan mental dan fisik. Saat kita rileks, kita juga bisa mengatasi rasa takut dan gelisah. Sediakan waktu sejenak untuk santai tanpa gangguan apa pun. Bayangkan diri kita berada di tempat yang tenang dan damai.

Kamu juga bisa belajar melakukan yoga atau meditasi. Ini sangat membantu pikiran untuk rileks. Bisa juga dengan melakukan pijat di tempat yang tenang. Tubuh dan pikiran kita akan jauh lebih rileks setelah melakukan kegiatan ini.

  1. Olahraga Secara Rutin

Olahraga punya efek positif, tak hanya pada kesehatan tubuh tapi juga kesehatan mental. Ini karena olahraga dapat meningkatkan konsentrasi. Dengan lebih berkonsentrasi, kita jadi tidak punya waktu untuk merasa takut. Akhirnya, rasa gelisah pun tidak jadi mampir.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Ternyata apa yang kita konsumsi ke dalam tubuh bisa berpengaruh pada emosi. Sangat dianjurkan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Gula darah yang berlebihan bisa menimbulkan rasa gelisah yang tidak perlu. Cobalah hindari minum teh atau kopi terlalu banyak, karena kafein bisa berpotensi meningkatkan level gelisah.

Sebaiknya konsumsi banyak buah dan sayur. Keduanya memiliki nutrisi alami yang jelas baik bagi kesehatan tubuh. Buah-buahan juga mengandung gula alami yang tidak berlebihan. Sehingga risiko terserang rasa gelisah yang berlebihan pun lebih kecil.

  1. Hindari Alkohol Sebisa Mungkin

Saat merasa gelisah, orang justru cenderung akan minum alkohol dengan harapan bisa menghilangkan rasa gelisahnya. Tapi ternyata efek setelah minum alkohol justru bisa semakin meningkatkan perasaan gelisah. Jadi ini seperti lingkaran tanpa akhir yang terus berputar-putar. Karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol di saat sedang gelisah.

  1. Berkumpul dengan Orang-Orang Tercinta

Orang yang benar-benar menyayangi dan peduli pada kita biasanya membuat kita lebih tenang. Berada di sekitar mereka akan membuat kita merasa aman dan percaya diri. Luangkan waktu untuk berkumpul dengan orang-orang tersayang untuk menumbuhkan rasa percaya dirimu. Siapa tahu perlahan-lahan kamu bisa mengatasi rasa takut yang sudah lama menghantui.

  1. Cari Komunitas

Terkadang saat mendengarkan kisah orang lain yang punya pengalaman serupa bisa sangat membantu. Setidaknya kita jadi merasa tidak sendiri. Selain itu, dari orang-orang yang telah berhasil mengatasi rasa takut dan gelisahnya, kita bisa mengikuti tips mereka. Apa yang mereka lakukan untuk mengatasi masalah? Perhatikan dengan baik dan coba terapkan.

Dengan berbagi cerita dan mendapat dukungan dari komunitas yang merasakan hal serupa bisa membantu kita jadi lebih percaya diri. Coba cari info apakah di sekitarmu ada komunitas semacam ini atau tidak.

  1. Cari Bantuan dari Ahlinya

Bila rasa takut dan gelisah dirasa sudah terlalu berlebihan dan hampir menguasai dirimu sepenuhnya, ini bisa mengganggu aktivitas normalmu. Sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja. Semua cara yang bisa dilakukan sendiri sudah dicoba tapi tak ada perubahan yang signifikan? Sebaiknya coba mencari bantuan profesional.

Tenaga ahli (terapis atau psikolog) bisa menjadi tempat yang tepat bagi kita untuk mencari bantuan. Mereka adalah profesional yang mengerti tentang emosi berlebihan ini. tenaga ahli punya pengetahuan yang jauh lebih baik akan bagaimana cara mengatasi emosi yang berlebihan. Kamu akan melewati program terapi dari sesi ke sesi untuk mengatasi rasa gelisah secara bertahap.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi rasa gelisah yang berlebih (Anxiety), semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Mudah Memangkas Pengeluaran
Cara Mengembangkan Skill Kepemimpinan
Cara Menyiapkan Anak Menjadi Seorang Insinyur/Engineer
Apa Itu Airdrop? Cara Promo Mata Uang Kripto
Bagaimana Cara Mendapatkan Pekerjaan di NASA?
Cara Memilih Partner Bisnis yang Tepat, Perhatikan 9 Poin Ini!
Cara Menghemat Biaya Bahan Bakar
Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak
Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup
Cara Menghitung Inventory Turnover Ratio


Bagikan Ke Teman Anda